JIB

Editorial Policies

Focus and Scope

Ruang lingkup Jurnal Ilmu Budaya (JIB) mencakup hasil penelitian bidang bahasa, sastra  dan budaya dalam  konteks kekinian dengan menggunakan pendekatan interdisipliner.

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Publication Frequency

Jurnal Ilmu Budaya (JIB) diterbitkan oleh Departemen Sastra Prancis Fakultas Ilmu Budaya Universitas Hasanuddin. Terbit berkala dua kali setahun, Januari-Juni, dan Juni-Desember. 

 

Open Access Policy

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.

 

Publication Ethic

JURNAL ILMU BUDAYA (JIB)  adalah jurnal  nasional  yang bertujuan sebagai sumber informasi hasil-hail penelitian (lapangan atau kepustakaan), gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori  bidang ilmu bahasa, sastra dan budaya yang aktual. JIB menyediakan KODE ETIK bagi  penulis, editor, reviewer  yang berkaitan dengan kegiatan penerbitan di JIB:

  1. JIB hanya menerima tulisan (artikel) laporan hasil penelitian karya sendiri (bukan milik orang lain), yang dipresentasikan dengan jujur tanpa ada pemalsuan, manipulasi data yang tidak tepat. Naskah tulisan harus berisi hasil pemikiran aktual sehingga  rujukan bagi orang lain (pembaca) untuk mengutip (sitasi) tulisan yang dipublikasikan di JIB. Penulis  harus mengikuti pedoman pengajuan jurnal.
  2. Orisinalitas dan Plagiarisme: JIB menerima naskah yang asli tanpa ada plagiarisme. Kebijakan similaritas tulisan (self plagiarism) tidak lebih 5%. Penulis tidak diperkenangkan mngirimkan manuskrip yang sama ke lebih dari satu jurnal secara bersamaan. Diharapkan juga penulis tidak akan menerbitkan manuskrip atau manuskrip berlebihan yang menggambarkan penelitian serupa di lebih dari satu jurnal.