Pengujian Avalanche Weight Distribution (AWD) Criterion pada Algoritma Serpent

Authors

  • Sandromedo Christa Nugroho

DOI:

https://doi.org/10.20956/jmsk.v15i1.4419

Keywords:

Pengujian AWD, Algoritma Serpent

Abstract

Berdasarkan pada jenisnya, algoritma kriptografi dapat diklasifikasikan kedalam 3 jenis, yaitu algoritma asimetrik, algoritma simetrik dan algoritma fungsi hash. Teknik untuk mengukur level kekuatan dan keamanan pada algoritma simetrik, baik algoritma stream cipher maupun algoritma block cipher adalah dengan menggunakan serangan dan pengujian, salah satu teknik pengujian yang umum digunakan pada algoritma block cipher adalah Avalanche Weight Distribution (AWD) Criterion, yaitu sebaran histogram dari hamming weight vektor avalanche pada cipherteks yang merupakan kriteria untuk sebuah analisis sifat konfusi dan difusi pada suatu algoritma block cipher. Tulisan ini akan membahas mengenai pengujian AWD menggunakan 20.000 sample plainteks dengan 4 karakteristik kunci pada salah satu algoritma finalis kompetisi Advanced Encryption Standard (AES) yang diselengarakan oleh National Institute of Standards and Technology (NIST), Amerika Serikat, yaitu algoritma Serpent, serta melakukan perbandingan hasil pengujiannya dengan algoritm-algoritma block cipher finalis AES dan standar pada negara lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikan, Savas. 2003. Propagation Characteristics of RC5, RC6, and Twofish Ciphers. Thesis. School of Natural and Applied Sciences of Middle Esat Technical University.

Kavut, Selcut. Yucel D Melek. On Some Cryptographic Properties of Rijndael. Middle East Technical University and Information Technologies and Electronic Research Institute.

National Institute of Standards and Technology (NIST). Federal Information Processing Standart Publication (FIPS) 197. 2001. Advanced Encryption Standart (AES).

Soto Juan. 1999. Randomness Testing of the Advance Encryption Standard Candidate Algorithms. US Department of Commerce. Technology Administration.

Sulak, Fatih. 2011. Statistical Analysis of Block ciphers and Hash Functions. Thesis. Middle East Technical University.

Webster. Tavares. On the Design of S-boxes. Queen’s University. Kingston. Canada.

Downloads

Published

2018-07-04

How to Cite

Nugroho, S. C. (2018). Pengujian Avalanche Weight Distribution (AWD) Criterion pada Algoritma Serpent. Jurnal Matematika, Statistika Dan Komputasi, 15(1), 13-20. https://doi.org/10.20956/jmsk.v15i1.4419

Issue

Section

Research Articles