PENERAPAN TEKNOLOGI PETERNAKAN UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIFITAS TERNAK SAPI POTONG PADA PETERNAKAN RAKYAT

Authors

  • Agustina Abdullah
  • Djamila Mustabi
  • . Rismaneswati

DOI:

https://doi.org/10.20956/jdp.v4i2.7410

Abstract

Program Kemitraan Masyarakat (PKM) bertujuan untuk meningkatkan kapasitas peternak dalam pengetahuan dan keterampilan terhadap pemanfaatan teknologi peternakan dalam upaya meningkatkan produktifitas ternak sapi potong melalui inovasi teknologi peternakan, sehingga dapat memberikan kontribusi dalam peningkatan pendapatan dan kesejahteraan peternak. Kegiatan (PKM) dilakukan pada kelompok peternak sapi potong di Desa Timbuseng Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar Provinsi Sulawesi Selatan. Penentuan lokasi dan kelompok mitra dilakukan secara sengaja dengan pertimbangan bahwa aktivitas mitra selama ini melakukan usaha pemeliharaan ternak sapi potong secara tradisional, bersifat sambilan dan kurang memanfaatkan teknologi peternakan yang aplikatif, sehingga mempengaruhi produktifitas ternak sapi potong. Kegiatan (PKM) dilakukan dengan metode survey, ceramah, wawancara dengan menggunakan kuesioner kepada mitra anggota kelompok peternak, melakukan demplot dan pendampingan. Implementasi kegiatan dilakukan dengan introduksi teknologi perkandangan dan teknologi pakan. Hasil kegiatan (PKM) menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan dan keterampilan mitra dalam memanfaatkan teknologi peternakan yaitu teknologi perkandangan dan teknologi pakan. Untuk itu kegiatan (PKM) ini memberikan manfaat pada kelompok peternak sapi potong dalam upaya peningkatan dan optimalisasi pemeliharaan sapi potong dengan memanfaatkan berbagai teknologi peternakan sehingga dapat meningkatkan produktifitas ternak sapi potong pada peternakan rakyat.Kata kunci: kapasitas peternak, adopsi, teknologi, peternakan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, A Hikmah,J.A Syamsu. 2014. The Farmer’s Perception on Crop By Product Utilization as Feed for Beef cattle in Bulukumba Regency, South Sulawesi, Indonesia. Asian Journal of Agricultural Extencsion, Economics & Sociology.3(2): 129-17, 2014.

Astuti, T & Suharto. 1987. Penggemukan sapi potong menggunakan jerami padi amoniasi dan pakan konsentrat pada petani peternak di pedesaan. Lembah Hijau Multifarm, Solo.

Direktorat Jenderal Peternakan dan Keswan. 2011. Pendataan Sapi Potong, Sapi Perah dan Kerbau (PSPK). Direktorat Jenderal Peternakan dan Keswan, Jakarta.

Hikmah, Agustina, A, J.A. Syamsu. 2016. Community Development Berbasis Integrated Farming Dalam Pengolahan Limbah Pakan dan ternak Di Kabupaten Pinrang. Jurnal Dinamika Pengabdian Vol 1 No 2 Mei 2016.

Syamsu, J. A. 2001. Fermentasi Jerami Padi dengan Probiotik sebagai Pakan Ternak Ruminasia. Jurnal Agrista, 5 (3) : 280-283.

Yunus M, Farid, Nasaruddin. 2018. Pemberdayaan Kelompok Tani Sipatokkong Dan Mekar Dalam meningkatkan Ketersediaan Benih dan Produktifitas Padi Di Kecamatan Sibulue Kabupaten Bone. Jurnal Dinamika Pengabdian Edisi Khusus Vol 4 2018.

Downloads

Published

2019-08-27

How to Cite

Abdullah, A., Mustabi, D., & Rismaneswati, . (2019). PENERAPAN TEKNOLOGI PETERNAKAN UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIFITAS TERNAK SAPI POTONG PADA PETERNAKAN RAKYAT. Jurnal Dinamika Pengabdian, 4(2), 104-111. https://doi.org/10.20956/jdp.v4i2.7410