SISTEM INFORMASI MANAJEMEN TABUNGAN PADA BANK SAMPAH RAFLESIA MENGGUNAKAN METODE WATERFALL

Authors

  • Abdul Rohman Universitas Ngudi Waluyo
  • Rafly Perdana Brilian Universitas Ngudi Waluyo

DOI:

https://doi.org/10.26487/jbmi.v19i3.25061

Keywords:

bank sampah, metode waterfall , sistem informasi manajemen , waterfall method

Abstract

Bank Sampah Raflesia merupakan sebuah bank sampah yang ada di Kota Salatiga yang memiliki banyak nasabah, akan tetapi dalam pengelolaanya masih dilakukan secara manual sehingga dalam penyimpanan data akan mudah hilang dan cenderung lambat dalam proses pelayanannya. Maka dengan itu diperlukan sistem informasi manajemen dalam pengelolaanya yang sesuai dengan kebutuhan. Dalam penelitian ini merancang dan membangun sistem informasi manajemen bank yang sampah menggunakan metode waterfall dengan berorientasi kebutuhan bank sampah Reflesia. Tahapan penelitian dilakukan mulai dengan analisis kebutuhan sistem, merancang sistem, mengimplementasikan, pengujian sistem sampai dengan maintenance. Hasil dari penelitian ini memberikan kemudahan kepada admin dan nasabah dalam proses manajemen dan bisnis di bank sampah Raflesia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Firmansyah, F. et al., 2019. Rancang Bangun Sistem Informasi Bank Sampah (SIBAS) Berbasis Desktop Dengan Metode Waterfall. Riset Dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer, pp. 56-65.

Hidayatuloh, S. & Pratami, N. S., 2021. Rancang Bangun Sistem Transaksi Tabungan Untuk Pengelolaan Sampah Berbasis Web (Studi Kasus : Bank Sampah Sahitya Fakultas Sains dan Teknologi Uin Syarif Hidayatullah Jakarta). TEKINFO, pp. 87-108.

Khairunisa, N. S. & Safitri, D. R., 2020. Integrasi Data Sampah Sebagai Upaya Mewujudkan Zero Waste Management: Studi Kasus di Kota Bandung. Jurnal Analisa Sosiologi, pp. 108-123.

Lidimilah, L. F. & Hermanto, H., 2018. Sistem Informasi Bank Sampah Sukorejo Berbasis Client Server. Jurnal Ilmiah Informatika, pp. 193-198.

Putra, I. P. B. C. D., Suardika, I. G. & Nata, G. N. M., 2020. Sistem Informasi Pengelolaan Bank Sampah di Desa Adat Pemogan Berbasis Framework Laravel. Denpasar, Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains.

Rahmi, N. & Selvi, S., 2021. Pemungutan Cukai Plastik Sebagai Upaya Pengurangan Sampah Plastik. Jurnal Pajak Vokasi, pp. 66-69.

Setiawan, M. A., 2019. Aplikasi Pengolahan Data dan Tabungan Bank Sampah “ Gaposi Sejahtera “ Kelurahan Gedongan Kota Mojokerto Berbasis Desktop. Universitas Islam Majapahit.

Yunita, Y., Adrianshyah, M. & Amalia, H., 2021. Sistem Informasi Bank Sampah Dengan Model Prototype. INTI Nusa Mandiri, pp. 15-24.

Downloads

Published

2023-02-02

How to Cite

Abdul Rohman, & Rafly Perdana Brilian. (2023). SISTEM INFORMASI MANAJEMEN TABUNGAN PADA BANK SAMPAH RAFLESIA MENGGUNAKAN METODE WATERFALL. JBMI (Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Informatika), 19(3), 192-204. https://doi.org/10.26487/jbmi.v19i3.25061

Issue

Section

Articles