Al-QIYᾹS DAN ISTIṢḤᾹB AL-ḤAL DALAM MENETAPKAN KAIDAH-KAIDAH NAḤWU ALIRAN AL-BAṢRAH

Penulis

  • Muhlisah Amalia Arif

Abstrak

Penelitian ini berupa Al Qiyas dan Istishab al Hal dalam meneta[pkan kaidah-kaidah Nahwu aliran Basrah. Qiyas adalah sumber kaidah-kaidah nahwu dan yang di buat dasar untuk menerangkan masalah tentang Seperti yang dikatakan al-Kisaiy bahwasannya nahwu adalah qiya>s yang dijadikan panutan. Dan ini juga termasuk salah satu sumber dalam penggalian hukum dalam ilmu ushul nahwu. Dia berperan dalam merumuskan kaidah kebahasaan seiring dengan dimulainya perumusan dasar-dasar ilmu nahwu. Menurut Ibnu Jinni al-istishabul hal adalah keluarnya kalam dari arena cakupannya karena tidak ada dalil yang menunjukan makna yang dimaksud. Sedangkan menurut Abu-al-Baraka>t al-Anbari istisaḥābu al- hal adalah menentapkan lafaz sebagaimana awal mula tanpa ada perpindahan makna dari asal”.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abd. al-Ḥamid al-Sayyid Ṭilib. 1976. Tārikh al-Naḥwu wa Usụluh . al-Qāhirah: Maktabah al-Shabāb.

al-Akhfash, Sa’yd bin Ma’adah al-Majāsh’y al-Balkhy.1981a. Ma’āny al-Qur’an. al-Kuwayt: alshārikah al-Kueaytiyyah. al-Alūsy, al-Sayyid Mahmud Shukry. al-Ḍarāir wa mā yasghū li al-Shā’ir dūna al-Naẓir. Bagdad: Dār al-Bayān.

al-Anbāry, Kamāl al-Dyn Abu Barakāt ‘Abd al-Raḥmāan .1953 . al-Insāf Fi Masāil al-Khilāf bayn al-Naḥwiyyin al-Baṣriyyin al-Kūfiyyin. al-Qāhirah: Maṭba’ah al-Hijāz.

al-Anṣāry, Aḥmad Makky. 1964. Abū Zakariyā al-Farrā’ wa Madhhabuh fi al- Naḥwu wa al-Lughah. al-Qāhirah: al-Majlis al-A’la Li Ri’āyat al-Funūn wa al-Adab wa al-‘Adab wa al-Ulūm al-Ijtimā’iyyah. Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta. ‘Atyq, ‘Abd al-‘Aziz . T.th. al-Madkhal ilā ‘ilm al-Nahwu wa al-Ṣarf. Bayrūt: Dār al-NahḌah al-‘Arabiyyah.

Baso, Y. S. (2006). The Preverbal Negation Particles In Arabic. Makassar, South Sulawesi Indonesia: Hasanuddin University.

Baso, Y. S. (2006). Materi Pelajaran Interaktif Bahasa Arab Berbasis Web Dan CD. Jurnal Nady al-Adab. Tahun ke-4, Nomor, 1.

Baso, Y. S. (2008). LANGUAGE USED AND LANGUAGE CHOICES. Nady Al-Adab : Jurnal Bahasa Arab, 3(2), 66-74. https://doi.org/10.20956/jna.v3i2.3832 Ḍayf Shawqi . 1968. al-Madāris al-Naḥwiyyah . al-Qāhirah: Dār al-Ma’ārif.

Effendy, Ahmad Fuad. 2002. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat.

Ḥayyan, al-Andalūsy al-Gharnaty. 1986. Tadhkirat al-Nuhūt Bayrūt: Mu’assat al- Risālah.

Hikmat, Mahi M. 2011.Metode Penelitian dalam Perspektif Ilmu Komunikasi dan Sastra. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Ibn Jinny, Abū al-Fatḥ ‘Uthmān. 1983. al-Khaṣāiṣ . Bayrūt: ‘Ᾱlam al-Kutub.

Kahar, Eka Adhary. 2008.”Kemampuan Membaca Bahasa Arab Siswi Madrasah Tsanawiayah As’adiyah Putri Ii Pusat Sengkang Kabupaten Wajo”. Skripsi Sarjana. Makassar: Universitas Hasanuddin.

Kholisin, cikal bakal ilmu Nahwu. 2014. http://forumstudinahwu. Blogspoot.com (14 September 2014)

Mahsun. 2012. ”Metode Penelitian Bahasa”.Jakarta: PT RajaGrapindo Persada.

Safā, Najmuddin H.Abd. 2008. Bahasa dan Seni.http//bagaimanakah-proses- kelahiran ilmu.html (14 September 2014)

al-Sayyid, ‘Abd. Al-Rahman. 1968. Madrasat al-Bas}rah al-Nah}wi>yah: Nash’atuhā Wa taṭawwuruhā. Cet. Ke-1. Al-Qāhirah: Dār al-Ma’ārif.

Suharso dan Ana Retnoningsih. 2013. Kamus Besar Bahasa Indonesia.Semarang: Widya Karya.

al- Suyūṭy, Abu al-Faḍl ‘Abd.alRaḥmān Jalal al-Din bin Aby Bakr. 1987. Al- Munẓir fi Ulūm al-Lughah wa anwāihā. Al-Qahirah: Dār al-Iḥyā al-Kutub al-Arabiyyah.

Zuhriah. (2012). Gaya Bahasa Dalam Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia (Suatu Analisis Kontrastif). Tesis. Makassar: Universitas Islam Negeri Alauddin

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-11-06

Cara Mengutip

Arif, M. A. (2022). Al-QIYᾹS DAN ISTIṢḤᾹB AL-ḤAL DALAM MENETAPKAN KAIDAH-KAIDAH NAḤWU ALIRAN AL-BAṢRAH. Jurnal Sarjana Ilmu Budaya, 2(1 (Januari). Diambil dari http://journal.unhas.ac.id/index.php/jsbsk/article/view/20190