ANALISIS KOVARIANSI RANCANGAN PETAK TERBAGI PADA RANCANGAN ACAK KELOMPOK (RAK) DENGAN DATA HILANG

Authors

  • YULIANA.DEWI Putri
  • Nasrah Sirajang
  • Nurtiti Sunusi

DOI:

https://doi.org/10.20956/jmsk.v14i2.3549

Abstract

Pada skripsi ini akan di kaji analisis kovariansi rancangan petak terbagi (split plot design) pada Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan satu data hilang. Analisis kovariansi pada rancangan petak terbagi dilakukan melalui dua analisis yaitu analisis petak utama dan analisis anak petak. Sebagai aplikasi selanjutnya diberikan studi kasus pada percobaan dengan satu data hilang. Dari  hasil analisis rancangan petak terbagi pada Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan satu data hilang diperoleh nilai koefisien keragaman dari analisis variansi lebih kecil dibandingkan analisis kovariansi. Hal ini menunjukkan analisis variansi lebih baik dibandingkan analisis kovariansi pada rancangan petak terbagi (split plot design) pada Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan satu data hilang. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Almimi, A., dkk. 2005, Follow-Up Designs to Resolve Confounding in Split-Plot Experiments.Arizona State University, Tempe, AZ 85287.

Auna, Atin. 2010, Analisis Kovarian Dalam Rancangan Bujur Sangkar Latin dengan data hilang. Skripsi tidak diplubikasikan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Bradley, J., dkk. 2009, ‘’Split-Plot Designs : What, Why, and How’’, Journal of Quality Technology, SAS Institute, Cary, NC 27513.

Erlina. 2010, Analisis Kovarians Pada Rancangan Bujursangkar Hyper Graeco Latin. Universitas Negeri Yogyakarta.

Gaspersz, V., 1991, Metode Perancangan Percobaan. Bandung: CV. Armico.

Kwanchai, G. A., dan Arturo, A. G.,1983, Prosedur Statistika Untuk Penelitian Pertanian.

Neter, J., dan Wasserman,W., 1997, Applied Linier Statistical Model Regression, Analysis of Variance and Eksperimental Design. Illionis : Richard D.R.Win.

Ratna,S., 1997, Analisis Variansi Percobaan Petak Terbagi.Makassar : Universitas Hasanuddin.

Steel, R.G.D., dan Torrie, J.H., 1993. Prinsip dan Prosedur Statistika Suatu Pendekatan Biogeometrik. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama

Sudjana.2002, Desain dan Analisis Eksperimen Edisi Ketiga. Bandung : Tarsito.

Walpole, E., 1995, Pengantar Statistika Edisi Ketiga Terjemahan. Jakarta : PT. Gramedia.

William,C.,S., 1987, Statistika Untuk Biologi, Farmasi, Kedokteran, dan Ilmu Yang Bertautan. Bandung: Institut Teknologi Bandung.

Downloads

Published

2018-03-19

How to Cite

Putri, Y., Sirajang, N., & Sunusi, N. (2018). ANALISIS KOVARIANSI RANCANGAN PETAK TERBAGI PADA RANCANGAN ACAK KELOMPOK (RAK) DENGAN DATA HILANG. Jurnal Matematika, Statistika Dan Komputasi, 14(2), 114-120. https://doi.org/10.20956/jmsk.v14i2.3549

Issue

Section

Research Articles

Most read articles by the same author(s)