KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN PASIEN PESERTA JKN-KIS DI BAGIAN RAWAT JALAN RSUD SYEKH YUSUF KABUPATEN GOWA PERSPEKTIF PELANGGAN INTERNAL DAN EKSTERNAL

Authors

  • Zilfadhilah Arranury
  • H. Indar
  • Ridwan M. Thaha

DOI:

https://doi.org/10.30597/jkmm.v1i3.8822

Abstract

Kualitas pelayanan pada dasarnya terkait dengan pelayanan yang baik, yaitu suatu sikap atau cara karyawandalam melayani pelanggan atau masyarakat secara memuaskan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuihubungan kualitas pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien peserta JKN-KIS di bagian rawat jalan RSUDSyekh Yusuf Kabupaten Gowa dari perspektif pelanggan eksternal. Jenis penelitan yang digunakan adalahpenelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional study. Populasi dalam penelitian ini adalah pasienpeserta JKN-KIS di bagian rawat jalan sebanyak 54.489 pasien. Teknik pengambilan sampel pada penelitian inimenggunakan teknik accidental sampling dengan besar sampel 369 orang. Analisis data yang dilakukan adalahunivariat dan bivariat dengan uji chi square. Hasil uji chi-square menunjukkan bahwa ada hubungan kualitaspelayanan variabel kehandalan (p= 0,032), jaminan (0,000), bukti fisik (0,027), empati (0,001), dan dayatanggap (0,000) terhadap kepuasan pasien di bagian rawat jalan RSUD Syekh Yusuf Kabupaten Gowa Tahun2018. Diharapkan semua variabel kualitas pelayanan yang berhubungan dengan kepuasan pasien lebihdiperhatikan dan dijadikan tolak ukur dalam peningkatan kualitas pelayanan di rumah sakit.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-12-24

Issue

Section

Articles