ANALISIS KINERJA SISTEM ANTRIAN DALAM MENGOPTIMALKAN PELAYANAN PASIEN RAWAT JALAN DI RSUD HAJI MAKASSAR

Authors

  • Maat Pono Universitas Hasanuddin

DOI:

https://doi.org/10.26487/jbmi.v14i3.3333

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kinerja sistem antrian yang saat ini digunakan oleh RSUD Haji Makassar. Berdasarkan hasil penelitian, model antrian yang saat ini diterapkan pada bagian registrasi pasien rawat jalan di RSUD Haji Makassar menunjukkan kinerja yang belum begitu baik pada loket pendaftaran, adapun model yang saat ini digunakan adalah sistem antrian model jalur tunggal atau Single Channel Query System (M/M/1). Berdasarkan hasil observasi dan perhitungan menggunakan rumus dari model (M/M/1) diketahui pasien lama membutuhkan waktu berada dalam antrian adalah selama 57,27 menit serta orang dalam antrian sebanyak 21 orang dan ini terjadi pada periode waktu 09.00-10.00 sampai 10.00-11.00. Untuk pasien baru membutuhkan waktu berada dalam antrian selama 50 menit dan jumlah orang dalam antrian sebanyak 5 orang dan ini terjadi pada periode waktu 09.00-10.00 sampai 11.00-12.00. Alternatif yang dapat menangani masalah pada loket pendaftaran adalah dengan merubah komposisi server dengan menggunakan Multiple Channel Query System (M/M/s) melalui model ini waktu yang dibutuhkan pasien lama didalam antrian menurun menjadi 0,8 menit, serta pasien lama dalam antrian yang awalnya 21 orang menjadi 1,24 orang, dengan alternatif ini kinerja sistem antrian dapat lebih optimal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Darwis, Zulhan. 2014. Analisis Penerapan Sistem Antrian Model M/M/S pada Proses Transaksi di PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Pangkajene dan Kepulauan. Makassar: Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin.

Departemen Kesehatan RI. 2008. Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit. Jakarta: Direktorat Jenderal Bina Pelayanan Medik Departemen Kesehatan R.I.

Heizer, Jay dan Barry Render. 2006. Manajemen Operasi. Edisi ketujuh. Buku 1. Jakarta: Salemba Empat.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi ke-12. Jakarta: Indeks.

Kurniaty S, Indah. 2014. Analisis Penerepan Sistem Antrian Model Multiple Channel Query System (M/M/S) Pada PT.Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Kab. Tana Toraja.Makassar: Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin.

Puspitasary, Fanny. 2014. Analisis Kinerja Sistem Antrian Teller dalam Meningkatkan Efisiensi Pelayanan PT. Bank BJB Cabang Buah Batu Bandung. Bandung: Skripsi Program Studi Manajemen Fakultas Bisnis dan Manajemen Universitas Widyatama.

Rusdi. 2014. Analisis Penerapan Sistem Antrian Model Multiple Channel Query System (M/M/S) Pada Bagian Registrasi Pasien di RSUD Salewangan Maros. Makassar: Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabata.

Supranto, Johannes. 2006. Riset Operasi. Jakarta: Indonesia UI – Press.

Supranto, Johannes. 2016. Riset Operasi Untuk Pengambilan Keputusan. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Yamit, Zulian. 2003. Manajemen Produksi dan Operasi. Edisi Ke-2. Jakarta: Ekonisia

Downloads

Published

2018-02-06

How to Cite

Pono, M. (2018). ANALISIS KINERJA SISTEM ANTRIAN DALAM MENGOPTIMALKAN PELAYANAN PASIEN RAWAT JALAN DI RSUD HAJI MAKASSAR. JBMI (Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Informatika), 14(3), 228-238. https://doi.org/10.26487/jbmi.v14i3.3333

Issue

Section

Articles