KONFLIK DALAM NOVEL AL-MAḤBŪBĀT KARYA ALIYA MAMDŪḤ (SUATU TINJAUAN INTRINSIK)

Penulis

  • Ayu Rahmaningsih

Abstrak

Skripsi ini membahas tentang konflik dalam novel al-Maḥbūbāt karya Aliya Mamdūḥ. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi konflik yang terdapat pada novel, serta menganalisis penyebab terjadinya konflik dan konflik yang menyebabkan klimaks. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pustaka. Metode pengumpulan data menggunakan metode penelitian kepustakaan, melalui catat secara cermat, sedangkan metode analisis data dengan menggunakan metode analisis deskriptif yaitu memberikan gambaran yang jelas tentang permasalahan sesuai data yang ada. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, ditemukan konflik internal dan eksternal. Adapun konflik internal yang terjadi karena ancaman, rasa malu, pertentangan ide, kecemasan dan rasa takut, ragu-ragu dan keputusasaan. Konflik eksternal berupa konflik sosial dan konflik fisik. Konflik sosial berwujud menginginkan perhatian orang lain, konflik yang mengakibatkan kekerasan fisik, penolakan, kekesalan dan konflik karena perintah. Konflik fisik berwujud kecelakaan antara pemuda dengan bongkahan es ketika sedang berski. Adapun penyebab terjadinya konflik internal adalah perbedaan pendapat, kurang menerima keadaan, bingung menentukan keputusan, sedangkan konflik eksternal di sebabkan oleh harapan yang berlebih, tidak adanya rasa cinta, bertepuk sebelah tangan, keinginan yang berbeda. Konflik yang mencapai klimaks adalah Suhaila sendiri, penolakan Nadir, konflik dengan Sonia, penantian Suhaila terhadap suaminya dan akumulasi dari berbagai kekerasan fisik yang dialami Suhaila dari suaminya.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Adi, Rochani Ida. 2011. Fiksi Populer Teori dan Metode Kajian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Aziez dan Abdul Hasim. 2015. Menganalisis Fiksi Sebuah Pengantar. Bogor: Ghalia Indonesia.

Baso, Yusring Sanusi. 2016. Model Pembelajaran Bahasa Arab Online Berbasis Learning Management System. Makassar: Program Studi Sastra Arab Universitas Hasanuddin.

Departemen, Pendidikan Kebudayaan. 1989. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Dwijayanti, A. 2012 Desember 11. Sebab, Akibat dan Penyelesaian Konflik. http://pustakasosiologi.blogspot.co.id/2012/12/sebab-akibat-danpenyelesaian- konflik. (diakses 22 maret 2017).

Esten, Mursal. 2013. Kesusastraan Pengantar Teori dan Sejarah. Bandung: Angkasa.

al-Faishal, Muhammad al-aziz A. 1405 H. al-adab al-arabi wa Tarikhuh. Riyadh: al-mamlakah al-arabiyah al-su'udiyah .

Halik, Idham. 2011. "Konflik dalam Novel Granada-Genosida kebudayaan di Andalusia Karya Radwar Ashour". Skripsi Sarjana. Makassar: Fakultas Sastra Universitas Hasanuddin.

Hasany, Zain Azzah. 2007. al- Qur'an Puncak Selera Sastra. Surakarta: Ziyad.

Hikmat, Mahi M. 2011. Metode Penelitian dalam Prespektif ilmu Komunikasi dan Sastra. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Husaeni, Muhammad. 2010. " Hamāmah Salām karya Nājib El-kailānī" Skripsi Sarjana. Makassar: Fakultas Sastra Universitas Hasanuddin. Jaudah, Suroyya Abdul Mun'im. 1991. Dirāsah Tārīkhiyyah wa Fanniyyah fi al- Maqālah wa al-Qissati wa al-Masrahhiyyah. Kairo: Universitas al-Azhar. 82

Mamdūḥ, Aliya. 2008. al–Maḥbūbāt.Cet. Ke-3. Bayrūt: Dār al-Sāqy

___________. 2010. al–Maḥbūbāt, Orang-orang tercinta dialih bahasakan Oleh Yulaechah Fitriyah. Ciputat: Pustaka Alvabet.

Muzakki, Ahmad. 2016. Kesusastraan Arab Pengantar Teori dan Terapan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Nurgiyantoro, Burhan. 2002. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Pujiharto. 2012. Pengantar Teori Fiksi. Yogyakarta: Ombak .

Syarifuddin. 2012. " Konflik dalam Novel terjemahan Ukhruj Minhā Yā Mal’un Karya Saddam Hussein" Skripsi Sarjana. Makassar: Fakultas Sastra Universitas Hasanuddin.

Tarigan, Henry Guntur. 2011. Prinsip-Prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.

Teeuw, Andreas. 2015. Sastra Dan Ilmu Sastra. Bandung: Pustaka Jaya.

Wellek, Rene dan Austin Warren. 2014. Teori Sastra. jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Wicaksono, Andri. 2014. Pengkajian Prosa Fiksi. Jogjakarta: Garudhawaca

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-11-06

Cara Mengutip

Rahmaningsih, A. (2022). KONFLIK DALAM NOVEL AL-MAḤBŪBĀT KARYA ALIYA MAMDŪḤ (SUATU TINJAUAN INTRINSIK) . Jurnal Sarjana Ilmu Budaya, 1(2 (Mei). Diambil dari http://journal.unhas.ac.id/index.php/jsbsk/article/view/20536