MAKNA HARF AL-JAR الباء (AL-BA’) PADA SURAH ALI-IMRAN (Suatu Tinjauan Semantik)

Penulis

  • Dwiyanti

Abstrak

Skripsi ini membahas tentang makna h}arf al-ja>rr الباء (al-ba’) dalam al-Qur’an terkhusus pada surah ali-Imran. penelitian ini bertujuan mengidentifikasi dan menganalisis makna-makna h}arf alja> r الباء (al-ba’) pada surah ali-Imran. Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis adalah penelitian kepustakaan (library research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif karena pada penelitian ini penulis hanya memaparkan dan mendeskripsikan suatu fenomena. Adapun teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah metode simak yang dijabarkan melalui teknik catat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ayat yang menggunakan harf al-jar الباء (al-ba’) dalam surah ali-Imran yaitu 86 ayat yang masing-masing terbagi dalam beberapa makna harf al-jar الباء (al-ba’) yaitu: Bermakna التعدي ة (mengganti/transitif), الاستعانة (alat bantu), bermakna السببية (sebab), bermakna المصاحبة (berteman/sama), bermakna الظرفية (keterangan), bermakna المقابل ة (imbalan), bermakna المجاوزة (melampaui/tentang), bermakna الاستعلاء (di atas/terhadap), bermakna الغاية (ke/kepada), bermakna Sebagai tambahan yang masuk pada maf’ul ( الزائدة المفعول ) dan bermakna sebagai tambahan yang masuk pada khabar ( .(الزائدة الخبر Berdasarkan pada hasil penelitian yang telah penulis jabarkan di atas, menunjukkan bahwa dari 14 makna harf al-jar الباء (al-ba’) tidak semua makna terdapat dalam surah ali-Imran melainkan hanya beberapa makna.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Al-Qur’an dan Terjemahannya. Anwar, Moch., dan Anwar Abu Bakar. 2013. Ilmu Nahwu Terjemahan Al- Jurumiyyah dan ‘imrithy Berikut Penjelasannya. Cet 28. Bandung: Sinar Baru Al-gensindo.

Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Asis, Abdul. 2005. “Penggunaan Aplikasi dan Pemahaman harf al-jarr dalam al- Qur’an” (Suatu Tinjauan Semantik). Skripsi. Makassar: Fakultas Sastra, Universitas Hasanuddin.

Baso, Yusring Sanusi. 2016. Metode Pembelajaran Bahasa Arab Online Berbasis Learning Management System. Makassar: Program Studi Sastra Arab Universitas Hasanuddin.

Chaer, Abdul. 1994. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Djajasudarma, Fatimah. 1999. Semantik I (Pengantar Kearah Ilmu Makna). Bandung: PT Refika Aditama.

Djupri, Ghaziadin.Tth. Ilmu Nahwu Praktis Terjemahan Matan-Ajurumiah. Surabaya: Apollo.

al-Ghalayini, Mustafa. 2000. Jami al-ddurus al-‘arabiyyah. Jilid 3. Bayrut: Al- Maktabah al-Ashriyyah.

Gising, Basrah. 2006. Metode Penelitian Bahasa dan Sosian: Bacaan Bagi Peneliti Pemula. Cet I. Makassar: Eramedia Press.

Haeruddin, H. (2020). Kelas Kata Ajektifa dalam Bahasa Arab. Nady Al-Adab : Jurnal Bahasa Arab, 17(1), 37-49. https://doi.org/10.20956/jna.v17i1.10070

Haeruddin, H. (2020). أدوات الاستفهام و استعمالها فى سورة آل عمران. Nady Al-Adab : Jurnal Bahasa Arab, 3(1), 32-42. https://doi.org/10.20956/jna.v3i1.3823

Hornai, Fitri. 2015. “Makna Harf Jarr من (min) dan Penggunaannya dalam al- Qur’an al-Karim (Suatu Tinjauan Semantik)”. Skripsi. Makassar: Fakultas Sastra, Universitas Hasanuddin.

Ibnu Hisyam, al-Imam abi Muhammad Abdullah Jamaluddin ibn Yusuf ibn Ahmad ibn Abdullah al-ansari. 1991. Mugni al-Labib ‘an Kutub al-aa‘r ib. Bayrut: Al-Maktabah al-Ashriyyah.

Ibn Katsir, Ismail. 2003. Tafsir Ibnu Katsir. Jilid 2. Diterjemahkan oleh: Abdul Goffar. Jakarta: Pustaka Imam Syafi’i. 96

Keraf, Gorys. 2004. Komposisi. Flores: Nusa Indah.

Kridalaksana, Harimurti. 2001. Kamus Linguistik. Edisi 3. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Mahsun. 2014. Metode Penelitian Bahasa (Tahapan, Strategi, Metode dan Tekniknya). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Nuswar. 2009. “H}arf Ja>rr Ila> ( إلى ) dan Penggunaannya dalam al-Qur’a>n al-Kari>m (Suatu Tinjauan Semantik)”. Skripsi. Makassar: Fakultas Sastra, Universitas Hasanuddin.

Pateda, Mansoer. 2001. Semantik Leksikal. Jakarta: Rineka Cipta.

Ratna, Nyoman Kutha. 2004. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Razim Abu dan Ummu Razim. 2014. Ilmu Nahwu Untuk Pemula. Pustaka Bisa

Safa, Najmuddin Abdul. 2015. Bahsun Lugawy. Tangerang Selatan: Rabbani Press

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&DI. Bandung: Alfabet.

Suryabrata, Sumadi. 2014. Metodologi Penelitian. Jakarta: Rajawali Press

Tajuddin, Shafruddin. 2008. Ilmu Dalalah (Sebuah Pengantar Kajian Semantik Arab). Jakarta Timur: Maninjau.

Verhaar.J.M.W. 2006. Asas-Asas Linguistik Umum. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

YS Baso. 2017. Teori Itu-Nya Yang; Cara Mudah Menjermahkan Teks Bahasa Indonesia Ke Teks Bahasa Arab. Pusat Kajian Media dan Sumber Belajar LKPP UNHAS

az-Zahrah, Fatimah Fahmi. 2009. “Makna h}arf al-Ba’ dan penggunaannya dalam al-Qur’an ul-Karim” (Suatu Tinjauan Semantik). Skripsi. Makassar: Fakultas Sastra, Universitas Hasanuddin.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-11-06

Cara Mengutip

Dwiyanti. (2022). MAKNA HARF AL-JAR الباء (AL-BA’) PADA SURAH ALI-IMRAN (Suatu Tinjauan Semantik). Jurnal Sarjana Ilmu Budaya, 1(2 (Mei). Diambil dari http://journal.unhas.ac.id/index.php/jsbsk/article/view/20534