STUDI KARAKTERISTIK DAN KUALITAS BOD DAN COD LIMBAH CAIR RUMAH SAKIT UMUM DAERAH LANTO DG. PASEWANG KABUPATEN JENEPONTO

Rahmat B. Anwar Mallongi

Abstract


Rumah Sakit sebagai salah satu tempat atau sarana pelayanan untuk menangani, merawat dan pengobatan akan menghasilkan limbah cair dalam jumlah yang cukup banyak dan kualitasnya perlu mendapat perhatian karena di dalamnya mempunyai bahan yang berbahaya bagi kesehatan masyarakat dan lingkungannya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran mengenai karakteristik dan kualitas BOD, COD air limbah di Rumah Sakit Umum Daerah Lanto Dg. Pasewang Kabupaten Jeneponto Tahun 2015.Jenis penelitian yang digunakan adalah observasional dalam pendekatan deskriptif.Teknik sampling yang digunakan adalah teknik purposive sampling, Sampel dalam penelitian ini adalah air limbah yang berasal dari 2 titik yaitu Inlet dan Outlet IPAL.

Berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium terhadap sampel air limbah Rumah Sakit Umum Daerah Lanto Dg. Pasewang Kabupaten Jeneponto, dapat ditarik kesimpulan bahwa kadar BOD pada inlet dengan nilai rata-rata 112,3 mg/l, pada Outlet dengan nilai rata-rata 58 mg/l tidak memenuhi syarat, dan kadar COD pada inlet IPAL dengan nilai rata-rata 234,6 mg/l, pada Outlet IPAL dengan nilai rata-rata 92,3 mg/l tidak memenuhi syarat sesuai Standar Baku Mutu Air Limbah Cair Kegiatan Rumah Sakit berdasarkan Peraturan Gubernur Sulawesi Selatan Nomor : 69 Tahun 2010 Tentang Baku Mutu dan Kriteria Kerusakan Lingkungan Hidup Lampiran II Poin D.3 Baku Mutu Air Limbah Bagi Kegiatan Rumah Sakit.

Diharapkan kepada pihak pengelolah dan manajemen rumah sakit untuk mengalokasikan dana operasional yang dibutuhkan dalam rangka pemeliharaan Instalasi Pengolahan Air Limbah terutama pada tangki aerob/anaerob serta filtrasi.

Kata Kunci : Kualitas Air Limbah, BOD, COD, Suhu, dan pH


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING

       

 

View My Stats