PENDUGAAN MUSIM PENANGKAPAN IKAN CAKALANG (Katsuwonus Pelamis) DI TELUK BONE

Authors

  • Dwi Fajrianti
  • Achmar Mallawa
  • Musbir Musbir

DOI:

https://doi.org/10.20956/jipsp.v3i6.3057

Abstract

Perairan Teluk Bone yang terletak di wilayah pengelolaan perikanan (WPP 713) merupakan salah satu daerah penangkapan ikan cakalang terbaik di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini menentukan musim penangkapan ikan cakalang (Katsuwonus pelamis) di Teluk Bone dan menganalisis hubungan antara hasil tangkapan ikan cakalang (Katsuwonus pelamis) dengan faktor oseanografi di Teluk Bone. Metode yang digunakan adalah metode survey, penelitian ini menggunakan dua kelompok data yaitu data primer adalah data hasil pengamatan langsung dilapangan, sedangkan data sekunder meliputi data citra suhu permukaan laut dan klorofil serta data hasil tangkapan perbulan selama kurun waktu 4 tahun terakhir (2011 – 2014) dari dinas perikanan kabupaten Luwu. Hasil penelitian menunjukkan puncak musim penangkapan ikan cakalang di Teluk Bone dalam kurun waktu tahun 2011 – 2014 terjadi pada kuartal IV (Oktober, November dan Desember). Distribusi suhu permukaan laut di daerah penangkapan ikan cakalang berkisar antara 29.5°C – 30°C dan konsentrasi klorofil-a berkisar 0,22 – 0,25 mg/m³. Terdapat korelasi yang signifikan antara hasil tangkapan cakalang dengan suhu permukaan laut, sedangkan tidak terdapat korelasi yang signifikan antara hasil tangkapan cakalang dengan klorofil-a.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Gaffar,K. 2014. Pendugaan Musim Penangkapan Ikan Teri (Stoephorus spp) Di Perairan Teluk Bone-Laut Flores. Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan. Universitas Hasanuddin. Makassar.

Mallawa, A. dan M. Palo. 2009. Pemetaan Daerah Potensial Penangkapan Ikan Tuna (Thunnus sp) dan Ikan Cakalang (Katsuwonus pelamis) di Perairan Teluk Bone. Lapporan Akhir Hibah Penelitian Strategis Nasional, Lembaga Penelitian Universitas Hasanuddin, Makassar. 51 p.

Mallawa, A., Safruddin dan M. Palo. 2010. Aspek Perikanan dan Pola Distribusi Ikan Cakalang (Katsuwonus pelamis) di Perairan Teluk Bone, Sulawesi Selatan. J. Torani. Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan. Universitas Hasanuddin. Makassar. Vol. 20 (1): 17-24.

Nybakken, J.W. 1992. Biologi Laut Suatu Pendekatan Ekologis. Gramedia. Jakarta.

Tadjuddah, M. 2005. Analisis Daerah Penangkapan Ikan Cakalang (Katsuwonus pelamis) dan Madidihang (Thunnus albacares) dengan Menggunakan Data Satelit di Perairan Kabupaten Wakatobi Sulawesi Tenggara. Bogor: Departemen Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan. Fakultas Perikanan. Institut Pertanian Bogor.

Presetiahadi. K, 1994. Kondisi Oseonografi Perairan Selat Makassar Pada Juli 1992 (Musim Timur). Skripsi. Program Studi Ilmu dan Tegnologi Kelautan. Fakultas Perikanan IPB. Bogor.

Zainuddin, M. 2011. Skipjack Tuna in Relation to Sea Surface Temperature ang Chlorophyll-a Concentration of Bone Bay Using Remotely Sensed Satellite Data. Jurnal Ilmu dan Teknologi Kelautan Tropis No.1 Juni 2011 Ha

Downloads

Published

2017-12-18

Issue

Section

Research article