PENGENALAN TEKNOLOGI INTERNET MELALUI PROGRAM MOBILE PUSAT LAYANAN INTERNET KECAMATAN (MPLIK) KEMKOMINFO BAGI SISWA MENENGAH KEJURUAN (SMK) DI KABUPATEN BARRU
Keywords:
Internet, MPLIK, apresiasi siswaAbstract
The aims of the research were to acknowledge the level of students’ appreciation on Internet through MPLIK program, MPLIK influence on students’ appreciation on Internet, and inhibiting and supporting factors of Internet access for the students of SMK Negeri 4 Barru.The research was conducted at SMK Negeri 4 Barru with a mixed of qualitative and quantitative method. The quantitative method employed simple regression analysis, and the qualitative one employed SWOT analysis. Populations of the research were all the students of SMK Negeri 4 Barru of academic year 2014-2015. Samples were 56 students withdrawn with exhausted (Total) sampling method, from which 28 students were selected from class X and 28 others were from class XI of computer and network technology department. The results of the research indicated that the appreciation of students were 73.9 % with high category, from which 25.6 % influenced the students appreciation. Other 74.4 % were influenced by other factors (not included in the research). Students’ appreciations on Internet were categorized into 4 dimensions : knowledge, skill, attitude and behavior dimensions. Highest influence (19.5%) was observed in knowledge dimensions, the lowest (13.4%) were skill dimension. Other (15.6%) were medium influence on attitude and behavior(14.2%) dimension. Supporting factors of Internet appreciation were teachers’ assignments, and inhibiting factors were slow Internet access.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat apresiasi siswa SMK Negeri 4 Barru terhadap internet melalui MPLIK, bagaimana pengaruh MPLIK terhadap apresiasi siswa SMK Negeri 4 Barru, apakah yang menjadi pendukung dan kendala dalam mengakses internet melalui MPLIK. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 4 Kabupaten Barru dengan metode kombinasi. Dalam pendekatan kuantitatif, data yang diperoleh berdasarkan kuesioner tertutup dianalisis dengan kuantitatif deskriptif kemudian dianalisis dengan analisis regresi linear sederhana melalui SPSS. Dan pendekatan kualitatif dengan kuesioner terbuka kemudian dianalisis dengan analisis SWOT. Populasi pada penelitian ini adalah siswa SMK Negeri 4 Barru tahun ajaran 2014/2015. Proses pengambilan sampel dengan sampel jenuh dan jumlah sampel yang digunakan adalah total sampling dimana jumlah sampel 56 orang (28 siswa kelas X dan 28 siswa kelas XI). Mereka merupakan siswa Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat apresiasi siswa SMK Negeri 4 Barru terhadap internet melalui MPLIK sebesar 73,9 % yang termasuk dalam kategori tinggi dan pengaruh MPLIK terhadap apresiasi siswa sebesar 25,6 % dan 74,4 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Apresiasi siswa terbagi kedalam empat dimensi, yakni pengetahuan, keterampilan, sikap dan perilaku. Dimensi yang paling dipengaruhi MPLIK yaitu pengetahuan (19,5%). Sementara dimensi terkecil yang dipengaruhi oleh MPLIK, yaitu keterampilan (13,4%). Untuk dimensi sikap (15,6%) dan dimensi perilaku (14,2%). Yang menjadi pendukung siswa mengakses internet melalui MPLIK, yakni adanya tugas yang diberikan oleh guru dan kendalanya, yakni koneksitas jaringan yang lambat.
References
Ardial. 2014. Paradigma dan Model Penelitian Komunikasi. Cahaya Prima Sentosa : Jakarta.
Cangara Hafied. (2014). Komunikasi Politik : Konsep,Teori, dan Strategi. Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada.
--------.2012. Pengantar Ilmu komunikasi. Raja GrafindoPersada : Jakarta
Djaffar Rachmawaty. (2013). Studi Pemanfaatan Mobile Pelayanan Internet Kecamatan (MPLIK) di Kabupaten Pinrang Provinsi Sulawesi Selatan. Makassar. Balai Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika Makassar.
Holmes David. (2012). Teori Komunikasi Media, Teknologi, dan Masyarakat. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Littlejohn Stephen W & Foss Karen A. (2011). Teori komunikasi (Edisi 9). Jakarta : Salemba Humanika.
Mufid, Muhammad. 2007. Komunikasi dan Regulasi Penyiaran. Kencana : Jakarta
Rakhmat Jalaluddin. (2005). Psikologi Komunikasi. Bandung : Remaja Rosdikarya.
Riduwan. (2010). Skala Pengukuran V ariabel- Variabel Penelitian. Bandung : Alfabeta.
Ruben & Stewart. (2013). Komunikasi dan Perilaku Manusia, Jakarta : PT. RajaGrafindo Perkasa.
Severin, W. J dan Tankard, J. W. 2009. Teori komunikasi (Sejarah, Metode,dan Terapan di dalam media massa). Penerbit Kencana Prenada Media Group:Jakarta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D, Bandung: Alfabeta.
Turban E. et al. (2006). Pengantar Teknologi Informasi Edisi 3. Jakarta : Salemba Infotek.
Udaya Yusuf. (1994). Teori Organisasi Struktur Desain dan Aplikasi. Jakarta : Arcan.
Walgito, Bimo. 2010. Bimbingan + Konseling (Studi & Karier). Andi : Yogyakarta.