PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN HIDAYATULLAH MAKASSAR

Penulis

  • Muqayyimah

Abstrak

Penerapan pembelajaran bahasa Arab, guru harus memiliki strategi agar siswa dapat belajar secara efektif dan efisien, langkah untuk memilih strategi adalah dengan menguasai teknik-teknik penyajian, yang biasa disebut metode pembelajaran. Telah dilakukan penelitian Pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Pesantren Hidayatullah Makassar dengan tujuan mendeskripsikan metode apa saja yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab, dan menjelaskan metode pembelajaran bahasa Arab yang digunakan di Pondok Pesantren Hidayatullah Makassar. Penelitian dilaksanakan dengan mengumpulkan data sekunder dan data primer yang menggunakan pendeketan bersifat kualitatif dan dikemukakan secara deskriptif. efektifitas mengajar guru ketika menggunakan metode langsung dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas menggunakan metode langsung dalam pembelajaran bahasa Arab cukup baik, serta efektifitas belajar murid dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas yang menggunakan metode langsung juga baik. Adapun solusi dari faktor penghambat peserta didik adalah santriwati harus senantiasa menambah perbendaharaan kosa-kata baru setiap hari, baik yang berasal dari kamus, guru maupun pengurus pondok, santriwati mencatat istilah-istilah konteporer (asing) kemudian mencari artinya dalam kamus bahasa Arab atau langsung menanyakan kepada guru bahasa Arab serta menghafalkannya.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

AECT. 1986. Defenisi Teknologi Pendidikan. Jakarta : PAU-UT dan CV. Rajawali.

Arief S. Sadiman, dkk. 1998. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta : Pustekkomp Dikbud dan CV. Rajawali.

Asyrofi, Syamsuddin, dkk. 2006. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab.Yogyakarta. Pokja. Akademik UIN Sunan Kalijaga.

Baso, Y. S. (2006). Materi Pelajaran Interaktif Bahasa Arab Berbasis Web Dan CD. Jurnal Nady al-Adab. Tahun ke-4, Nomor, 1.

Baso, Y. S. (2008). PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB. Nady Al-Adab : Jurnal Bahasa Arab, 5(2), 48-54. https://doi.org/10.20956/jna.v5i2.3866

Baso, Y. S. (2009). Cara Mudah Membuat Latihan Interaktif Pembelajaran Bahasa. Malang, Penerbit Myskat.

Baso, Y. S. (2013). Program Multimedia Bahasa Arab. Padang: Prosiding PINBA IMLA. Degeng, I.N.S. dan Miarso, Y. 1993. Desain Pembelajaran:Teori ke Terapan. Malang : FPS IKIP Malang.

Djamarah, Syaiful Bahri, dkk. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. Rineka Cipta. Edisi Revisi.

Gagne, R.M. 1988. Essensial of Learning for Intruction. Alih Bahasa Abdillah, A. Manan. Surabaya : Usaha Nasional.

Haeruddin, H. (2020). PPMU-PKM Madrasah Ibtidaiyyah Abu Hurairah Sudiang. Khazanah Pengabdian, 1(1), 12-18. Retrieved from https://journal.unhas.ac.id/index.php/kp/article/view/8098

Marini. 2012. Efektifitas Penggunaan Metode Gallery Walk dalam Meningkatkan Kemampuan Santri pada Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Al-fatah Tarakan. Skripsi Sarjana. Makassar : Fakultas Sastra Universitas Hasanuddin.

Mulyanto, Sumardi. 1974. Pembelajaran Bahasa Asing Sebuah Tinjauuan dari Segi Metodologi. Jakarta. Bulan Bintang.

Sirajuddin, Heppi. 2012. Analisis Metode Pembelajaran Bahasa Arab pada Santri Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Manahilil ulum DDI Kaballangan KAB. Pinrang. Skripsi Sarjana. Makassar. Fakultas Sastra Universitas Hasanuddin.

Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. 1989. Teknologi Pengajaran. Bandung : Sinar Baru.

Sutrisno, Hadi. 1991. Metodologi Research. Jakarta : Andi Offset.

Sugiyono. 2009. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Suryosubroto, B. 2010. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta. PT. Rineka Cipta.

Sastrawijaya, A, Tresna. 1991. Pengembangan Program Pembelajaran. Jakarta.

Yamin, Martimis. 2005. Sepuluh Kiat Sukses Mengajar di Kelas. Jakarta : PT. Nimas Multima.

Zuhriah, Z. (2008). PENYIMPANGAN-PENYIMPANGAN UNSUR SERAPAN BAHASA ARAB DALAM BAHASA INDONESIA. Nady Al-Adab : Jurnal Bahasa Arab, 5(2), 65-71. https://doi.org/10.20956/jna.v5i2.3868

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-11-06 — Diperbaharui pada 2023-01-21

Versi

Cara Mengutip

Muqayyimah. (2023). PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN HIDAYATULLAH MAKASSAR. Jurnal Sarjana Ilmu Budaya, 2(1 (Januari). Diambil dari http://journal.unhas.ac.id/index.php/jsbsk/article/view/20183 (Original work published 6 November 2022)