PENGAMBILAN KEPUTUSAN KONSUMEN PADA PEMBELIAN BERAS DI KOTA MAKASSAR

Ferawati Ferawati, Saadah Saadah, A. Amrullah

Abstract


ABSTRAK

 

Beras merupakan komoditas pangan yang banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia. Dengan hadirnya beras bermerek dan tidak bermerek dalam penjualan beras di pasaran perlu dilakukan studi tentang perilaku konsumen agar kebutuhan konsumen terhadap produk beras sesuai dengan harapan. Setiap saat konsumen mengalami perubahan dalam mengkonsumsi. Perubahan yang akan berpengaruh langsung terhadap pola perilaku konsumen diantaranya segmentasi pasar. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengidentifikasi segmentasi geografi, demografi, psikografi dan tingkah laku, 2) menganalisis proses pengambilan keputusan yang dilakukan konsumen dalam pembelian beras dan 3) menganalisis hubungan segmentasi geografi, demografi, psikografi dan tingkah laku konsumen dengan keputusan pembelian beras. Penelitian ini dilaksanakan di Pasar Terong Makassar. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan uji chi square. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: 1) konsumen beras sebagian besar adalah berjenis kelamin perempuan dengan usia dewasa, sudah menikah dan jumlah anggota keluarga sedikit, jarak rumahnya dekat dengan lokasi pembelian, tingkat pendidikan rendah, bekerja dan pendapatan dikategorikan rendah, bergaya hidup sederhana dan memilki kepribadian dogmatisme, 2) semua konsumen beras melakukan seluruh tahapan pengambilan keputusan pembelian yaitu pengenalan masalah, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembelian dan perilaku pasca pembelian dan 3) Tidak terdapat hubungan antara segmentasi geografi dan psikografi dengan keputusan pembelian. Pada demografi dari segi jenis kelamin, usia, status pernikahan, pekerjaan, jumlah anggota keluarga tidak terdapat hubungan dengan keputusan pembelian sedangkan dari segi tingkat pendidikan dan pendapatan keluarga menunjukkan adanya hubungan yang positif terhadap keputusan pembelian. Pada segmentasi tingkah laku, manfaat yang dicari konsumen tidak ada hubungan keputusan pembelian sedangkan status loyalitas menunjukkan adanya hubungan dengan keputusan pembelian.

Kata Kunci: Konsumen; Segmentasi Pasar; Beras.

ABSTRACT

 

Rice is a food commodity that is consumed by many Indonesians. With the presence of branded and non-branded rice in the sale of rice on the market, it is necessary to study consumer behavior so that consumer needs for rice products are in line with expectations. Every time consumers experience changes in consumption. Changes that will directly influence consumer behavior patterns include market segmentation. This study aims to: 1) identify geographic, demographic, psychographic and behavioral segmentation, 2) analyze consumer decision-making processes in purchasing rice and 3) analyze the relationship between geography, demography, psychography and consumer behavior with rice purchasing decisions. This research was carried out at the Makassar Terong Market. The analytical method used is descriptive analysis and chi square test. The results of the study concluded that: 1) rice consumers were mostly women of adult age, married and the number of family members was small, the distance of his house was close to the location of purchase, low education level, work and income were categorized as low, simple lifestyle and personality dogmatism, 2) all rice consumers carry out all stages of purchasing decisions, namely problem recognition, information seeking, alternative evaluation, purchasing decisions and post-purchase behavior and 3) There is no relationship between geographical segmentation and psychography with purchasing decisions. In demographics in terms of gender, age, marital status, employment, the number of family members there is no relationship with purchasing decisions while in terms of education level and family income shows a positive relationship to purchasing decisions. In behavior segmentation, the benefits sought by consumers have no relationship to purchasing decisions while loyalty status indicates a relationship with purchasing decisions.

Keywords: Consumer; The market segmentation; Rice.

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistika Kota Makassar. 2017. Kota Makassar

Dalam Angka 2017. Katalog BPS (online). (https://makassarkota.bps.go.id/publication/2017/08/17/fd1f693590464095a91ae5ad/kota-makassar-dalam-angka-2017.html diakses pada tanggal 30 Januari 2018 pukul 21.46 WITA).

Hastono, Sutanto Priyo. 2007. Analisis Data Kesehatan. Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat. Universitas Indonesia.

Irawan, B. 2010. Analisis Pendapatan Dan Kesejahteraan Rumah Tangga Petani Pada Agroekosistem Tipe Sawah Tadah Hujan Dan Lahan Kering Di Kabupaten Lampung Selatan (Skripsi). Bandar Lampung: Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian. Fakultas Pertanian. Universitas Lampung.

Kotler dan A.B. Sutanto. 2008. Manajemen Pemasaran Di Indonesia (Analisis, Perencanaan, Implementasi Dan Pengendalian). Jakarta: Penerbit Selemba Empat.

Notoatmodjo, S. 2010. Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Prasetijo, Ristiyanti. 2005. Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Andi Offset.

Rahmawati. 2013. Analisis Proses Keputusan Pembelian Beras Pada Carrefour Permata Hijau (Skripsi). Bogor: Departemen Manajemen. Fakultas Ekonomi Dan Manajemen. Institut Pertanian Bogor.

Soekartawi. 1993. Agribisnis Teori Dan Aplikasinya. Raja Garfindo Persada. Jakarta.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R& D. Bandung: Alfabeta.

Sumarwan, U. 2011. Perilaku Konsumen: Teori Dan Penerapannya Dalam Pemasaran. Jakarta: Ghalia Indonesia. Umar, Husein. 2003. Metode Penelitian: Aplikasi Dalam Pemasaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Yuniarti. 2002. Analisis Perilaku Konsumen Produk Beras Kemasan Pada Kaum Wanita (Skripsi). Bogor: Jurusan Ilmu Sosial Ekonomi Pertanian. Fakultas Pertanian. Institut Pertanian Bogor.

Yusuf, Yulfirah. 2018. Perilaku Konsumen Pada Pembelian Beras di Kota Makassar (jurnal). Makassar: Program Studi Agribisns. Fakultas Pertanian. Universitas Hasanuddin.

Schiffman, Leon dan Leslie L. Kanuk. 2008. Perilaku Konsumen. Edisi ketujuh. Alih bahasa oleh Zoelkifli Kasip. Jakarta: PT. Indeks.




DOI: http://dx.doi.org/10.20956/jsep.v15i1.5800

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By:

    

 Tools: