Main Article Content

Abstract

Meningkatkan kualitas taraf hidup masyarakat dalam program pembangunan diberbagai bidang, perguruan tinggi dituntut untuk senantiasa terus menerus meningkatkan kualitas pelaksanaan Tridharma perguruan tinggi secara terpadu dan bersistem, terutama dalam hal pengabdian kepada masyarakat. Program  service community yang dilaksanakan di Sanggar Bimbingan SENTUL Kuala Lumpur Malaysia berguna untuk meningkatkan taraf pendidikan dan kesehatan anak-anak pekerja migran Indonesia yang berstatus  stateless yang berjumlah sebanyak 41 orang anak. Program ini ditujukan bagi anak-anak yang tidak bisa mengenyam pendidikan dan kesehatan,  karena tidak ada peluang sekolah di Malaysia.  kebanyakan pekerja migran Indonesia yang ada bekerja di Negara Malaysia bekerja di sektor Non Formal dengan rata-rata masih berpendidikan rendah. Sanggar Belajar Bimbingan muncul sebagai jawaban dari pemenuhan pendidikan anak-anak WNI pekerja migran ilegal karena tidak memiliki dokumen seperti paspor dan izin tinggal. Kegiatan ini konsen kepada 2 bidang, yaitu pendidikan dan kesehatan yang meliputi beberapa program diantaranya adalah penyuluhan mengenai wawasan kebangsaan dengan tujuan memperkuat rasa rasa nasionalisme dan ke-Indonesiaannya, selain itu juga ada program penyuluhan dan latihan menyikat gigi, pemerikasaan status gizi, literasi dengan pembagian buku bacaan. Pengabdian kepada Masyarakat yang bertaraf Internasional berkolaborasi dengan Universitas Hasanuddin (UNHAS), Universitas Negeri Makassar(UNM), Universitas Kebangsaaan Malaysia (UKM) Malaysia, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI), Kementerian Kesihatan Malaysia, Institut Terjemahan Buku Malaysia(ITBM). Output kebijakan dari program ini adalah menjadikan Universitas berstandar internasional (World Class University) yang menjadi motor penggerak pada kegiatan pengabdian masyarakat pada skala Internasional.

Keywords

Stateless Literasi wawasan kebangsaan

Article Details

References

Read More