Menciptakan Pemimpin Yang Melayani

Fajar Apriani

Abstract

Abstrak : Dari perspektif teoritis, kepemimpinan merupakan inti dari manajemen, dan manajemen merupakan bagian dari administrasi. Itulah mengapa kepemimpinan memiliki posisi strategis dalam tatanan organisasi. Sementara dari perspektif analitikal dan kasus-kasus empiris, peran pemimpin adalah untuk mengarahkan kekuatan, sebagai motivator, pelindung, pelayan dan bertanggungjawab atas setiap aktivitas organisasional. Seorang pemimpin publik harus mengetahui dirinya sendiri, mengetahui aspirasi dan kondisi publik, mengetahui permasalahan pembangunan dan lingkungan strategis, serta sistem administrasi dimana ia memimpin. Seorang pemimpin publik harus mampu menjadi agen perubahan yang memiliki sejumlah kualifikasi dan kompetensi untuk dapat bermanfaat bagi masa depan. Kurangnya perhatian terhadap reformasi pada aspek kepemimpinan aparatur negara menjadikan reformasi administrasi publik selama ini belum mampu memberikan sumbangan yang signifikan. Penggunaan pendekatan kepemimpinan yang memadukan ketiga aspek utama kepemimpinan: kepribadian, perilaku dan konteks keorganisasian secara lebih baik, akan menghasilkan kepemimpinan masa depan yang mampu menjawab tuntutan reformasi kepemimpinan.Kata kunci : Kepemimpinan, Reformasi, Pemimpin masa depanAbstract : From theoretical perspective, leadership is the core of management, and management is a part of administration. That’s why leadership has a strategic position in organization. Conversely, from analytical perspective and empirical cases, the role of leader refers to acts as driving force, motivator, protector, servant and responsible to every organizational activities. A public leader has to know about him/her, public aspiration and condition, the development and strategic environment problems, and the administration systems where he/she in rolled. A public leader has to be a qualify agent of change with some qualifications and competencies to be beneficial for the future. The lack of attention to the leadership aspect of state apparatus can jeopardize the public administration reform. The application of leadership approach that combines three main aspects of leadership, namely: the personality, behavior and better organizational context, will create a future leadership th at enable to respond the demands of the reform leadership.Key words : Leadership, Reform, Future leader

References

Basuki, Johanes. Tantangan Ilmu Administrasi Publik : Paradigma Baru Kepemimpinan Administrasi Negara. (http://www.stialan.ac.id./artikel_j basuki.pdf). Diakses tgl 25
Desember 2012.

Bennis, Warren dan Robert Townsend. 1998. Reinventing Leadership (Terjemahan oleh Clara Suwendo: Menciptakan Kembali Kepemimpinan). Batam Centre: Interaksara.

Dwiyanto, Agus dkk. 2003. Reformasi Tata Pemerintahan dan Otonomi Daerah. Yogyakarta: PSKK-UGM.

Dwiyanto, Agus. 1997. "Pemerintahan yang Efisien, Tanggap, dan Akuntabel: Kontrol atau Etika?" dalam Jurnal Kebijakan dan Administrasi Publik (JKAP), Yogyakarta : MAP UGM, Vol. I, No.2 , Juli 1997.

Goleman, Daniel, Richard Boyatzis dan Annie McKee. 2006. Primal Leadership; Realizing the Power of Emotional Intelligence. New Jersey: John Wiley & Sons. Inc.

Harper, Stephen C. 2001. The Forward Focused Organizations : Visionary Thinking and Breakthrough Leadership to Create Your Company’s Future. New York: AMACOM.

House, R.J. 1993. Toward the Integration of Transformational, Character istic and Visionary Theories. M.M. Chemers dan R. Ayman (Eds.).Leadership Theory and Research : Perspective and Directions. Pp. 81-107. New York: Academic Press.

Istianto, Bambang. 2011. Demokratisasi Birokrasi. Edisi Pertama. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Moran, Robert T. dan John R. Riesenberger. 1993. The Global Challenge: Building the New Worldwide Enterprise. London: McGraw Hill Book Company.

Mulyasa. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep, Karateristik dan Implementasi. Cetakan Keenam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Peters, B. Guy. 2003. The Future of Governing. Second Ed (Revised). Kansas: University Press of Kansas.

Sashkin, Marshall dan Molly G. Sashkin. 2011. Prinsip-prinsip Kepemimpinan. Rudolf Hutahuruk (Alih Bahasa). Jakarta: Erlangga.

Shelton, Ken (Ed.). 2002. A New Paradigm of Leadership (Terjemahan oleh Oka). Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Authors

Fajar Apriani
yaniefajar@yahoo.com (Primary Contact)
Apriani, F. (2015). Menciptakan Pemimpin Yang Melayani. JAKPP (Jurnal Analisis Kebijakan & Pelayanan Publik), 1(1), 108-120. https://doi.org/10.31947/jakpp.v1i1.42
Copyright and license info is not available

Article Details