PEDOMAN PENULISAN

Naskah artikel anda harus ditulis dengan mengikuti pedoman dan template/pola artikel yang telah disediakan. Pola Artikel dapat diunduh pada link berikut. Naskah diketik dengan 1 spasi. Naskah artikel diserahkan dalam format .docx, atau .doc. Panjang artikel sekiranya berkisar 4000 hingga 8000 kata. Naskah ditulis dalam Bahasa Indonesia yang baik dan minim dari kesalahan tata bahasa. Font Times New Roman, 11pt. Naskah artikel harus berisi bab sebagai berikut:

 

JUDUL DAN AFILIASI

Judul Ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Nama penulis ditulis tanpa gelar. Afiliasi ditulis dengan menyertakan informasi terkait nama institusi, alamat, no. telp, program studi dan alamat email.

 

ABSTRAK

Abstrak terdiri dari Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Maksimal 200 kata ditulis dengan Times New Roman 11 pt. Abstrak harus jelas, deskriptif dan harus memberikan gambaran singkat masalah pengabdian masyarakat yang dilakukan. Abstrak meliputi alasan pemilihan topik atau pentingnya topik pengabdian masyarakat, metode pengabdian dan ringkasan hasil. Abstrak harus diakhiri dengan komentar tentang pentingnya hasil atau kesimpulan singkat. Abstrak menyertakan 3-5 kata kunci

 

PENDAHULUAN

Menjelaskan secara singkat latar belakang penelitian, memberikan ulasan singkat tentang literatur terkait, menyatakan keaslian penelitian, dan menyatakan tujuan penelitian. Bagian ini juga membahas masalah faktual dan aktual, tantangan, atau persyaratan yang dibutuhkan oleh masyarakat yang terkait dengan tujuan penelitian.

 

METODE PELAKSANAAN

Gabungkan metode dan prosedur yang digunakan menjadi satu bagian naratif. Informasi yang cukup harus disediakan untuk memungkinkan pengulangan penelitian. Untuk sumber komersial materi, nama perusahaan, dan kota dan negara di mana mereka berada harus ditunjukkan. Metode yang sudah diterbitkan harus ditunjukkan dengan referensi.

 

HASIL DAN PEMBAHASAN

Pada bagian ini, data harus disajikan sesingkat mungkin, dan dalam bentuk tabel atau gambar jika sesuai, meskipun tabel yang sangat besar harus dihindari. Bagian ini juga harus menjadi interpretasi hasil pekerjaan (bukan pengulangan) dalam konteks penelitian sebelumnya. Hindari referensi literatur yang diterbitkan secara berlebihan. Pengaturan terkait, Tabel, Gambar dan Foto dapat dilihat pada Pola Artikel.

 

KESIMPULAN DAN SARAN

Kesimpulan utama dan saran dari penelitian ini disajikan dalam bagian Kesimpulan yang berdiri sendiri.

 

UCAPAN TERIMA KASIH

Pada bagian ini anda dapat memberikan ucapan terima kasih kepada pihak yang berkontribusi dalam penelitian, serta dana atau hibah yang diterima untuk mendukungnya. Nama-nama organisasi pendanaan harus ditulis lengkap, bersama dengan nomor hibah, jika tersedia. Sebutkan setiap orang yang membantu Anda selama studi (mis. Bantuan dengan desain atau analisis studi, atau bimbingan melalui area studi), atau menulis artikel (mis. Memberikan saran tentang bahasa, mengedit, atau mengoreksi artikel).

 

DAFTAR PUSTAKA

Teknik penulisan referensi menggunakan model Vancouver Style, sistem penulisan yang merujuk menggunakan angka. Karena terdapat beberapa versi penulisan Vancouver Style untuk referensi artikel jurnal, maka JPMH menggunakan Vancouver Style dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. nama author ditulis maksimal 6, selanjutnya digantikan dengan et al.
  2. nama jurnal ditulis dengan versi singkat (abbreviation name tanpa menggunakan tanda titik setelah singkatan)
  3. tahun ditulis tanpa disertai bulan dan tanggal
  4. nomor halaman ditulis versi singkat (contoh: 653–659 ditulis menjadi 653–9)
  5. DOI ditulis berupa URL https dan tidak diakhiri dengan tanda titik