Main Article Content

Abstract

Kelurahan Tolo Timur memiliki produk lokal, yaitu kain tope atau kain birang yang dipasarkan secara tradisional di Pasar Rakyat Tolo atau konsumen mendatangi rumah pengrajin sehingga jangkauan pasar dari produk belum luas. Namun, kain birang telah digunakan pada kegiatan-kegiatan yang mewakili daerah dan telah dipasarkan pada kegiatan INACRAFT 2023. Keterbatasan pengrajin dalam memasarkan produknya menunjukkan potensi yang besar untuk memperkenalkan kepada pengrajin kain birang pemasaran dengan memanfaatkan teknologi. Oleh karena itu, pemasaran produk lokal dengan memanfaatkan teknologi tepat untuk dilaksanakan sehingga pengrajin kain birang dapat mengetahui tentang pemasaran secara digital sehingga jangkauan pasar menjadi lebih luas. Selain memperluas jangkauan pasar, kegiatan pengabdian ini memberikan identitas pada produk berupa nama dan logo merek dagang. Kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan menggunakan metode observasi dan wawancara serta berdiskusi mengenai rencana untuk mengatasi permasalahan yang ada. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah adanya identitas pada produk lokal dan tersedia media untuk memperluas jangkauan pasar sehingga jangkauan pasar yang dilakukan oleh pengrajin lebih luas.

Keywords

kain birang pemasaran produk lokal teknologi

Article Details

References

Read More

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.