Pengaruh Frekuensi Pemberian Pupuk Nitrogen Terhadap Pertumbuhan dan Produksi Rumput Pakchong (Pennisetum purpureum cv. Thailand)

Authors

  • Furqan Sukiman Departemen Nutrisi dan Makanan Ternak, FakultasPeternakan, Universitas Hasanuddin
  • Budiman Nohong Departemen Nutrisi dan Makanan Ternak, FakultasPeternakan, Universitas Hasanuddin
  • Rinduwati Departemen Nutrisi dan Makanan Ternak, FakultasPeternakan, Universitas Hasanuddin

DOI:

https://doi.org/10.20956/bnmt.v17i1.27477

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh frekuensi pemberian pupuk urea terhadap pertumbuhan dan produksi rumput pakchong. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dan uji lanjut Duncan yang terdiri dari 4 Perlakuan dan 4 kali ulangan. Perlakuan yang digunakan yaitu PO: Kontrol (Tanpa Pupuk). PI: 1 kali frekuensi pemupukan. PII: 2 kali frekuensi pemupukan. PIII: 3 kali frekuensi pemupukan. Parameter yang diamati yaitu tinggi tanaman, Panjang daun, jumlah daun, jumlah anakan, produksi bahan segar, dan produksi bahan kering. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemberian pupuk nitrogen dengan frekuensi yang berbeda memberikan pengaruh nyata pada setiap perlakuan. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu frekuensi pemberian pupuk tidak menunjukkan perbedaan yang nyata dari setiap perlakuan, namun hasil terbaik ditunjukkan oleh perlakuan PI, 1 kali frekuensi pemupukan, dengan hasil produksi bahan kering yaitu 56 ton/ha.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-04-30

How to Cite

Sukiman, F., Nohong, B. and Rinduwati (2023) “Pengaruh Frekuensi Pemberian Pupuk Nitrogen Terhadap Pertumbuhan dan Produksi Rumput Pakchong (Pennisetum purpureum cv. Thailand)”, Buletin Nutrisi dan Makanan Ternak, 17(1), pp. 62-73. doi: 10.20956/bnmt.v17i1.27477.

Issue

Section

Articles