MEDIA SOSIAL DAN POLA PERILAKU KOMUNIKASI SISWA SMA NEGERI 1 MAKASSAR

Authors

  • Febi Ramadhani Rusdin Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin
  • Abdul Gafar Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin
  • Mursalim Mursalim Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin

DOI:

https://doi.org/10.31947/kjik.v5i1.1881

Keywords:

Analisis Isi, Objektivitas, Koran Local

Abstract

The Purposes of this study,(1)To determine communication behavior of students in High School 1 Makassar in using social media.(2)To determine the relationship between individual characteristic and communication behavior in using social media.This study is study about communication behavior of students in High School 1 Makassar in using media social.This study is quantitative and descriptive study by distributing questionnaires to 93 respondents.That obtained by using Slovin technique sampling formula, then all data that collected were statistically analyzed using SPSS 18 program, and using Chi Square correlation analysis with support by a simple frequency table and explained descriptively.The results showed that the communication behavior of students in High School 1 Makassar in using social media as very often, where the accumulated frequency of use per day and the average length of time of use, include a chat with friends, groups on social media, online shopping, and share information.Their main goal is to when using social media is for school needs such as asking about homework, or sharing exam answers. This study also found closely associated with the category of very high between the economic status of families with students' communication behavior in using social media.Where as for gender,and the purpose of using social media does not have a relationship with the communication behavior of students in using social media.  Tujuan studi ini adalah: (1) untuk mengetahui perilaku komunikasi siswa siswi SMA Negeri 1 Makassar dalam menggunakan media sosial (2) untuk mengetahui ada tidak-Nya hubungan antara karakteristik individu siswa dengan perilaku komunikasi siswa SMA Negeri 1 Makassar dalam menggunakan media sosial. Studi ini merupakan studi perilaku komunikasi siswa SMA Negeri 1 Makassar dalam menggunakan media sosial. Studi ini bersifat deskriptif kuantitatif dengan membagikan kuesioner ke 93 responden. Penentuan 93 responden tersebut dilakukan dengan teknik penarikan sampel berstrata proporsional menggunakan rumus Slovin, kemudian data yang diperoleh dianalisis secara statistic menggunakan program Komputer SPSS 18, lalu data dianalisis menggunakan analisa korelasi Chi Square dengan dukungan tabel frekuensi sederhana kemudian di jabarkan secara deskriptif. Hasil studi menunjukkan bahwa perilaku komunikasi siswa SMA Negeri 1 Makassar dalam menggunakan media sosial tergolong sangat sering berkomunikasi menggunakan media sosial, dimana akumulasi frekuensi penggunaan setiap hari dan lama rata-rata waktu penggunaan, mencakup chatting dengan teman, group di media sosial, berbelanja online,membagikaninformasi di media sosial. Tujuan utama mereka menggunakan media sosial ialah untuk kebutuhan sekolah seperti bertanya tentang homework, ataupun berbagi jawaban ujian. Studi ini juga menemukan ada kaitan erat dengan kategori sangat tinggi antara status ekonomi keluarga dengan perilaku komunikasi siswa menggunakan media sosial. Sedangkan untuk jenis kelamin, dan tujuan menggunakan media sosial tidak memiliki hubungan dengan perilaku komunika sisiswa menggunakan media sosial. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abugaza, Anwar. 2013. Sosial Media Politica. Tanggerang: PT. Tali Writing and Publishing House.

Achmad, A.S. 1990. Manusia dan Informasi. Hasanuddin University Press. Ujung Pandang.

Ardianto, Elvinaro. 2011. Komunikasi 2.0 Teoritisasi dan Implikasi. Jakarta: Aspikom.

Bagdakian, BH. 2004. The New Media Monopoly. Boston: Beacon Press.

Cangara, Hafied. 2011. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Davis, RA, Flett, G.L. The Network Society. London: Sage Publications.

Gunelius, Susan. 2011. 30 Minute Sosial Media Marketing. United States: Mc Graw Hill Company

Hurriyati, Ratih. 2005. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta

Kementrian Perdagangan RI. 2014. Panduan Optimalisasi Media Sosial Untuk Kementrian Perdagangan RI. Jakarta: Pusat Hubungan Masyarakat

Kriyantono, Rachmat. 2014. Teknis Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Little, John, Stephen, W. 2009. Teori Komunikasi: Theories Of Human communication edisi 9. Jakarta.

Lievrouw, LA dan Sonia Livistone, 2006. The Handbook of New Media. London: Sage Publications.

McQuail, Denis. 2011. Teori komunikasi Massa McQuail. Jakarta: Salemba Humanika

Mulyana, Deddy. 2000. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mursalim. 2007. Dasar-dasar Studi Komunikasi. Makassar: Sekolah Tinggi Ilmu komunikasi (STIKOM) Fajar.

Mondry. 2008. Pemahaman Teori dan Praktik Jurnalistik. Bogor: Ghalia Indonesia

Notoadmodjo. 2005. Promosi Kesehatan Teori dan aplikasi. Jakarta: PT Rineka Cipta

Ruben, Brent D dan Lea P Stewart. 2013. Komunikasi dan Perilaku Manusia. Jakarta: PT Raja Gravindo Persada

Sukmono, Filosa Gita dan Fajar Junaedi. 2014. Komunikasi Multikultur. Yogyakarta: Buku Litera

Thoha, Miftah. 2002. Perilaku Organisasi: Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: PT Raja Gravindo Persada

Tommy, Suprapto. 2009. Pengantar Teori komunikasi. Yogyakarta: Agromedia

V andijk, J.A.G.M. 2006. The Network Society. London: Sace Publications.

Wiryanto. 2004. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Grasindo

Wirutomo, Paulus. 1982. Pokok-pokok Pikiran Dalam Sosiologi. Jakarta: CV. Rajawali

Downloads

Published

2017-06-08

Issue

Section

Articles