Pelayanan Publik Berbasis Information And Communication Technologies (ICT) di Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Makassar

Authors

  • Muhammad Ansari Hasanuddin University
  • Faried Ali Hasanuddin University
  • Indar Arifin Hasanuddin University

DOI:

https://doi.org/10.31947/jgov.v4i1.1567

Keywords:

Service, ICT, Makassar City

Abstract

Abstract: This paper aims response of government to perform public service based ICT in serving the community has been in the process, by performing a variety of businesses, which make provision-the provision of services both in the form of hardware or software that supports the servicesofcourse-basedICT,andinadditiongovernmentprovides various information services, government employees must provide berkompentensi to do service to the community is an important thing. Fast service and cheap are the desires of the community, then the agency has conducted Kominfo Makassar information provision and access is very easy to get the maximum service using the easiest way is to use the internet, in addition to Internet service for disseminating much needed technology illiterate society that still has conducted by the department of Communications and Informatics by performing these services the governmentcanmakeservicesmoreeffectively andefficiently tothecommunity and can feel the ease, these are some of the goals of e-Gov . e-Gov is a service that aims to simplify all the affairs of government. Improved service quality of internet is much needed to achieve maximum service.Keywords: Service, ICT, Makassar CityAbstrak: Tulisan ini menjelaskan tugas pokok Dinas Komunikasi dan Informatika dalam melakukan pelayanan publik berbasis ICT dalam melayani masyarakat dengan melakukan berbagai usaha, yakni melakukan penyediaan-penyediaan pelayanan baik dalam bentuk hardware maupun software yang mendukung pelayanan yang tentunya berbasis ICT, dan selain itu pemerintah menyediakan berbagai pelayanan informasi. Pelayanan yang cepat dan murah adalah keinginan masyarakat, maka Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Makassar telah melakukan penyediaan informasi dan akses yang sangat mudah untuk mendapatkan pelayanan yang maksimal menggunakancaratermudahyaitumenggunakaninternet,selainitu pelayanan untuk mensosialisasikan internet yang sangat dibutuhkan masyarakat yang masih gagap teknologi telah dilakukan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika sebagai salah satu usaha dalam proses penerapane-GovdiKotaMakassar,denganmelakukanpelayanan- pelayanan tersebut pemerintah dapat melakukan pelayanan yang lebih efektif dan efisien kepada masyarakat dan masyarakat juga dapat merasakan kemudahan, semua itu adalah beberapa tujuan dari e-Gov. e-Gov adalah pelayanan yang bertujuan untuk mempermudah semua urusan dalam pemerintahan.Kata kunci: Pelayanan, ICT, kota Makassar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali. Fariddan Baharuddin (2012). Ilmu Administrasi Dari Terminologi Hingga Pengambilan Keputusan. YPIT BIFAD PRESS.

Merriam. Charles E yang dikutip oleh Marshal E.Dimock danGladys O.Dimock, and Koening Louis W (1960).PublicAdministration, NY Rhinehart and Corp.

Andriant., Nico. (2007). Transparansi dan Akuntabilitas PublikMelalui e-Government. Bayumedia. Malang.

Arifin.Indar2010. BirokrasiPemerintahandanPerubahanSosial Politik. Pustaka Refleksi. Makassar.

KemenKominfo.2011.Jurnal Pengembangan Instansi Publik.Balitbang. Jakarta.

Arifin. Yusuf. (2010). Kinerja Pelayanan e-Government di Tinjau dari Kepemimpinan Transformasional. Manajemen Penegetahuan dan Manajemen Perubahan. UNPAD PRESS. Bandung.

Kencana.Inu. (2001). Pengantar Ilmu Pemerintahan. PT. RefikaAditama. Bandung.

Kurniawan.Agung.(2005).TransformasiPelayananPublik.Pembaruan. Yogyakarta.

Napitupulu.Paimin. (2007).PelayananPublikdanCustomerSatisfaction. P.T. Alumni, Bandung.

Ndraha,Talidziduhu, (2000).Ilmu Pemerintahan. BKU IP. IPP.Jakarta.

Priyatno, Makhdum dan Anwar Sanusi, (2001),Teknologi Informasi Dalam Kepemerintahan, Lembaga Administrasi Negara, Jakarta.

Sedarmayanti,(2004),GoodGovernance(Kepemerintahan yang Baik), Mandar Maju, Bandung.

Sevilla, Consuelo G. (1993). Pengantar Metode Penelitian, Penerbit Universitas Indonesia. Jakarta.

Sinambela. Lijan Poltak, (2006). Reformasi Pelayanan Publik.PT. Bumi Aksara, Jakarta.

Tim Warta Ekonomi. (2010). Jawara-Jawara Pengaplikasian e- Government. Dian Rakyat. Jakarta.

Tjandra. Riawan dkk. (2005). Peningkatan kapasitas PemerintahDaerah dalam Pelayanan Publik, Pembaruan, Yogyakarta.

Topo. Edy A dan Desi Fernanda. (2001). Membangun Kepemerintahan yang Baik, Lembaga Administrasi Negara, Jakarta.

Downloads

Published

2017-03-26

Issue

Section

Articles