Analisis Faktor Pengetahuan Produk dan Reputasi Bank terhadap Preferensi Menabung di Bank Syariah Indonesia (BSI)

Authors

  • Muhlis Masin Perbankan Syariah UIN Alauddin Makassar
  • Samsul Arifai
  • Sudirman
  • Ismawati
  • St. Hafsah Umar
  • Supriadi

DOI:

https://doi.org/10.26487/jbmi.v20i2.25178

Keywords:

Bank Syariah, Pengetahuan Produk, Reputasi Bank, Islamic Bank, Product Knowledge, Bank Reputation

Abstract

Penetrasi nasabah di bank syariah masih sangat rendah dibandingkan dengan bank konvensional, disparitas tersebut memunculkan ide untuk melakukan riset dalam mendeteksi faktor penyebab. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat masyarakat menabung di bank Syariah Indonesia. Penelitian ini diklasifikasikan sebagai penelitian kuantitatif deskriktif. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner, dan dianalisis dengan teknik analisis regresi linier berganda. Populasi penelitian yakni nasabah bank BSI KC Pettarani dengan sampel berjumlah 100 nasabah melalui teknik probability Sampling. Temuan hasil penelitian menginformasikan bahwa pengetahuan produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat masyarakat menabung di Bank Syariah Indonesia (KC Pettarani), yang berarti bahwa semakin baik pengetahuan masyarakat mengenai perbankan syariah maka akan mempengaruhi peningkatan minat menjadi nasabah. Kemudian pada variabel reputasi bank berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat masyarakat menabung di Bank Syariah Indonesia (KC.Pettarani). Reputasi bank yang baik akan menciptakan kepercayaan bagi nasabahnya. Keduanya saling memperkuat, sementara pada nilai kepercayaan yang tinggi maka akan menguatkan reputasi bank di mata nasabah, begitupun dampak sebaliknya. The customer penetration in Islamic banks is still significantly lower compared to conventional banks; this disparity has prompted the idea to conduct research to identify the underlying factors. This study aims to analyze the factors influencing the public's interest in saving with Bank Syariah Indonesia. This research is classified as quantitative descriptive research, data collected were using questionnaire, and were processed and analyzed using multiple linear regression analysis techniques. The research population consists of customers of BSI KC Pettarani, with a sample of 100 customers selected through probability sampling techniques. The findings of the research indicate that product knowledge has a positive and significant effect on the public's interest in saving with Bank Syariah Indonesia (KC Pettarani). It was means that, the better the public's knowledge of Islamic banking, the more likely it is to increase their interest in becoming customers. Furthermore, the variable of bank reputation has a positive and significant effect on the public's interest in saving with Bank Syariah Indonesia (KC Pettarani). A good bank reputation will create trust among its customers. The two aspects mutually reinforce each other, where high levels of trust strengthen the bank's reputation in the eyes of customers, and vice versa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al Qurán Karim

Agustin, C. A., & Hellianto, G. R. (2020). Pengaruh Reputasi Terhadap Minat Beli Produk Skincare di Shopee. Buss. Economic, Communication, and Social Sciences (BECOSS) Journal, 2(1). https://doi.org/10.21512/becossjournal.v2i1.6050

Aisyah. (2018). Minat masyarakat nagari sungayang menabung di bank syariah skripsi. 1–96.

Al-Hunnayan, S. H. (2020). The capital structure decisions of Islamic banks in the GCC. Journal of Islamic Accounting and Business Research, 11(3). https://doi.org/10.1108/JIABR-02-2017-0026

Araffi, M., & Haryono, S. (2022). Peran Religiusitas dalam Memoderasi Persepsi, Preferensi dan Pengetahuan Terhadap Minat Menjadi Nasabah di Bank Syariah Indonesia. J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 7(2). https://doi.org/10.33087/jmas.v7i2.431

Ariyanti, A. (2019). Analisis Pengaruh Komunikasi Efektif Dan Koordinasi Terhadap Motivasi Kerja Dampaknya Terhadap Kinerja Karyawan Pt Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Jurnal Ilmiah M-Progress, 9(2), 184–196. https://doi.org/10.35968/m-pu.v9i2.346

Asrul. (2020). Pengaruh Religiusitas, Reputasi Bank Dan Perolehan Informasi Terhadap Minat Masyarakat Kota Pariaman Untuk Menabung Di Bank Mandiri Syariah. Ensiklopedia of Journal, 2(5).

Citrawati, V. D., Prakosa, A., & Basri, A. I. (2021a). Pengaruh Pengetahuan, Promosi, Produk, dan Reputasi Terhadap Minat Menabung di Tabungan Tamansari BPR Bantul. Equilibrium: Jurnal Ilmu Manajemen, 1(1), 1–8.

Citrawati, V. D., Prakosa, A., & Basri, A. I. (2021b). Pengaruh Pengetahuan, Promosi, Produk, dan Reputasi Terhadap Minat Menabung di Tabungan Tamansari BPR Bantul. Equilibrium: Jurnal Ilmu Manajemen, 1(1), 1–8.

Darma, B. (2020). Statistika Penelitian Menggunakan SPSS. In Guepedia.

Fadli, M. (2019). Pengaruh Pengetahuan Perbankan Syariah Terhadap Minat Menabung Di Bank Syariah (Studi Pada Pedagang Kaki Lima Lapangan Pancasila Kota Palopo).

Fauzan, M. (2018). Sistem Pengendalian Intern Terhadap Fungsi Penerimaan Kas Pada PT. Bank Muamalat Indonesia Cabang Pematangsiantar. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 3(2). https://doi.org/10.30651/jms.v3i2.1658

Handayani, A., Azman, H. A., & Novel, I. (2019). Pengaruh Pengetahuan dan Sikap Terhadap Perilaku Memilih Bank Syariah Dengan Faktor Religiusitas Sebagai Moderating Variable. Ekonomika Syariah: Journal of Economic Studies, 3(1). https://doi.org/10.30983/es.v3i1.934

Hasanah, A. N. (2021). Pengaruh Pengetahuan Masyarakat Tentang Perbankan Syariah Terhadap Minat Menabung Di Bank Syariah (Studi pada Masyarakat Desa Pagar Puding Kecamatan Tebo Ulu). Repository.Uinjambi.Ac.Id.

Hasanah, F. (2019). Pengaruh Tingkat Religiusitas, Pengetahuan, Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Preferensi Menabung Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palembang Pada Bank Syariah. BALANCE Jurnal Akuntansi Dan Bisnis, 4(1), 485. https://doi.org/10.32502/jab.v4i1.1815

Hermansyah, H. (2018). Implementasi Metode Bagi Hasil Dengan Prinsip Mudharabah Pada Bank Syariah Di Indonesia Dihubungkan Dengan Fatwa Dsn No. 15/DSN-MUI/IX/2000. Jurnal Hukum Mimbar Justitia, 4(1). https://doi.org/10.35194/jhmj.v4i1.350

Husain, H. (2020). Falsafah Hukum Perbankan Syariah di Indonesia. Sulesana: Jurnal Wawasan Keislaman.

Indi, I. (2019). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Minat Masyarakat Menabung Di Bank Syariah (Studi Kasus Pada Masyarakat Di Kecamatan Rappocini Kota Makassar). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1–21.

Ismanto K. (2018). Literasi Masyarakat dan Dampaknya terhadap Minat Menjadi Nasabah Bank Syariah. Human Falah: Jurnal Studi Ekonomi Dan Bisnis Islam, 5(1).

Jannah, N. K., & Alhusainah, R. (2022). Analisis Minat Nasabah Dalam Penggunaan Layanan Mobile Banking Pada Kspps BMT. 2(2).

Kusnandar, D. L., & Kurniawan, D. (2018). Literasi Keuangan Dan Gaya Hidup Ibu Rumah Tangga Dalam Membentuk Perilaku Keuangan Keluarga Di Kota Tasikmalaya. Seminar Nasional Dan Call for Paper Sustainable Competitive Advantage (SCA) 8 Purwokerto, 1(8), 1–12.

LPS. (2022). Indonesia Deposit Insurance Corporation: DISTRIBUSI SIMPANAN BANK UMUM.

Ma’rifatun, Akbar Yusuf, & Herni Sunarya. (2015). Analisis Sistem Penerapan Bagi Hasil Terhadap Perolehan Laba Berdasarkan Prinsip Syari’ah. Jurnal Akuntansi (JA), 2(3).

Maulana, A. (2021). Analisis Pengaruh Pengetahuan Produk dan Lokasi Terhadap Minat Menjadi Nasabah di Bank Syariah Dengan Presepsi Generasi Milenial Sebagai Variabel Moderating.

Meidatuzzahra, D. (2019). “Penerapan Accidental Sampling untuk Mengetahui Prevalensi Akseptor Kontrasepsi Suntikan terhadap Siklus Menstruasi (Studi Kasus: Pukesmas Jembatan Kembar Kabupaten Lombok Barat).” Avesina, Vol 13(No.1), Hal 19-23.

Muhlis, M., & Ahsana, H. A. (2021). Dampak Pembiayaan Murabahah Terhadap Laba Pt Bank Bni Syariah (Persero) Tbk. Kantor Cabang Makassar. Islamic Banking: Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Perbankan Syariah, 6(2). https://doi.org/10.36908/isbank.v6i2.181

Nengsih, T. A., Arsa, A., & Putri, P. S. (2021). Determinan minat menabung masyarakat di Bank Syariah: Studi empiris di kota Jambi. Journal of Business and Banking, 11(1), 93–111. https://doi.org/10.14414/jbb.v11i1.2599

Ngaziz, I. (2020). Pengaruh Pengetahuan Produk Bank Syariah dan Lokasi Terhadap Keputusan Pedagang Pasar Kutowinangun Kabupaten Kebumen Dalam Memilih Produk Di Bank Syariah. Journal of Chemical Information and Modeling, 21(1), 1–9.

Novianti, A. D., & Hakim, L. (2021). Pengaruh Pengetahuan, Produk dan Religiusitas Terhadap Minat Menabung dengan Variabel Moderating Persepsi. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 9(1). https://doi.org/10.26740/jpak.v9n1.p116-122

Oktavianus, L. C., Randa, F., Jao, R., & Praditha, R. (2022). Kinerja Keuangan Dan Reputasi Perusahaan: Studi Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. KRISNA: Kumpulan Riset Akuntansi, 13(2), 218–227. https://doi.org/10.22225/kr.13.2.2022.218-227

Puspita, S. I. (2021). Tanggung Jawab Direksi dalam Meningkatkan Citra Bank (Suatu Telaah Yuridis Normatif). Wajah Hukum, 5(2). https://doi.org/10.33087/wjh.v5i2.762

RISSC. (2023). The Royal Islamic Strategic Studies Centre: Ini Jumlah Populasi Muslim di Kawasan ASEAN, Indonesia Terbanyak. Katadata Media Network.

Sandari. (2020). Pengaruh Pengetahuan Produk dan Norma Religius Terhadap Keputusan Mengkonsumsi Produk Makanan Berlabel Islam Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Sari, N., Lika Annisa, & Eka Nurlina. (2021). Analisis faktor pendorong minat nasabah dalam memilih Tabungan Haji di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Aceh. J-EBIS (Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam). https://doi.org/10.32505/j-ebis.v6i2.3549

OJK, Pub. L. No. SP 166 /GKPB/OJK/XI/2023, Kepala Departemen Literasi, Inklusi Keuangan dan Komunikasi OJK (2023).

Sri Maharsi, & Yuliani Mulyadi. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 9(1), 18–28.

Subekti, R. (2016). Ini Tantangan Perbankan Syariah di 2016. REPUBLIKA.

Sumantri, S., Diyah, D., & Albetris, A. (2021). Analisa Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Menggunakan Produk Perbankan (Studi Kasus Nasabah Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Muara Bulian). Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(2), 707. https://doi.org/10.33087/jiubj.v21i2.1533

Umaryati, N. S. (2018). Pengaruh Pembelajaran Ekonomi Islam terhadap Minat Mahasiswa Menabung di Bank Syariah. In J-EBI: Jurnal Ekonomi Bisnis Islam (Vol. 4, Issue 2).

Wardayati, S. M. (2011). Implikasi Shariah Governance Terhadap Reputasi Dan Kepercayaan Bank Syariah. Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 19(1), 1. https://doi.org/10.21580/ws.2011.19.1.210

Widowati, A. S., & Mustikawati, R. I. (2018). Pengaruh Pengetahuan Produk Tabungan, Reputasi Bank, Dan Persepsi Nasabah Mengenai Suku Bunga Simpanan Terhadap Keputusan Menabung Nasabah. Nominal, Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 7(2). https://doi.org/10.21831/nominal.v7i2.21643

Winarti. (2021). Pengaruh Pengetahuan Nasabah Terhadap Minat menabung Di BNI Syariah KCP Kuningan. Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman, 2(2), 5–24.

Zahra, A. P. (2019). Pengaruh Reputasi Perusahan Terhadap Keyakinan Nasabah Menabung di Baitul Maal Wa Tamwil (Studi Kasus BMT Amanah Ray Medan). 7(2), 107–115.

Downloads

Published

2023-12-26

How to Cite

Masin, M., Arifai, S. ., Sudirman, Ismawati, Umar, S. H. ., & Supriadi. (2023). Analisis Faktor Pengetahuan Produk dan Reputasi Bank terhadap Preferensi Menabung di Bank Syariah Indonesia (BSI). JBMI (Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Informatika), 20(2), 185-208. https://doi.org/10.26487/jbmi.v20i2.25178

Issue

Section

Articles