NILAI NUTRISI PAKAN BERBAHAN JERAMI PADI, GAMAL DAN UREA MINERAL MOLASES LIQUID (UMML) DENGAN PREPARASI YANG BERBEDA

Authors

  • Syahriani Syahrir Departemen Nutrisi dan Makanan Ternak, Fakultas Peternakan Universitas Hasanuddin

DOI:

https://doi.org/10.20956/bnmt.v12i2.1319

Abstract

Optimalisasi pemanfaatan jerami padi dalam ransum diupayakan  dengan meningkatkan fermentabilitasnya dalam sistem rumen. Peningkatan fermentabilitas bahan pakan dalam sistem rumen dilakukan dengan menstabilkan populasi mikroba penghasil enzim pencerna karbohidrat struktural. Kajian terhadap Urea Mineral Molases Liquid (UMML) yang menjadi penyedia nitrogen, mineral larut air dan RAC dalam sistem rumen telah dilakukan. Penelitian kali ini mengkaji efektifitas jerami padi yang ditambahkan UMML dan biomassa gamal.  Penelitian diharapkan akan menghasilkan formula yang terbaik sebagai pakan ternak potong dari beberapa perlakuan jerami padi, biomassa gamal dan UMML. Perlakuan terdiri atas P0 = 60% jerami padi + 10 % UMML + 30% biomassa gamal (kontrol, tanpa ada fermentasi bahan); P1 = P0, tapi jerami padi dan UMML bahan dicampur lalu difermentasi, setelah fermentasi selesai baru dicampur dengan biomassa gamal; P2 = seluruh bahan P0 dicampur lalu difermentasi. Kajian terhadap kandungan nutrisi menghasilkan  formula terbaik sementara adalah perlakuan P2 yakni seluruh bahan dicampur lalu difermentasi, ditandai dengan kadar protein tertinggi dibandingkan dengan perlakuan yang lain.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

AOAC, 2005. Official Methods of Analysis. 17th Ed. Association of Official Analytical Chemist. Washington DC.

Steel, R.G.D. dan J.H Torrie. 1991. Prinsip dan Prosedur Statistika. Suatu Pendekatan Biometrik (Terjemahan: Bambang Sumantri). PT. Gramedia. Jakarta.

Syahrir, S., A. Natsir, M. Z. Mide, R. Islamiyati dan A. Asrianie. 2013. Preparasi Larutan Fosfat dan Urea Mineral Molases Liquid (UMML) sebagai Penyedia Procursor Biofermentasi Rumen. Bulletin Nutrisi dan Makanan Ternak. 9(1) : 35 – 40.

Syahrir, S, M. Z. Mide, R. Islamiyati dan A. Asriany. 2015. Efektivitas Fermentasi Rumen Terhadap Pakan Campuran Jerami Padi dan Biomassa Murbei dengan Penambahan Urea Mineral Molases Liquid. Jurnal Ilmu dan Teknologi Peternakan. 4(1): 17 – 22.

Van Soest, P.J., J.B. Robertson and B.A. Lewis, 1991. Methods for dietary fiber, neutral detergent fiber and nonstarch polysaccharides in relation to animal nutrition. J. Dairy Sci., 74: 3583-3597.

Downloads

Published

2017-01-14

How to Cite

Syahrir, S. (2017) “NILAI NUTRISI PAKAN BERBAHAN JERAMI PADI, GAMAL DAN UREA MINERAL MOLASES LIQUID (UMML) DENGAN PREPARASI YANG BERBEDA”, Buletin Nutrisi dan Makanan Ternak, 12(2). doi: 10.20956/bnmt.v12i2.1319.

Issue

Section

Articles