Analisis Hedonic Cosmetic Shopping Motives Pengguna Aplikasi TikTok
Abstract
Media sosial terus berkembang dan mengalami kenaikan jumlah pengguna. Salah satunya adalah aplikasi TikTok. Media sosial berbasis video ini menjadi semakin populer dan penggunanya semakin kreatif dalam membuat konten. Salah satu konten yang selalu menjadi tren di TikTok adalah konten kecantikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa hedonic shopping motives para pengguna aplikasi TikTok yang aktif menonton konten kecantikan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif- eksploratif dengan sampel penelitian sebanyak 100 responden yang merupakan pengguna aktif TikTok. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa pengguna TikTok yang selalu menonton konten kecantikan cenderung memiliki sikap hedonis saat berbelanja kosmetik, dilihat dari frekuensi di temukan bahwa hedonic cosmetic shopping motives yang paling dominan adalah gratification shopping, yang artinya sikap hedonis tersebut menimbulkan rasa puas ketika berbelanja kosmetik atau produk kecantikan yang sedang populer atau viral di TikTok.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.