Eksistensi Dan Ketunggalan Titik Tetap pada Pemetaan Kontraksi Tergeneralisasi dalam Ruang b-Metrik

Authors

  • Afif Budi Andy B Hasanuddin University
  • Naimah Aris
  • Budi Nurwahyu

DOI:

https://doi.org/10.20956/jmsk.v16i2.7701

Keywords:

Ruang Metrik, Ruang b-Metrik, Titik Tetap, Generalisasi Pemetaan kontraksi, Pemetaan kontraksi rasional.

Abstract

Ruang b-metrik merupakan generalisasi dari ruang metrik. Salah satu bahasan yang menarik untuk dikaji dalam ruang b-metrik adalah teorema titik tetap. Pada penelitian ini, ditunjukkan syarat cukup untuk menjamin bahwa eksistensi dan ketunggalan titik tetap untuk beberapa pemetaan kontraksi tergeneralisasi dalam ruang b-metrik, termasuk generalisasi pemetaan kontraksi dalam bentuk rasional. Beberapa contoh diberikan untuk menjamin keberadaaan dan ketunggalan titik tetap di ruang b-metrik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agarwal, Ravi P., Meehan, M. Dan O’Regan, D. 2004. ”Fixed Point Theory and Applications.” London: Cambridge University Press.

Ciric, Ljubomir B. 1971. ”Generalized Contraction and Fixed-Point Theorems”. Publication De L’Institut Mathematique.

Czerwik, S. 1993. “Contraction Mapping in b-Metric Space”. Acta Math. Inf. Univ Ostravinsis, 5-11.

Dubey, A.K., Shukla, R. dan Dubey, R. P. (2014). “Some Fixed Point results in b-metric space”. Asian J.Math. Appl, 1-6. India.

Kir, Mehmet dan Kiziltunc, H. 2013. ”On Some Well Known Fixed Point Theorms in b-metric Spaces”. Turkish Jurnal of Analysis and Number Theory Vol. 1. Turki. Science and Education Publishing.

Nurwahyu, Budi. 2017. ”Fixed Point Theorems for Generalized Contraction in Quasi αb-Metric Spaces”. FJMS Volume 101. Allahabad:India. Pushpa Publishing House.

Sarwar, M., & Rahman, M. U. (2015). “Fixed Point Theorms For Ciric’s And Generelized Contraction in b-Metric Spaces”. International Journal of Analysis and Application Volume 7, 70-78. India.

Rahmasari, C., Sunarsini, dan Sadjidon. ”Konvergensi Barisan dan Teorema Titik Tetap pada ruang b-Metrik”. Jurnal Sains dan Seni ITS. Surabaya: Indonesia.

Downloads

Published

2019-12-19

How to Cite

Andy B, A. B., Aris, N., & Nurwahyu, B. (2019). Eksistensi Dan Ketunggalan Titik Tetap pada Pemetaan Kontraksi Tergeneralisasi dalam Ruang b-Metrik. Jurnal Matematika, Statistika Dan Komputasi, 16(2), 208-218. https://doi.org/10.20956/jmsk.v16i2.7701

Issue

Section

Research Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>