EFEK EKSPLOITASI MEDIA MASSA TERHADAP POPULARITAS PRESIDEN AMERIKA SERIKAT BARACK OBAMA DI KALANGAN AKTIVIS MAHASISWA DI KOTA MAKASSAR

Authors

  • Nanda Sukmawati Kartika Universitas Hasanuddin

DOI:

https://doi.org/10.31947/kjik.v1i4.315

Keywords:

effect, media exploitation, Obama, Student activists

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media massa terhadap isu populeritas Obama dalam Pemilihan Presiden Amerika Serikat dari tahun 2009 hingga 2013, dan pengaruh berita-berita yang dieksploitasi terhadap pendapat para aktivis mahasiswa di Makassar.  Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif  melalui analisis data yang direduksi, dipresentasikan, dan disimpulkan yang diperoleh darin hasil interview. Para informan adalah para mahasiswa dari Universitas Hasanuddin, Universitas Muslem Indonesia, Universitas 45, Universitas Negeri Makassar, dan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Unit analisisnya adalah berita-berita media massa tentang Obama dari pertengahan tahun 2008 sampai awal tahun 2009 dan tipe issu yang menyangkut tentang identitas ras Obama, latar belakang kehidupan Obama, Pandangan dunia Islam, dan masa anak-anak Obama di Indonesia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberitaan media massa memiliki pengaruh yang signifikan meski dalam jumlah kecil kapan saja masyarakat memperoleh informasi  secara kontinyu. Penelitian ini juga menemukan bahwa media massa memiliki pengaruh yang kuat terhadap pendapat para aktivis mahasiswa misalnyta dari televisi, internet, dan surat kabar. Dari aspek kategori sosial terhadap pendapat para aktivis mahasiswa cenderung sama terhadap pengaruh media.ABSTRACTThis research aims to find out the effect of mass media on the siginificant of issues of Obama’s popularity in the US President election from 2009 to 2013 and the effect of news exploitation in the form of student activist’s opinion in Makassar. This research was descriptive qualitative study through analysis of data reductiuon, data presentation, and data conclusion obtained through interview. The informans were student from Hasanuddin University, Indonesian Moslem University, 45 University, Makassar State University, Alauddin State Islamic University of Makassar. The unit of analysis were mass media news on Obama from mid 2008 to early 2009 and types of issues on Obama’s racial identity, Obama background, and Moslem world, Obama’s childhood in Indonesia. The result show that mass media have a significant effect even in a small amount when the public was informed continually . It is also found that certain mass media give strong effect to student activist’s opinion such as television, internet, and newspaper. Then social categories in sama level in this case Makassar student activist’s tent to have similar response to media effect. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asydhad Arifin, dkk. 2008. Menelusuri Jejak Barack Obama di Jakarta (penyunting Denny Indra). Mediakita: Jakarta

Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya.

Cangara, Hafied. 2009. Komunikasi Politik: Konsep, Teori Dan Strategi. PT. RajaGrafindo Persada: Jakarta.

De Fleur, Melvin L. 1970. Theories of Mass Communication. 2nd Edistion. David Mckay Company, Inc:US.

Denny J.A., 1990. Gerakan Mahasiswa dan Politik Kaum Muda era 80- an. CV. Miswar: Jakarta.

Departemen Luar Negeri Amerika Serikat. Februari 2004. Garis Besar Sejarah Amerika. Departemen Luar Negeri AS:USA.

Gregory, Anne. 2004. Perencanaan dan Manajemen: Kampanye Public Relations (penerjemah: Dewi Damyanti). Edisi kedua. Erlangga:Jakarta

Grunig, James E & Todd Hunt. 1984. Managing Public Relations. CBS College Publishing: NY.

Littlejohn, Stephen W. and Karen A. Foss. 2005. Theories of Human Communication. Eighth Edition. Thomson Wadsworth:USA

Lorimer, Rowland. 1994. Mass Communications: A Comparative Introduction. Manchester University Press:UK

Miller, Katherine. 2005. Communication Theories: Perspectives, Processes, and Contexts. International Edition. McGraw-Hill Companies, Inc: NY.

Obama, Barrack. 2006. Barack Obama: dari Jakarta Menuju Gedung Putih (terjemahan dari The Audacity of Hope: Thoughts on Reclaming the American Dream, diterjemahkan oleh Rusliani dan L. Rahman). Cetakkan 9. PT. Ufuk Publishing House:Jakarta.

Patilima, Hamid. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Edisi kedua. Alfabeta:Bandung.

Rachim, H. Abdullah. 2003. Dampak Sosialisasi Politik Orde Reformasi Melalui Media Massa: Suatu Studi Komunikasi Politik Ditinjau dari Segi Pendidikan. Program Pascasarjana Unhas. nUnpublished: Makassar

Severin, Werner J dan W. Tankard, jr. 2001. Teori komunikasi: sejarah, metode, dan terapan di dalam media massa (diterjemahkan oleh sugeng hariyanto). Edisi kelima. Prenada Media:Jakarta.

Straubhaar, J dan Robert LaRose. 1997. Communications Media in the Information Society. Wadsworth Publishing Company ITP: USA

Published

2016-06-20

How to Cite

Kartika, N. S. (2016). EFEK EKSPLOITASI MEDIA MASSA TERHADAP POPULARITAS PRESIDEN AMERIKA SERIKAT BARACK OBAMA DI KALANGAN AKTIVIS MAHASISWA DI KOTA MAKASSAR. Jurnal Matematika, Statistika Dan Komputasi, 1(4), 348-360. https://doi.org/10.31947/kjik.v1i4.315