EFEK MIXTURE MARKETING TERHADAP LOYALITAS PASIEN DI RUANG RAWAT IN RUMAH SAKIT UMUM HAJI MAKASSAR 2017

Authors

  • Nurul Anisa
  • Darmawansyah Darmawansyah
  • Syamsiar S. Russeng

DOI:

https://doi.org/10.30597/jkmm.v1i1.8700

Abstract

Rumah sakit saling bersaing dalam memberikan pelayanan jasa kesehatannya kepada masyarakat. Penelitian inibertujuan mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi bauran pemasaran terahadap loyalitas pasien di RuangRawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Haji,Makassar. Jenis penelitian ini adalah survey analitikdengan pendekatan potong lintang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien di Instalasi Rawat InapRSUD Haji, Makassar. Sampel penelitian sebanyak 208 pasien yang ditentukan berdasarkan teknik penyampelanpurposif. Metode analisis data yang digunakan adalah chi square dan regresi logistik berganda. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa ada pengaruh variabel product (p=0.00), place (p=0.00), price (p=0.00), promotion(p=0.006), people (p=0.001), costumer servic e(p=0.00) dan performance (p=0.00). Tidak ada pengaruh variabelprofessional (p=0.124) dan process (p=0.485). Berdasarkan hasil uji regresi logistik berganda secara bersamaandiperoleh bahwa product merupakan variabel yang paling berpengaruh terhadap loyalitas pasien rawat inapRSUD Haji, Makassar.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2020-07-14

Issue

Section

Articles