Inovasi Klaim Elektronik Jaminan Hari Tua di BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Makassar

Muhammad Nur Alim, Muhammad Tahir Haning, Syahribulan Syahribulan

Abstract

Inovasi Klaim Elektronik pada Jaminan Hari Tua di BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Makassar (dibimbing oleh Muh. Thahir Haning dan Syahribulan). Penelitian ini bertujuan menganalisis implementasi inovasi layanan klaim elektronik di BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Makassar pada Jaminan Hari Tua dengan menggunakan model pengukuran kriteria inovasi menurut UN Public Service Awards (2017) dengan indikator kepemimpinan dan kapasitas pemerintah yang inovatif; lembaga yang transparan, akuntabel dan partisipatif; mengatasi masalah melalui teknologi; serta kebijakan yang koheren dan terintegrasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif melalui interpretasi dan verifikasi cermat terhadap setiap informasi melalui wawancara, penghimpunan data sekunder maupun literatur, dan sumber lainnya. Informasi diperoleh dari pihak BPJS Ketenagakerjaan, peserta klaim, mitra pemerintah dan swasta. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan inovasi layanan klaim elektronik di BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Makassar dilaksanakan : 1) sesuai dengan kriteria kepemimpinan dan kapasitas pemerintah yang inovatif karena adanya kolaborasi dengan pihak pemerintah, swasta dan lembaga non pemerintah serta adanya upaya mengembangkan inovasi klaim elektronik; 2) sesuai dengan kriteria lembaga yang transparan, akuntabel dan partisipatif karena terciptanya transparansi terhadap pengelolaan dana, keterbukaan informasi dan pengawasan untuk menjaga proses berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku. 3) kurang maksimal dalam mengatasi masalah melalui teknologi karena klaim elektronik masih membutuhkan keterlibatan pegawai dalam proses verifikasi; dan 4) kurang maksimal dalam kebijakan yang koheren dan terintegrasi karena masih terkendala dengan penambahan pegawai yang merupakan kebijakan di kantor pusat. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan bahan kajian bagi pengambil kebijakan di sektor publik, khususnya BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Makassar agar lebih meningkatkan implementasi inovasi klaim elektronik yang mengutamakan kebutuhan dan kepentingan masyarakat.

References

Bessan. 2009. Innovation London, New York, Munich, Melbourne and Delhi.

Prasojo, Eko dan Teguh Kurniawan. 2006. Bebas Iuran Sekolah dan JK : Inovasi Pro Masyarakat Miskin di Kabupaten Jembrana. Jurnal  PSPK, Edisi VIII. Hal. 100-113.

Sangkala. 2013. Innovative Governance : Konsep dan Aplikasi. Surabaya : Capiya Publishing.

Siagian, S.P. (1992). Organisasi Kepemimpinan & Perilaku Administrasi. Jakarta, Rineka Cipta.

Suwondo, 2001, Desentralisasi Pelayanan Publik: Hubungan Komplementer antara sector Negara, Mekanisme Pasar dan Organisasi Non Pemerintah. Jurnal Administrasi Negara (Vol. 1 No. 2 Maret 2001) Malang : FIA Unibraw.

Tim UNPAS. (2017). Panduan Penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI). Bandung: Tidak Diterbitkan.

UNDESA. 2006. Innovations in Governance and Public Administration:  Replicating What Works. New York : United Nations Publication

Permenaker No 46/2015 tentang jaminan Hati Tua (JHT)

Authors

Muhammad Nur Alim
alim.unhas@gmail.com (Primary Contact)
Muhammad Tahir Haning
Syahribulan Syahribulan
Alim, M. N., Haning, M. T., & Syahribulan, S. (2020). Inovasi Klaim Elektronik Jaminan Hari Tua di BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Makassar. JAKPP (Jurnal Analisis Kebijakan & Pelayanan Publik), 6(1), 1-14. https://doi.org/10.31947/jakpp.v6i1.8558
Copyright and license info is not available

Article Details