PERANCANGAN FTP SERVER DENGAN KEAMANAN SSL PADA KAMPUS AMIK IBNU KHALDUN PALOPO

dasril dasril

Abstract


Data dalam bentuk digital merupakan salah satu bentuk utama penyimpanan data. Dengan sendirina, pertukaran data dalam bentuk digital merupakan satu hal yang penting dalam pertukaran data tersebut. File adalah salah satu bentuk data digital yang bentuknya dapat dilihat dan dipindahkan. Untuk melakukan pertukaran data ini, maka protokol yang menspesifikasikan bagaimana data dipertukarkan, dan salah satu protokol yang banyak digunakan adalah File Transfer Protocol, yang biasa disebut sebagai FTP. Dalam protokol ini, terdapat dua entitas yang penting, yaitu FTP Server, yang berfungsi sebagai penyedia layanan FTP, dan FTP Client yang dapat dijadikan sebagai peminta layanan FTP Pada Amik Ibnu Khaldun Palopo telah dilengkapi dengan sistem jaringan yang memadai. Proses pertukaran data telah dilakukan dengan menggunakan file sharing antar komputer satu ke komputer Iain. Saat ini pada AMIK Ibnu Khaldun Palopo belum tersedia secara tidak langsung atau implisit komputer jarak jauh, tempat penyimpanan bagi pengguna, transfer data yang handal dan efisien. Untuk mengatasi masalah yang terjadi pada AMIK lbnu Khaldun Palopo, maka peneliti menawarkan solusi untuk melengkapi sistem jaringannya dengan menginstall File Transfer Protokol (FTP) dengan menggunakan Secure Sockets Layer (SSL).


Full Text:

PDF PDF

References


Artikel dalam website

admin (2011) Pengertian & Cara Kerja (SSL) Secures Socket Layer - Blog Skerta - Informasi seputar internet dan Teknologi. Available at: skerta.com (Accessed: 22 September 2018).

irianto (2007) MODEL JARINGAN 7 OSI LAYER. Available at: irianto.staff.gunadarma.ac.id.

Artikel dalam buku

Arman, M. (2017) ‘Rancang Bangun Pengamanan FTP Server dengan Menggunakan Secure Sockets Layer’, 9(1), pp. 16–23.

irianto (2007) MODEL JARINGAN 7 OSI LAYER. Available at: irianto.staff.gunadarma.ac.id.

Muh. Afif Penasih Putra Jaya BS. Muhammad Armansyah Misra (2018) ‘PENGEMBANGAN INFRASTRUKTUR JARINGAN PADA SMK NEGERI 1 DEPOK YOGYAKARTA’, 58, p. 23.

Niswati, L. N. (2007) ‘Pengertian Singkat Tentang Sniffing’, pp. 1–2.

Jurnal ilmiah primer

Sakti, B., Aziz, A. and Afrizal, D. (2013) ‘Uji Kelayakan Implementasi SSH sebagai Pengaman FTP Server dengan Penetration Testing’, 2(1).

Satria, R. (2009) ‘Membangun ftp server pada windows server 2008 di lembaga penyiaran publik tvri’.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Keteknikan dan Sains (JUTEKS) Indexed by