STUDY PERSEPSI PASIEN KUALITAS PENYEDIAAN MAKANAN TERHADAP CITRA RUMAH SAKIT UMUM JAYAPURA

Gustiani Pakendek, A.L Rantetampang

Abstract


Latar belakang : Persaingan rumah sakit yang ketat memerlukan daya saing rumah sakit yang tinggi. Salah satunya adalah dengan meningkatkan kualitas pelayanan makanan. Kualitas pelayanan makanan rumah sakit akan berpengaruh terhadap citra rumah sakit. 

Tujuan : penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh persepsi kualitas pelayanan makanan yang terdiri atas kualitas menu makanan, kualitas penampilan makanan, kualitas rasa makanan, kualitas penyaji makanan, ketepatan waktu penyajian makanan terhadap citra rumah sakit. 

Metodologi penelitian : Pendekatan penelitian ini deskriptif kuantitatif cross sectional. Penelitian ini dilaksanakan di RSUD Jayapura. Jenis data primerdan sekunder. Instrumen penelitian ini adalah kuesioner. Populasi ini adalah pasien rawat inap RSUD Jayapura yang sedang menjalani perawatan. Teknik pengambilan sampel menggunakanPurposive Sampling. Metode pengumpulan data menggunakanwawancara, kuesioner, observasi. Teknik analisis menggunakan analisis univariat, bivariarat dan multivariat dengan analisis regresi logistic.

Hasil penelitian : variabel persepsi kualitas menu makanan (X1) berpengaruh signifikan terhadap citra rumah sakit dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. variabel  persepsi penampilan makanan (X2) berpenngaruh signifikan terhadap citra rumah sakit (Y) dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Variabel persepsi kualitas  rasa makanan (X3) berpengaruh signifikan terhadap citra rumah sakit dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Variabel persepsi kualitas penyajian makanan (X4) berpengaruh signifikan terhadap citra rumah sakit dengan tingkat signifikansi 0,000  < 0,05. Variabel persepsi kualitas penyaji makanan (X5) berpengaruh signifikan terhadap citra rumah sakit dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Variabel persepsi kualitas ketepatan waktu penyajian (X6) berpengaruh signifikan terhadap citra rumah sakit dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. 

 

Kata kunci : pelayanan makanan, citra rumah sakit,kualitas


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING

       

 

View My Stats