PILKADA DALAM PEMBERITAAN DI HARIAN RADAR SELATAN (Analisis Isi Objektivitas Berita Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Bulukumba Di Harian Radar Selatan)

Authors

  • Ainun Jariah Yusuf Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin
  • Alem Febri Sonni Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin

DOI:

https://doi.org/10.31947/kjik.v5i1.1879

Keywords:

Content Analysis, Objectivity, Local Newspaper

Abstract

Numerous data have shown big influence of media in shaping public opinion. By segmented news about local issues, wich reached 85%, Radar Selatan expose many news about the elections. This newspaper hold very important role in spread information and escort issues in the Bulukumba elections. The purpose of this study was to determine the tendency of Belukumba election in Radar Selatan Newspaper in terms of objectivity. This study was conducted over three months, starting in March and May 2016. The population was all news elections were published in the Radar Selatan Newspaper from November to December 2015. In determine study sample, used total sampling. Framework of objectivity by Westerstahl used to analyze the objectivity of the elections in Radar Selatan. The primary data was collected through the elections news that published in the Radar Sulawesi Newspaper period November to December 2015. Meanwhile, secondary data obtained from the study of literature which relevant to object under investigation. Collected data then analyzed using content analysis. The results showed that, Radar Sulawesi in general yet fully demonstrate and apply objectivity of their news in term of quality reporting. It is based on 11 units of analysis used by researcher, only one category that suit the principles of objectivity. Berbagai data telah menunjukkan betapa besar pengaruh media dalam pembentukan opini publik. Dengan segmentasi pemberitaan mengenai isu-isu lokal yang mencapai 85%, Harian Radar Selatan banyak mengangkat berita mengenai Pilkada. Sehingga Harian ini sangat berperan penting dalam penyebaran informasi dan pengawalan isu poilitik pada Pilkada Bulukumba. Tujuan studi ini adalah untuk mengetahui kecenderungan pemberitaan Pilkada Bulukumba di Harian Radar Selatan ditinjau dari objektivitas. Studi ini dilaksanakan selama tiga bulan, dimulai pada bulan Maret hingga Mei 2016. Adapun populasi studi ini adalah seluruh berita-berita Pilkada yang dimuat di Harian Radar Selatan pada Periode November-Desember 2015. Penentuan Sampel studi menggunakan total sampling. Kerangka Objektivitas yang ditawarkan Westerstahl digunakan untuk menganalisis objektivitas pemberitaan pilkada di Harian Radar Selatan. Data primer studi ini dikumpulkan melalui berita-berita Pilkada yang dimuat di Harian Radar Selatan pada Periode November-Desember 2015. Sedangkan, data sekunder diperoleh dari studi kepustakaan dan literatur-iteratur yang relevan dengan objek yang diteliti. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan analisis isi. Hasil studi menunjukkan bahwa Harian Radar Selatan secara umum belum sepenuhnya menunjukkan dan menerapkan objektivitas berita dalam kualitas pemberitaannya. Hal tersebut didasarkan pada 4 prinsip objektivitas yang digunakan oleh penulis, hanya satu kategori yang memenuhi prinsip objektivitas. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anonim. http://kbbi.web.id/objektivitas/ diakses pada tanggal 19 Desember 2015 Pukul 17.20 Wita.

Anonim. Kode Etik Jurnalistik. (http://pwi.or.id/index.php/uu-kej diakses tanggal 19 Desember Pukul 15. 35 Wita).

Eriyanto. 2011. Analisis Isi: Pengantar Metodologi Untuk Studi Komunikasi dan Ilmu-ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.

Hamad, Ibnu. 2004. Konstruksi Realitas Politik dalam Media Massa. Yayasan Obor Indonesia: Jakarta.

Ishwara, Luwi. 2011. Jurnalisme Dasar. Jakarta: Kompas Media Nusantara.

Indeks Kerawanan Pilkada Tahun 2015. 2015. Badan Pengawas Pemilu Republik Indonesia.

Kovack, Bill dan Tom Rosenstiel. 2003. Sembilan Elemen Jurnalisme: Apa Yang Harus Diketahui Wartawan dan Apa Yang Diharapkan Publik. Jakarta: Pantau.

Kriyanto, Rachmat. 2006. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana.

McQuail, Denis. 1992. Media Performance, Mass Communication and Public Interest. Londoh: Sage Publication.

---------------------. 1996. Teori Komunikasi Massa, Suatu Pengantar . Jakarta: Erlangga.

Putra, Riza Darma. 2014. Headline Politik dan Politik Headline. Tesis Tidak Diterbitkan. Makassar: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin.

Subaktio, Henry dan Rachma Ida. 2012. Komunikasi Politik, Media, dan Demokrasi. Jakarta: Kencana. Suranto, Hanif, Judy Ramjodo, dan P .B. Widodo. 2008. Kritis Meliput Pemilu. Jakarta: LSPP.

Tabroni, Roni. 2012. “Etika Komunikasi Politik Dalam Ruang Media Massa”. Jurnal Komunikasi. Vol.2 No.2/Agustus:105-108.

W. Kusuma, Maya. 2013. Objektivitas Koran Lokal Dalam Liputan Berita Pemilukada. (http://etd.repository.ugm.ac.id/inde x.php?mod=studi_detail&sub=pene itianDetail&act=view&typ=htm&b uku_id=67311, diakses tanggal 18 Desember Pukul 17.25 Wita).

Yusuf, Iwan A. 2011. ‘Media Lokal dalam Konstelasi Politik di Daerah’. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Gajah Mada. Edisi V olume 14 Nomor 3/ Maret: 297- 316.

Zaenal, Mutmainna. 2014. Tanggapan Pelanggan Terhadap Berita-berita Lokal Dalam Surat Kabar Radar Selatan. Skripsi Tidak Diterbitkan. Makassar: Univerisitas Hasanuddin

Downloads

Published

2017-06-08

Issue

Section

Articles