Analisis Kualitas Pelayanan Publik di Kabupaten Mamuju Utara

Authors

  • Zahra Adya Rachman Hasanuddin Universty
  • Andi Samsu Alam Hasanuddin University
  • Andi Muhammad Rusli Hasanuddin University

DOI:

https://doi.org/10.31947/jgov.v3i1.1559

Keywords:

Capabilities, Service, Mamuju City

Abstract

Absract: This study aims to provide an overview of the process of public service in the service of making the Family Card and Identity Card. As well as capabilities to tahui factors - factors that affect the public service performed by the Department of Population and Civil Registration Mamuju. The approach used in this study is a qualitative approach to the subject of research is the Department of Population and Civil Registration Mamuju.Keywords: Capabilities, Service, mamuju cityAbstrak: Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang proses pelayanan publik dalam pelayanan pembuatan Kartu Keluarga dan Kartu Tanda Penduduk. Serta untuk mengetahui faktor – faktor yang mempengaruhi pelayanan publik yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Mamuju. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan subyek penelitian adalah Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Mamuju.Kata kunci: Kapabilitas, Pelayanan,Kota Mamuju.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Suharto Bungin, Burhan. Metode Penelitian Kualitatif. Raja Grafindo Persada, 2001. Surabaya

Dwitanto, Agus dkk. Reformasi Tata Pemerintahan dan Otonomi Daerah. Pusat Study Kependudukan dan Kebudayaan UGM 2003, Jogjakarta

DP,Muh.idris,M.Si,DR Akselerasi Otonomi daerah di Sulbar: tantangan penguatan pemerintahan dan modal sosial, Makassar 2007

Dwiyanto, Agus, 2005, Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik, Yogyakarta : Gadjah Mada University Press

Departemen Kesehatan RI (2007) Pedoman manajemen Puskesmas, Jakarta Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara, 2004, Peningkatan Pelayanan Publik Melalui Partisipasi Masyarakat Menuju Kepemerintahan Yang Baik, Jakarta : Balai Pustaka.

Lembaga Adminisrasi Negara, 2006, Strategi Peningkata Kualitas Pelayanan Publik, Jakarta

Lijan, Poltak Sinambela, 2006, Reformasi Pelayanan Publik (Teori, Kebijakan Dan Implementasi), PT. Bumi Aksara, Jakarta

Moleong, Lexy J, 1994, Metodologi Penelitian Kualitatif, PT.Remaja Roda Karya, Bandung.

NdrahaTalidzuhu. 2005. Sebuah rekonstruksi ilmu pemerintahan PT Grafika, Bandung

Prof. Dr. Armida Salsiah Alisjahbana, S.E., M.A. Pentingnya Meningkatkan Kualitas dan Harmonisasi Perda Pelayanan Publik cetakan pertama pustaka jaya 2007

Ratnawati Tri. 2009. Pemekaran daerah, politik lokal dan beberapa isu terseleksi, Pustaka Pelajar cetakan Pertama Februari 2009

RMS .Muis,Asdar ,AlMalik Pababari,merajut masa depan mamuju, Inter media Publishing Makassar 2004

Suyanto Bagong, sutinah, 2005, Metode Penelitian Sosial, Berbagai Alternatif Pendekatan, Prenada media group, Jakarta

Syaukani, Affan Gaffar, dan Ryaas Rasyid, 2005 Otonomi Daerah Dalam Negara Kesatuan, Pustaka pelajar, Jogjakarta

Sulistyo-Basuki. Metode Penelitian. Wedatama Widyasastra, 2006, Jakarta

Widjaja, A.W, 2002, Otonomi Daerah dan Daerah Otonom, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Downloads

Published

2017-03-26

Issue

Section

Articles