PROGRAM PSIKOEDUKASI ORANGTUA/WALI SISWA SEBAGAI UPAYA OPTIMALISASI PERAN BIMBINGAN DAN KONSELING (BK) DI SMP BRUDERAN PURWOKERTO

Authors

  • Ernasiwi Astri Oktavilia Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto
  • Widya Putri Ryolita Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto
  • Zuyinatul Isro Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto
  • Bagus Reza Hariyadi Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.20956/jdp.v8i1.18418

Keywords:

perkembangan remaja, educational, educational psychology

Abstract

ABSTRAK

Dunia pendidikan tidak terlepas dari pembahasan mengenai perkembangan para siswanya, termasuk siswa remaja.  Remaja merupakan masa perkembangan yang rentan terhadap timbulnya masalah, sehingga masa ini dikenal sebagai masa storm and stress.  Beberapa faktor yang menjadi komponen dalam perkembangan siswa remaja di sekolah antara lain orangtua/wali, guru, kondisi keluarga, teman sebaya (peer), lingkungan pertemanan, dan media sosial. Dukungan positif dari orangtua/wali siswa sangat diperlukan untuk mendampingi perkembangan anaknya agar terhindar dari masalah-masalah remaja yang mungkin timbul.  Sekolah sebagai lingkungan terdekat kedua juga memiliki andil dalam mengatasi masalah siswa remaja.  Peran ini terwujud melalui unit Bimbingan dan Konseling (BK) yang berupaya untuk memberikan pelayanan preventif maupun kuratif terhadap masalah-masalah yang mungkin timbul.  Untuk mengatasi masalah tersebut, tim Pengabdian Pada Masyarakat menyusun program psikoedukasi yang dapat diduplikasi oleh unit Bimbingan dan Konseling (BK) di sekolah dengan menggunakan metode psikoedukasi online maupun offline. Kegiatan ini bertujuan untuk menghasilkan dan mempraktekkan modul program layanan BK agar permasalahan siswa remaja teratasi.  Selain itu, program ini juga bertujuan untuk memberikan edukasi mengenai parenting kepada orang tua dan wali siswa.  Capaian kegiatan ini adalah tersusunnya artikel ilmiah serta modul program psikoedukasi yang dapat digunakan oleh guru BK di SMP Bruderan Purwokerto.  

 

ABSTRACT

Education cannot be separated from discussion about students, adolescent students included.  Adolescence is a developmental period full of problems, also known as period of storm and stress.    Developmental of adolescence influenced by many factors such as parents/guardians, teachers, family conditions, peers, friendships, and social media.  Positive support from parents/guardians are needed to avoid teenage problems that may arise.  School as the second closest environment has an important role to handle these problems.  Guidance and Counseling unit has this functions, it is to provide preventive and curative services to the potential problems.  Our team developed a psychoeducational program that could be duplicated by Guidance and Counseling unit at school, using online or offline methods.  This activity aims to produce and practice program modules in order to minimize teenage problems.  In addition, this program also provide parenting education for parents/guardians.  The output of this activity are scientific articles and program modules that can be used by teachers at SMP Bruderan Purwokerto.  

References

Hurlock, Elizabeth B. 2011. Psikologi Perkembangan : Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta : Erlangga.

Irwanto. 2002. Psikologi Umum. Jakarta : PT. Prenhallindo. Kartadinata, dkk,

Sunaryo. 1998. Bimbingan di Sekolah Dasar. Bandung : Depdikbud.

Walsh, J. 2010. Psychoeducation in Mental Health. Chicago : Lyceum Books, Inc.

Downloads

Published

2022-10-21