PENERAPAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT PADA ROOM ATTENDANT HOUSEKEEPING DEPARTEMENT DI HOTEL IBIS BUDGET MAKASSAR AIRPORT

Authors

  • Rafika Hayati Politeknik Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.26487/jbmi.v14i2.2343

Abstract

Industri perhotelan merupakan salah satu industri jasa yang saat ini berkembang pesat di KotaMakassar. Perkembangan tersebut menuntut tidak hanya hotel menyediakan produk yang bervariasitetapi juga didukung oleh kualitas pelayanan. Penelitian ini membahas tentang penerapan TotalQuality Management pada housekeeping departemen serta faktor pendukung dan penghambatdalam penerapannya di hotel Ibis Budget Makassar.Penerapan Total Quality Management Housekeeping departemen di Ibis Budget Makassar memilikifaktor pendukung berupa adanya standar operational procedure (SOP) dari manajemen ACCORyang berpatokan pada total quality management merupakan SOP yang digunakan oleh setiap hotelIbis baik di Indonesia dan inetrnasional. Selain itu adanya struktur organiasasi yang rampingmemudahkan dalam pengawasan dan pemberian pelatihan secara berkala serta hal tersebut jugamemberikan manfaat berupa mudahnya komunikasi yang dibangun serta penilaian dalampemberian penghargaan. Faktor penghambat dalam penerapan total quality management berasaldari faktor eksternal berupa ketersediaan linen bersih dalam menunjang kelancaran operasionaldan kelengkapan fasilitas kamar.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-02-06

How to Cite

Hayati, R. (2018). PENERAPAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT PADA ROOM ATTENDANT HOUSEKEEPING DEPARTEMENT DI HOTEL IBIS BUDGET MAKASSAR AIRPORT. JBMI (Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Informatika), 14(2). https://doi.org/10.26487/jbmi.v14i2.2343

Issue

Section

Articles