KONFLIK DALAM NOVEL FADAYTUKI YĀ LAYLA KARYA YŪSŪF AL-SIBĀ‘Ī (SUATU TINJAUAN INTRINSIK)

Penulis

  • Kartini

Abstrak

Skripsi ini membahas tentang konflik dalam novel “fadaytuki yā layla”karya Yūsūf al-Sibā‘ī.Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi konflik yang terdapat pada novel, serta menganalisis penyebab terjadinya konflik dan konflik yang menyebabkan klimaks. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pustaka.Metode pengumpulan data menggunakan metode penelitian kepustakaan, melalui teknik catat secara cermat, sedangkan metode analisis data dengan menggunakan metode analisis deskriptif yaitu memberikan gambaran yang jelas tentang permasalahan yang sesuai data yang ada. Berdasarkan penelitain yang dilakukan, ditemukan konflik internal dan eksternal.Adapun konflik internal berwujud rasa khawatir, pertentangan ide dan kekecewaan.Konflik eksternal terdiri atas konflik fisik dan konflik sosial.Konflik fisik berwujud kematian mendiang Layla yang meninggal karena jatuh dari kincir angin.Adapun konflik sosial berwujud kekesalan, ketakutan, heran dan keterpaksaan.Penyebab konflik pada novel ini terbagi pada dua bagian konflik iternal dan eksternal, penyebab konflik internal adalah pertentangan diri kejiwaan.Adapun penyebab konflik eksternal adalah memaksakan kehendak dan perbedaan keinginan.Sedangkan konflik yang menyebabkan terjadinya klimaks dalam novel “fadaytuki yā layla”karya Yūsūf al-Sibā‘īberwujud karena Ibrahim memiliki rasa bersalah yang tinggi atas kematian adiknya yaitu Layla kecil dan Ibrahim tidak dapat menjelaskan perasaannya kepadaLayla yang membuatnya meninggal dunia.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Adi, Ida. Rochani. 2011. Fiksi Populer Teori dan Kajian . Yogyakarta: Pustaka Pelajar. al-Sibā’ī, Yūsūf.T.th.fadaytuki yā layla.Miṣr: Maktabah Miṣr.

al-Sibā’ī, Yūsūf. 2006. Wahyu cinta di alexandria. Diahlibahasakan oleh Saiful Rahman Barito.Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Ashim, D. e. (2015, Oktober 28). Profil Dr Hani As-Siba’i: Ulama Mesir Pemerhati Dunia Jihad. Retrieved Agustus 25, 2017, from https://www.kiblat.net/2015/10/28/profil-dr-hani-as-sibai-ulama-mesirpemerhati- dunia-jihad/: https://www.kiblat.net/2015/10/28/profil-dr-hanias- sibai-ulama-mesir-pemerhati-dunia-jihad.

Aziz, Furqonul dan Abdul Aziz. 2015. Menganalisis Fiksi Sebuah Pengantar. Bogor: Ghalia Indonesia.

Esten, Mursal. 2013. Kesusatraan Pengantar Toeri dan Sejarah. Bandung: Angkasa.

Hadi, Abdul. 2014. Hermeneutika Sastra Barat dan Timur . Jakarta: Sadra Press.

Halik, Idham. 2011. Konflik Dalam novel Granada-Genosida. Makassar: Universitas Hasanuddin.

Husein, Muhammad. 2014. Konflik Dalam Novel Hamamah Salam. Makassar: Universitas Hasanuddin.

Kamus Besar Bahasa Indonesia.T.th. Gitamedia Press.

Kosasih, E. 2014. Dasar- Dasar K eterampilan Bersastra. Bandung: Yrama Widya.

Ma'mun, Titin Nurhayati. 2015. Ilmu Arudl . Bandung : Unpad Press.

Manẓūr, Muhammad. T.th. al- adab wa Madhzahibuh . Kairo: Nahdlah Misr.

Muttaqin. 2016, September Kamis. Konflik Sosial, Pengertian, Ciri, Sebab, dan Akibat yang Ditimbulkannya. Retrieved April senin , 2017, from 67 http://www.muttaqin.id/2016/09/konflik-sosial-pengertian-ciri-sebabakibat. html.(Di akses 06-Mei-2017)

Muzakki, Ahmad. 2006. Kesusastraan Arab Pengantar Teori dan Terapan. Jogjakarta: Ar-Ruzz

Nurgiyantoro, Burhan. 2002. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Anggota IKAPI. Pujiharto. 2012. Pengantar Teori Fiksi. Yogyakarta: Ombak.

Siswanto, Wahyudi. 2008. Pengantar Teori Sastra. Jakarta: Grasindo.

Soemardjan, Selo dkk. T.th. Budaya Sastra . Jakarta : Rajawali.

Tarigan, Henry Guntur. 2011. Dasar-Dasar Prinsip Sastra. Bandung: Angkasa.

Teew, A. 2015. Sastra dan Ilmu Sastra. Bandung: Pustaka Jaya.

Welek Rene dan Austin Werren .2014.Teori Sastra. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Zaidan, Abdul Rojak dkk.2007. Kamus Istilah Sastra. Jakarta: Balai Pustaka

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-11-06

Cara Mengutip

Kartini. (2022). KONFLIK DALAM NOVEL FADAYTUKI YĀ LAYLA KARYA YŪSŪF AL-SIBĀ‘Ī (SUATU TINJAUAN INTRINSIK). Jurnal Sarjana Ilmu Budaya, 1(3 (September). Diambil dari http://journal.unhas.ac.id/index.php/jsbsk/article/view/20554