Kebijakan “Revolusi Hijau” Paman Birin Dalam Menjaga Kerusakan Lingkungan Di Provinsi Kalimantan Selatan

Samahuddin Muharram

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi kebijakan “revolusi hijau” Paman Biring di Kalimantan Selatan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan wawancara dan studi dokumen.Peneliti mewawancarai 10 informan kunci yang memahami dan terlibat dalam kebijakan lingkungan hidup di Provinsi Kalimantan Selatan. Metode analisis data yang digunakan adalah metode kualitatif interpretative. Penelitian ini mengidentifikasi hasil riset sebagi berikut. a. Bahwa tujuan digalakkan revolusi hijau, demi menjaga lingkungan ke depan serta peningkatan kesejahteraan masyarakat, b. Memberikan lapangan kerja bagi para petani maupun buruh pertanian, c. berupaya melakukan pemulihan kerusakan kawasan hutan dan lahan ini sebagai bagian dari upaya menjadikan daerah Kalimantan Selatan sebagai salah satu paru-paru dunia, d.  selaku Gubernur Kalimantan Selatan selalu memberikan dukungan dan apresiasi yang tinggi pada setiap ada kegiatan penghijauan, baik yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten dan SKPD terkait maupun LSM serta masyarakat, e. melakukan  revitalisasi persemaian permanen untuk dimanfaatkan agar generasi milenial dapat melakukan edukasi pembibitan dan mendukung Revolusi Hijau di Kalimantan Selatan, f. Memperbaharui diri dengan gerakan menanam sejuta pohon harus terus menerus digalakkan dan terpelihara. Pembangunan kehutanan harus makin diarahkan untuk meningkatkan pemanfaatan hutan bagi industri dalam negeri, sehingga dapat menghasilkan nilai tambah dan menciptakan lapangan kerja yang sebesar-besarnya.

References

Abidin, Said Zainal. 2016. Kebijakan Publik. Salemba Humanika. Jakarta.

Abidin, Said Zainal, 2008. Strategi Kebijakan dalam Pembangunan Dan Ekonomi Politik.  Suara Bebas. Jakarta.

Cornea. M. Michael (editor). 1988. Mengutamakan Manusia di Dalam Pembangunan. Variable-variabel Sosiologi di dalam Pembangunan Pedesaan. Penerbit Universitas Indonesia. Jakarta.

Dunn, William N. 2003. Analisis Kebijakan Publik. Gajah Mada University Press. Yogyakarta.

Fatah, Luthfi. 2007. Dinamika Pembangunan Pertanian dan Pedesaaan. Pustaka Banua. Banjarmasin.

Fischer, Frank. Gerald J. Miller, Mara S. Sidney.2015. Handbook Analisis Kebijakan Publik, Teori, Politik dan Metode. Nusa Media.Bandung.

Gulo, W. 2010. Metodologi Penelitian.  Pt. Gramedia Widiasarana Indonesia. Jakarta.

Hardjasoemantri, Koesnadi.1997. Hukum Tata Lingkungan. Gajah Mada University Press. Yogyakarta.

Muchtar, Masrudi. 2017. Hukum Pidana Lingkungan. Thema Publishing. Yogyakarta.

Sugiyono. 2007. Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta . Bandung.

Suharto, Edi. 2008. Kebijakan Sosial sebagai Kebijakan Publik. Peran Pembangunan Kesejahteraan Sosial dan Pekerjaan Sosial dalam Mewujudkan Negara Kesejahteraan (welfare state) di Indonesia. Alfabeta. Bandung.

RPJMD Propinsi Kalimantan Selatan Tahun 2017.

Theresia, Aprilia. Krisnha S. Andini, Prima GP. Nugraha dan Totok Mardikanto. 2014. Pembangunan Berbasis Masyarakat. Acuan Bagi Praktisi, Akademisi dan pemerhati Pengembangan Masyarakat. Alfabeta. Bandung.

Authors

Samahuddin Muharram
samahuddin_m@yahoo.com (Primary Contact)
Author Biography

Samahuddin Muharram, <span lang="EN-US">Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin</span>

Jurusan Ilmu PemerintahanUniversitas Lambung Mangkurat Banjarmasin
Muharram, S. (2020). Kebijakan “Revolusi Hijau” Paman Birin Dalam Menjaga Kerusakan Lingkungan Di Provinsi Kalimantan Selatan. JAKPP (Jurnal Analisis Kebijakan & Pelayanan Publik), 6(1), 49-64. https://doi.org/10.31947/jakpp.v6i1.9957
Copyright and license info is not available

Article Details