ANALISIS GROUND VIBRATION AKIBAT LEDAKAN PADA TAMBANG NIKEL DI PT. VALE INDONESIA, TBK

Authors

  • A. Al'Faizah Ma'rief Universitas Bosowa Makasssar
  • Miranda Miranda Universitas Veteran Republik Indonesia, Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.20956/geocelebes.v4i2.11084

Abstract

Ground vibration adalah gelombang yang bergerak di dalam tanah yang bersumber dari suatu energi yang berasal dari alam dan adanya aktivitas peledakan yang dilakukan oleh manusia. Selama ini ground vibration dianggap sebagai waste energy yang dapat merusak dan menjadi isu terhadap lingkungan di sekitar area tambang. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh jumah bahan peledak yang digunakan terhadap ground vibration yang dihasilkan dan perbandingan akurasi ground vibration aktual dan prediksi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pengambilan data langsung dari lapangan berupa pengukuran burden, spacing, ke dalam lubang ledak kemudian dihitung berdasarkan persamaan R.L. Ash sehimgga memperoleh nilai powder factor (PF), banyaknya penggunaan bahan peledak dan berat isian bahan peledak. Pengambilan data jarak lokasi, perhitungan scaled distance (SD), kostanta (K) dan perhitungan peak particle velocity (PPV) menggunakan rumus USBM Oriard ' sehingga memperoleh nilai PPV prediksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ground vibration sangat dipengaruhi oleh jumlah bahan peledak yang digunakan untuk PF 0,11 dengan jumlah muatan 933 kg nilai PPV yang dihasilkan 1,28 mm/s sedangkan untuk PF 0,28 dengan jumlah muatan 2182 kg nilai PPV yang dihasilkan 4,62 mm/s, Jadi semakin besar jumlah bahan peledak yang digunakan maka intensitas ground vibration yang dihasilkan akan semakin meningkat. Perbandingan akurasi ground vibration aktual dan prediksi diperoleh persentase rata – rata 1,32%.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

A. Al'Faizah Ma'rief, Universitas Bosowa Makasssar

Teknik Pertambangan

References

Azizi, M.A., Hakim, R.N. dan Nugraha, A.D. 2019. Optimalisasi Geometri Lereng Tambang Nikel Menggunakan Metode Probabilistik Pad Hill Pit 06, PT Vale Indonesia Tbk, Sorowako, Kabupaten Luwu Timur, Provinsi Sulawesi Selatan. Jurnal Geomine. 8(1), 74-79.

Cahyadi, M.I. dan Kapa, R. 2018. Peledakan Berdasarkan Evaluasi Rancangan Geometri Peledakan Berdasarkan Hasil Fregmentasi Batuan dan Getaran Tanah pada PT. Koto Alam Sejahtera, Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatra Barat. Jurnal Bima Tambang. 4(1).

Do Rosario, Da Costa, B., Sari, A.S., Adjie, D.P.W. dan Nahdliyin, A.F. 2015. Kajian Teknis Pemboran untuk Meningkatkan Target Produksi. Seminar Nasional Sains Dan Teknologi Terapan. ISBN 978-602-98569-1-0.

Ma’rief, A.A., Qadri, A., Okviyani, N. dan Mahyuni, E.T. 2020. Analisis Pengaruh Jumlah Bahan Peledak Terhadap Ground Vibration Akibat Ledakan Pada Area Pit SM-A Tambang Batubara PT Sims Jaya, Kalimantan Timur. Jurnal Geomine. 7(2), 92-100.

Ramadana, S. dan Kopa, R. 2018. Analisis Geometri Peledakan Guna Mendapatkan Fragmentasi Batuan Yang Diinginkan Untuk Mencapai Target Produktivitas Alat Gali Muat Pada Kegiatan Pembongkaran Lapisan Tanah Penutup (Overburden) di Pit Menara Utara, PT Arkananta Apta Pratista Job Site PT KPUC, Malinau, Kalimantan Utara. Jurnal Bima Tambang. 3(4).

Sihombing, J.R. 2011. Kajian Teknis Rancangan Peledakan Berdasarkan Pengukuran tanah. Fakultas Teknologi Mineral, Insitut Teknologi Medan.

Simbolan, A.A.M., Yani, M. dan Irzaman, I. 2015. Dampak Kegiatan Peledakan Pertambangan Andesit Terhadap Lingkungan Pemukiman di Gunung Sudamanik, Kecamatan Cigudeng Kabupaten Bogor. Jurnal Manusia dan Lingkungan Insitut Pertanian Bogor. 22 (1), 135-141.

Sundoyo. 2015. Kajian Ground Vibration dari Kegiatan Blasting Dekat dengan Kawasan Pemukiman Untuk Mencapai Kondisi Aman di Penambangan Batubara. Jurnal Geologi Pertambangan. 1(17), 1-8.

Susanti, R. dan Cahyadi, T.A. 2011. Kajian Teknis Operasi Peledakan untuk Meningkatkan Nilai Perolehan Hasil Peledakan di Tambang Batubara Kab. Kutai Kartanegara Provinsi Kalimantan Timur. Seminar Nasional Kebumian, UPN Veteran, Yogyakarta.

Yudiwan, Y. dan Nugroho, W. 2016. Analisis Tingkat Getaran Tanah (Ground vibration) Akibat Peledakan di PIT Kinong, PT. Firman Kataun Perkasa, Kecamatan Melak, Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur. Jurnal Teknologi Mineral FT UNMUL, 4(1), 47-53.

Downloads

Published

2020-10-16

How to Cite

Ma’rief, A. A., & Miranda, M. (2020). ANALISIS GROUND VIBRATION AKIBAT LEDAKAN PADA TAMBANG NIKEL DI PT. VALE INDONESIA, TBK. JURNAL GEOCELEBES, 4(2), 129–133. https://doi.org/10.20956/geocelebes.v4i2.11084

Issue

Section

Articles