Identifikasi Lokasi Sebaran Pencemaran Air di Kawasan Permukiman Kota Pontianak

Naomi Nessyana Debataraja, Dadan Kusnandar, Rossie Wiedya Nusantara

Abstract


 Air mempunyai peranan penting bagi aktivitas kehidupan manusia. Aktifitas manusia dalam kehidupan sehari-hari menghasilkan limbah yang berbeda-beda yang dapat mengakibatkan menurunnya kualitas air.  Aktifitas manusia dalam kehidupan sehari-hari menghasilkan limbah yang berbeda-beda yang dapat mengakibatkan menurunnya kualitas air. Kota Pontianak sebagai ibukota Kalimantan Barat merupakan daerah yang tingkat pemukimannya cukup padat. Kondisi ini disertai dengan laju pertumbuhan penduduk yang cukup besar. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan lokasi untuk pengambilan sampel air dan menentukan variabel sebagai indikator pencemaran air. Teknik pengambilan sampel secara stratified sampling. Variabel yang digunakan dalam menentukan lokasi pengambilan sampel diantaranya adalah batas administrasi, luas wilayah, jumlah penduduk dan kepadatan penduduk. Variabel-variabel tersebut kemudian divisualisasikan dalam bentuk peta tata guna lahan dengan menggunakan Sistem Informasi Geografis (SIG). Diperoleh 58 titik lokasi pengambilan sampel air dan tiga indikator pencemaran air di kawasan permukiman.


Keywords


Sistem Informasi Geografis, standar baku mutu, higiene sanitasi, sampling techniques

Full Text:

PDF

References


Haumahu, J.P., 2010. Effect of Density Settlement on Chemical Quality of Groundwater in Ambon City (Case Study in Alluvial Plain between Batu Merah River and Batu Gantung River). Jurnal Budidaya Pertanian 7: pp. 21-28.

Wardhana, W.A. 2003. Dampak Pencemaran Lingkungan. Jakarta: Penerbit Andi.

Lillesand, T.M., Kieffer, R.W, 1997. Penginderaan Jauh dan Interpretasi Citra. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta

Setiawan F, 2010 Aplikasi Penginderaan Jauh dan GIS untuk Penentuan Lokasi TPA Sampah di Kota Surabaya. Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2010 (SNATI 2010).

Sugiarto, 2001. Teknik Sampling. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

BPS, 2010. Peraturan Kepala Badan Pusat Statistik Nomor 37 Tahun 2010 Tentang Klasifikasi Perkotaan dan Perdesaan di Indonesia. Cetakan II. Jakarta

Republik Indonesia, 2017. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2017 Tentang Standar Baku Mutu Kesehatan Lingkungan dan Persyaratan Kesehatan Air Untuk Keperluan Higiene Sanitasi, Kolam Renang, Solus per Aqua dan Pemandian Umum. Sekretariat Negara. Jakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.30597/jmsk.v15i1.4421

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




  Departemen Matematika,

Fakultas MIPA, Universitas Hasanuddin

 Indonesia

INDEXED BY

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.