PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTS AS’ADIYAH NO.33 BABU’E KABUPATEN LUWU UTARA

Authors

  • Marhana Marhana Departemen Sastra Asia Barat, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Hasanuddin

Abstract

MARHANA, “Pembelajaran Bahasa Arab di MTs As’adiyah No.33 Babu’e Kabupaten Luwu Utara” dibimbing oleh Muh. Nur Latif dan Supratman. Skripsi ini membahas tentang Pembelajaran Bahasa Arab di MTs As‟adiyah No.33 Babu‟e Kabupaten Luwu Utara, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode pembelajaran yang digunakan di MTs As’adiyah No.33 Babu’e serta efektifitas metode pembelajaran tersebut terhadap tingkat penguasaan bahasa Arab siswa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan analisis Kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII dan Siswa kelas VIII. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, adapun metode pembelajaran yang digunakan di MTs As’adiyah No.33 Babu’e adalah Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Terjemah, dan Metode Meniru dan Menghafal. Dari beberapa metode tersebut masih banyak siswa yang kurang senang belajar bahasa Arab karena kurangnya inovasi pembelajaran dari guru, namun kendala yang dihadapi guru tidak sepenuhnya berasal dari guru itu sendiri akan tetapi kurangnya fasilitas yang memadai juga sangat mempengaruhi untuk membentruk metode pembelajaran yang lebih kreatif dan inovatif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A Agussalim. 2009. Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Komputer Terhadap Kemampuan Penggunaan Damir Pada Siswa SD Islam Terpadu wihdatul Ummah Kecamatan Panakkukang Kota Makassar. Universitas Hasanuddin

Ali, Hasan, dkk. 2011. “Pedoman Penulisan dan Pelaksanaan Ujian Skripsi”. Pedoman Penulisan Skripsi. Makassar: Fakultas Sastra Universitas Hasnuddin.

Alkasuba, Ahmad Mukhlasin. 2012. “Bahasa Arab dan Metode Pembelajarannya”. http://ahmadmukhlasinalkasuba.blogspot. com. (Diakses 26 Februari 2014).

Amrullah, M. Amin. 2013. Panduan Menyusun Proposal, Skripsi, Tesis dan Disertasi. Smart Pustaka.

Bawani, Imam. 1987. Tata Bahasa Bahasa Arab I Tingkat Permulaan. Surabaya: Al-Ikhlas.

Daryanto. 2009. Panduan Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Jakarta: AV Publisher.

Djajasudarma, Fatimah. 1993. Metode Linguistik Ancangan Metode Penelitian dan Kajian. Bandung: Eresco.

al-Ghalāyīny, Syikh Mustafa. 1992. Terjemah Jam‟ud Durusi Arabiyyah. Jilid I. Dialihbahasakan oleh Moh. Zuhri, Dkk. Semarang: CV.

Asy Syifa’. Trisuciani, Fitriah. “Pengaruh Metode Cooperative Learning Model Jigsaw Terhadap Penguasaan Kosakata Bhasa Arab Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pangkajene Kabupaten Pangkep”. Skripsi Sarjana. Makassar: Fakultas Sastra Universitas Hasanuddin.

Haeruddin, H. (2020). PPMU-PKM Madrasah Ibtidaiyyah Abu Hurairah Sudiang. Khazanah Pengabdian, 1(1), 12-18. Retrieved from https://journal.unhas.ac.id/index.php/kp/article/view/8098

Hamid, Abdul, dkk. 2008. Pembelajaran Bahasa Arab. Malang : UIN- Malang Pres.

Hermawan, Asep.. 2011. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Cetakan kedua. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Jihad, Asep, dan Abdul Haris. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Cetakan pertama. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Keraf, Gorys. 1991. Tata Bahasa Rujukan Bahasa Indonesia untuk Tingkat Pendidikan Menengah. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia. 73

Khalilullah, M. 2009. Media Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: Aswaja Pressindo.

Komalasari, Kokom. 2013. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Cetakan ketiga. Bandung: PT Refika Aditama.

Downloads

Published

2022-11-06 — Updated on 2023-01-19

Versions

How to Cite

Marhana, M. (2023). PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTS AS’ADIYAH NO.33 BABU’E KABUPATEN LUWU UTARA. Jurnal Sarjana Ilmu Budaya, 2(2 (Mei). Retrieved from http://journal.unhas.ac.id/index.php/jsbsk/article/view/19489 (Original work published November 6, 2022)