Pembuatan Bio Baterai Berbahan Dasar Kulit Pisang

Authors

  • Nurfazri Pulungan Pendidikan Kimia, Universitas Negeri Medan
  • Marpaung Ade Febria Pendidikan Kimia, Universitas Negeri Medan
  • Irawati Desma Pendidikan Kimia, Universitas Negeri Medan
  • Ramadhanti Dian Ayuningsih Pendidikan Kimia, Universitas Negeri Medan
  • Yuliani Nila Pendidikan Kimia, Universitas Negeri Medan

Keywords:

Biobaterai, Kulit Pisang, Tegangan, Elektrolit

Abstract

Baterai merupakan suatu benda yang sudah tidak asing lagi dalam kehidupan manusia. Baterai banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya pada jam dinding, remot tv, senter, dan lain-lain. Beberapa baterai komersil yang dipakai pada saat ini diproduksi dengan bahan-bahan berbahaya seperti merkuri, timbal, dan nikel. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi limbah baterai tersebut adalah dengan mendaur ulang produksi baterai menggunakan bahan alami seperti yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu limbah dari kulit pisang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tegaangan (voltase) yang dihasilkan dari biobaterai dan daya tahan biobaterai yang terbuat dari limbah kulit pisang. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa kulit pisang dapat mengantarkan arus listrik, sehingga dapat digunakan untuk menggantikan elektrolit pada baterai komersil yang berpotensi sebagai pembuatan bio- baterai. Hasilnya, jenis kulit pisang yang paling baik digunakan sebagai elektrolit baterai adalah Pisang Ambon.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Nurfazri Pulungan, Pendidikan Kimia, Universitas Negeri Medan

Departement of ChemistryStudent College

References

Achmad, H. 2001. Kimia Larutan. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.

Chang, Raymond. 2005. Kimia Dasar: Konsep-konsep Inti Jilid I. Jakarta: Erlangga.

Hendri, Yasni, dkk. 2005. Pengaruh Jenis Kulit Pisang dan Variasi Waktu Fermentasi Terhadap kelistrikan Dari Sel Accu Dengan Menggunakan Larutan Kulit Pisang. Pillar Of Phyisc Vol. 6.

Jayashantha, N., Jayasuriya, K.D., dan Wijesundera, R.P. 2012. Biodegradable Plantain Pith for Galvanic Cells. Srilangka. Proceedings of the Technical Sessions(28) :92-99.

Marsudi, MT. 2013. Teknisi Otodidak Sepeda Motor Bebek Belajar Teknik dan Perawatan Kendaraan Ringan Mesin. (Penerbit Andi : Yogyakarta).

Prabawati, dkk. 2013. “Unsur Serapan Dalam Novel 5 cm Karya Donny Dhirgantoro Dan Implikasinya”. Journal. Lampung : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung.Vol 01, No.07.

Satuhu, S. dan A. Supriadi ., 1990. Pisang Budidaya Pengolahan dan Prospek Pasar. Penebar Swadaya: Jakarta.

Triwibowo, Joko. 2011. Rekayasa Bahan LixTMnxFez (PO4)3 sebagai Katoda Solid Polymer Battery (SPB) Lithium. Tesis. Universitas Indonesia: Depok

Ziyanuddin, Urba dan Pathrikar, Anand. 2003. Future Bio Bateray. Internasional Journal Of Research In Rekayasa dan teknologi eISSN: 2319-1163.

Downloads

Published

2017-12-27

Issue

Section

Articles