Reproduksi Struktur dalam Organisasi Nelayan Ponggawa-Sawi dalam Eksploitasi Sumberdaya Laut di Sulawesi Selatan

Authors

  • Nurlinah Nurlinah Ilmu Pemerintahan Fisip Unhas

DOI:

https://doi.org/10.31947/jgov.v1i1.1117

Keywords:

reproduksi struktur, ponggawa-sawi, eksploitasi, sulawesi selatan

Abstract

Pola hubungan kerja ini mengakar dan melembaga pada masyarakat nelayan di Sulawesi Selatan yang dikenal dengan istilah  “ponggawa-sawi”.  Sistem ini meliputi relasi dalam hubungan pekerjaan yang dikembangkan oleh dua pihak atau lebih, di mana satu pihak yang lebih mampu terutama dari segi keuangan/permodalan bertindak sebagai  ponggawa (bos), sedangkan yang lainnya adalah sawi (anak buah). Jadi hubungan ini menyerupai sistem patron-client. Adanya ketidaksetaraan dalam sistem bagi hasil dalam organisasi ponggawa-sawi seringkali dipandang, pada satu sisi, sebagai sumber kemelaratan bagi nelayan sawi.  Meskipun demikian, pada sisi yang lain, organisasi ini seringkali dianggap pula sebagai salah satu tumpuan para sawi yang paling handal jika mereka menghadapi masa-masa paceklik. Ini bisa terjadi karena ponggawa adalah alamat yang tepat untuk mencari pinjaman dalam situasi yang sulit. Dengan potret seperti itu, maka kelembagaan sosial mungkin perlu diberdayakan kearah lebih positif

Downloads

Download data is not yet available.

References

Acheson, J.M 1981 Anthropology of Fishing. Annual Review Anthropology Inc. No. 10: 275-316.

Bavinck, M. 1984 Small Fry : The Economics of Petty Fishermen in Northern Sri Lanka. Amsterdam : Free University Press.

Bourdieu, Pierre, 1977, Outline of a Theory of Practice, Cambridge University Press, Cambridge

Foucault, Michael, 1980, Power/Knowledge; Selected Interviews and Other Writings 1972-1977, Pantheon Books, New York

Lampe, Munsi, Darmawan salman, dan Ansar Arifin. 1996/1997. “Studi Analisa Sosial – COREMAP Propinsi Sulawesi Selatan”. Laporan penelitian. Universitas Hasanuddin –PPT-LIPI. Jakarta. Proyek Dibiayai Bank Dunia.

______1997/1998. “Studi Analisa Sosial – COREMAP Propinsi Sulawesi Selatan”. Laporan penelitian. Universitas Hasanuddin – PPT -LIPI. Jakarta, Proyek dibiayai oleh Bank Dunia.

McCay, Bonnie J. 1978. “System Ecology, People Ecology, and the Anthropology of Fishing Communities”. Human Ecology. Vol. 6, No. 4 : 397-422.

Macknight, C.C. 1976. The Voyage to Marege ; Macassan Trepangers in Northern Australia. Melbourne University Press, Melbourne.

Mubyarto dan Lukman Sutrisno. 1984. Nelayan dan Kemiskinan: Studi Ekonomi Antropologi di Dua Desa Pantai . PT. Radjawali, Jakarta.

Sallatang, Arifin 1982. Pinggawa-Sawi: Suatu Studi Kelompok Kecil, Disertasi Program Pascasarjana Universitas Hasanuddin, Ujung Pandang

Semedi, Pujo, 2003 Close To The Stone, Far From The Throne (The Story of a Javanese Fishing Community. 1820s-1990s), Benang Merah, Yogyakarta

Downloads

Published

2016-11-10

Issue

Section

Articles