GUIDLINES FOR AUTHORS

Ruang lingkup naskah yang dimuat dalam Jurnal Akta Kimia Indonesia (Indonesia Chimica Acta) merupakan hasil penelitian dan pengembangan dalam bidang kimia secara umum baik eksperimen maupun teori/komputasi, inovasi teknologi berbasis kimia, dan aplikasi kimia di bidang industri. Naskah yang hendak dimuat merupakan naskah yang belum pernah diterbitkan dan ditujukan kepada redaksi Jurnal Akta Kimia Indonesia (Indonesia Chimica Acta), Jurusan Kimia Fakultas MIPA Universitas Hasanuddin, Kampus Tamalanrea 90245 Makassar.

 

NASKAH

Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris, diketik secara rapih pada kertas ukuran A4 menggunakan software pengolah kata versi Windows Microsoft Word, WordPerfect, WordPro atau Wordstar dengan jarak baris 2 spasi. Naskah ditulis dalam bentuk satu kolom dengan ukuran margin masing-masing 3 cm dan 2,5 cm untuk margin atas dan bawah, dan 3,5 cm dan 2,5 cm masing-masing untuk margin kiri dan kanan. Bentuk naskah harus mencakup bagian-bagian berikut ini (sesuai urutan): Judul naskah tidak lebih dari 30 kata, disertai nama penulis, nama instansi atau lembaga penulis dan alamat penulis yang mudah dihubungi. Sertakan pula telepon, fax atau e-mail. Judul naskah ditulis kembali di dalam abstrak sebagai kalimat pertama. Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris mencakup latar belakang, cara kerja, hasil dan kesimpulan. Abstrak ditulis singkat dan jelas dan tidak melebihi jumlah 200 kata. Pendahuluan, Metode Penelitian meliputi bahan dan cara kerja. Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan, Ucapan Terima Kasih (jika ada) dan Daftar Acuan.

 

DAFTAR ACUAN

Acuan daftar pustaka yang diacu diutamakan adalah terbitan 10 tahun terakhir, ditulis sesuai dengan kronologis pembahasan. Penomoran menggunakan angka Arab seperti contoh berikut: 1. Kim, T. K. and Takahashi, M. Appl. Phys. Lett., 20 (1972) 492 atau 2. Yoshizawa, Y. Oguma, S. and K. Yamauchi, J. Appl. Phys., 64 (1988) 10, untuk Jurnal, dan 3. A. Manaf dan Ridwan, Pengaruh RP dalam Spin Casting pada Jumlah Porositas dan Sifat Mekanik Al-Paduan, Prosiding Pertemuan Ilmiah Sains Materi III, Serpong (1988) 7, untuk Prosiding. Untuk daftar acuan dari Buku agar ditulis sebagai berikut: 4. A. R. West, Solid State Chemistry and Its Applications, John Wiley & Sons Inc., Singapore (1984) 475–80. Bab dalam sebuah buku: Rao, C.N.R, and Rao, K.J., “Ferroics” in Solid State Chemistry Compounds. Eds. Cheetam, A.K., and Day, P, P., Clarendon Press, Oxford (1992) 281-96.

 

GAMBAR DAN TABEL

Keterangan gambar ditulis di bagian bawah gambar atau grafik dengan penomoran sesuai dengan alur pembahasan. Judul ditulis dengan huruf tebal miring (Gambar 1) sejajar dengan teks tanpa indent. Setiap gambar diberi keterangan sejelas dan 5 seinformatif mungkin. Apabila diminta, gambar asli akan dikembalikan kepada penulis dalam waktu selambat-lambatnya 1 (satu) bulan. Apabila dalam jangka waktu yang telah ditentukan penulis tidak menghendaki gambar tersebut, redaksi berhak memusnahkan gambar tersebut. Keterangan tabel ditulis di bagian atas tabel dengan penomoran sesuai dengan alur pembahasan. Judul tabel ditulis dengan huruf tebal miring (Tabel 1), sejajar dengan teks tanpa indent. Setiap tabel diberi keterangan sejelas dan seinformatif mungkin.

 

PERSAMAAN

Penulisan persamaan kimia dan atau persamaan matematika dilakukan tanpa indent dan diberi nomor dengan angka arab, sesuai dengan alur pembahasan. Naskah yang dikirimkan ke redaksi Jurnal Akta Kimia Indonesia (Indonesia Chimica Acta) sebanyak 3 kopi dan 1 disket/CD berisi file dari naskah dan file terpisah dari gambar/grafik/tabel disertai keterangan yang diperlukan. Foto dicetak hitam putih dan mengkilat. Dewan redaksi berhak menolak suatu karangan yang dianggap tidak memenuhi syarat setelah mendengar pendapat beberapa ahli. Dewan redaksi berhak mengubah dan menyesuaikan bahasa dan istilah tanpa perubahan isi, dengan tidak memberitahukan kepada penulis terlebih dahulu. Jika perubahan isi dianggap perlu, maka akan dikonsultasikan dengan penulis. Naskah yang dimuat dalam Jurnal Akta Kimia Indonesia (Indonesia Chimica Acta) menjadi hak Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Hasanuddin dan penerbitan kembali harus seizin Dewan Redaksi.