KARAKTERISTIK DAN GENESA SAMPEL MINERAL DI DAERAH SAPAYA MENGGUNAKAN METODE MEGASKOPIS

Authors

  • Muh Resky Ariansyah Universitas Hasanuddin
  • Nur Ayu Anas Universitas Hasanuddin
  • Novita Reskiyah Sari Universitas Hasanuddin
  • Muh Reza Pahlevi Universitas Hasanuddin

DOI:

https://doi.org/10.20956/geocelebes.v3i1.6040

Abstract

Sapaya di Sulawesi Selatan merupakan satu dari sekian banyak daerah di Indonesia yang berpotensi terdapat berbagai macam mineral karena sejarahnya yang merupakan gunungapi purba. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi mineral yang terkandung dalam beberapa sampel batuan dengan menganalisis sifat-sifat fisik dan melakukan tes reaksi kimia pada batuan. Metode penelitian yang digunakan adalah analisa batuan dan mineralogi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di daerah Sapaya terdapat jenis batuan tufa dengan jenis endapan primer, jenis batuan beku dengan mineral kuarsa (SiO2) dan breksi yang mengandung karbonat sebagai bentuk alterasinya. Setelah mengetahui hasilnya, juga diprediksi proses dari pembentukan endapan mineral di Sapaya untuk lebih memahami kondisi mineral di Sapaya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Syah, I., Massinai, M.A., & Syamsuddin. 2015. Pencitraan Bawah Permukaan Untuk Identifikasi Batuan Intrusi Menggunakan Metode Geolistrik. Skripsi, Universitas Hasanuddin. Diakses dari http://repository.unhas.ac.id/handle/123456789/14512. 

Downloads

Published

2019-04-18

How to Cite

Ariansyah, M. R., Anas, N. A., Sari, N. R., & Pahlevi, M. R. (2019). KARAKTERISTIK DAN GENESA SAMPEL MINERAL DI DAERAH SAPAYA MENGGUNAKAN METODE MEGASKOPIS. JURNAL GEOCELEBES, 3(1), 38-41. https://doi.org/10.20956/geocelebes.v3i1.6040

Issue

Section

Articles