PERILAKU KONSUMEN PADA PEMBELIAN BERAS DI KOTA MAKASSAR (Cunsomer Behavior on Purchasing Rice in Makassar City)

Main Article Content

Yulfirah Yusuf
A. Amrullah
A. Nixia Tenriawaru

Abstract

One of the variables that cause differences in consumer behavior of rice is income. The purpose of this study is to identify the level of consumer income, rice attributes selected by consumers, and analyze the relationship between the level of consumer income with rice attributes. This research was conducted in Makassar City which is in traditional market of Pa'baeng-baeng and modern market of Lotte Mart. The object of research is the direct consumers who come shopping in the market Pa'baeng-baeng and Lotte Mart consists of 30 respondents respectively. The method of analysis is done by descriptive and Chi Square. The results show that the quality, packing, and price attributes are related to the income level. While the physical attributes of rice are not related to income levels.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Yusuf, Y., Amrullah, A. and Tenriawaru, A. N. (2018) “PERILAKU KONSUMEN PADA PEMBELIAN BERAS DI KOTA MAKASSAR (Cunsomer Behavior on Purchasing Rice in Makassar City)”, Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 14(2), pp. 105-120. doi: 10.20956/jsep.v14i2.3695.
Section
Articles
Author Biography

Yulfirah Yusuf, Universitas Hasanuddin

Program Studi Agribisnis,Departemen Sosial Ekonomi Pertanian, Fakultas Pertanian,UniversitasHasanuddin, Makassar

References

Aji, J.M., Widodo A. 2010. Perilaku Konsumen pada Pembelian Beras Bermerk di Kabupaten Jember dan Faktor yang Mempengaruhinya. J-SEP 4 (3).

Arini, St. R. L., M.H. Jamil, A.N. Tenriawaru. 2018. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen dalam Keputusan Pembelian Beras di Kota Makassar. digilib.unhas.ac.id/.../M2ExMGM4MDVmYjliYmM5ZmVjZDBkYWU4OGM5 OGViN2

Badan Pusat Statistik. 2008. Analisis Perkembangan Statistik Ketenagakerjaan (Laporan Sosial Indonesia 2007). Jakarta Pusat: Badan Pusat Statistik.

Balai Besar Penelitian Tanaman Padi. 2016. Warta Penelitian dan Pengembangan. Vol. 28(6). Diakses tanggal 24 November 2016.

Damardjati, D.S. dan Endang Y.P. 1991. “Mutu Beras”, dalam Buku 3, Eds: Soenarjo dkk, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan, Bogor.

Davidson, D.J. and Freudenburg, W.R. 1996. Gender and environmental risk concerns : a review and analysis of available research, Environment and Behavior, Vol. 28 No. 3, pp. 302.

Eka Putra, I.K.T., Sukaatmadja, I.P.G., Yasa, N.N. K., 2016. Perilaku Konsumen Mengkonsumsi Beras Organik Di kota Denpasar Berdasar Theory of Planned Behavior. EJurnal Ekonomi Dan Bisnis

Universitas Udayana 5.8(2016): 2609-2638.

Engel, J.F. et al., 1994, Consumer Behavior, Jilid 1, Alih Bahasa Budiyanto, Penerbit : Binarupa Aksara, Jakarta.Penerbit : Erlangga, Jakarta

Fitriani, L., 2015. Konsep Pendidikan K.H. AHMAD DAHLAN. Universitas Pendidikan Indonesia: repository.upi.

Haryadi. 2006. Teknologi Pengolahan Beras. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Ikasari, D.M., Deoranto, P., Silalahi, R.L.R., dan Citraresmi, A.D.P., 2016. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Beras Organik. Jurnal Teknologi Pertanian Vol. 17 No. 1 [April 2016] 69-78.

Irawan, B. 2010. Analisis Pendapatan Dan Kesejahteraan Rumah Tangga Petani Pada Agroekosistem Tipe Sawah Tadah Hujan Dan Lahan Kering Di Kabupaten Lampung Selatan. Skripsi Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian. Fakultas Pertanian. Universitas

Lampung. Bandar Lampung.

Juliano, B. O. 1994. Improving Starch For Food And Industrial Application. Current Opinion in Plant Biology 7 (2) : 210-218.

Kotler dan Amstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Erlangga

Moehyi, S. 1992. Makanan Institusi dan Jasa Boga. Jakarta : PT Bharata.

Nazir, M. 2005. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Purwaningsih, B., 2009. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Pola Perilaku Konsumen Beras Organik (Studi Exploratif Mengenai Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Pola Perilaku Konsumen Beras Organik di Surakarta). Skripsi, Fakultas Ilmu Sosial dan

Ilmu Politik, Universitas Sebelas Maret, Surakarta. 164 halaman.

Rahmawati. 2013. Ekologi Keong Bakau (Telescopium elescopiumk, Linnaeus 1758). Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Rianse dan Abdi. 2008. Metodologi Penelitian Sosial dan Ekonomi Teori dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.

Setiawan, A., Zakaria, W.A., Indriani, Y., 2016. Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Beras Organik Produksi Kabupaten Pringsewu (Consumer Behaviour Of The Organic Rice Pringsewu Regency Production). JIIA, Volume 4, No. 2, Mei 2016.

Soekartawi. 1993. Usaha Tani dan Penelitian Untuk Pengembangan Petani Kecil. Jakarta: UI Press.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung, Alfabeta.

Sujana, Asep ST. 2005. Manajemen Ritel Modern. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Sumarwan, U., et al. 2011. Riset Pemasaran dan Konsumen: Panduan Riset dan Kajian Kepuasan, Perilaku, Pembelian, Gaya Hidup,Loyalitas dan Persepsi Risiko. Bogor: IPB Press.

Wawan, A dan Dewi, M. 2010. Teori dan Pengukuran Pengetahuan , Sikap dan Perilaku Manusia. Yogyakarta: Nuha Medika.