TINGKAT KEPUASAN PENGUNJUNG TERHADAP KUALITAS SARANA HIBURAN DALAM PENCITRAAN TRANS STUDIO THEME PARK MAKASSAR
Keywords:
Visitor, Image, Entertainment Facility, Pengunjung, Citra, Fasilitas HiburanAbstract
Abstract
This study aims to determine the effect of Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy, Physical Evidence, to
the level of visitor satisfaction Trans Studio Theme Park Makassar. Effect of simultaneous and variable partial effect
of Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy, Physical Evidence of the level visitor satisfaction Trans Studio
Theme Park Makassar. The study was conducted of randomly selected visitors with a convenience sampling
technique. Data collection methods are surveys and questionnaires. The results and discussion show the free variable
Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy and Tangible had significant impact on the variable bound by the
satisfaction of visitors Trans Studio Theme Park as evidenced by the value of R Square (R 2) of 0.082 and adjusted
Square of 0.058, this shows the contribution of independent variable (X1, X2, X3, X4, and X5) to the bound variable
Y (customer satisfaction) of 8.2%. From the simultaneous and variable partial-known independent variable
reliability, responsiveness, assurance, empathy, and tangible has a significant influence on the dependent variable ie,
the satisfaction of visitors with a t value of 4.676 and the value of f calculated at 3.491.
Abstrak
Studi ini dimaksudkan untuk mengetahui pengaruh variable reliablitas, respons, jaminan, empatik, dan bukti fisik
terhadap tingkat kepuasan para pengunjung di Trans Studio Theme Park Makassar. Studi ini dilaksanakan dengan
metode memilih pengunjung secara random. Pengumpulan data dilakukan dengan metode survey dengan angket.
Hasilnya menunjukkan bahwa variable bebas reliablitas, respons, jaminan, empatik, dan bukti fisik yang nyata
memiliki dampak yang signifikan terhadap tingkat kepuasan para pengunjung Trans Studio Theme Park. Tingkat
kepuasan ini ditunjukkan dengan nilai R Square (R 2) of 0.082 dan Square of 0.058, yang kontribusinya terlihat pada
variable bebas (X1, X2, X3, X4, dan X5) terhadap variable Y (kepuasan pelanggan) yakni 8.2%. Dari analisis yang
dilakukan secara keseluruhan maupun secara parsial terhadap variable bebas yakni reliablitas, respons, jaminan,
empatik, dan bukti nyata infrastruktur yang ada menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap variable tergantung
yakni kepuasa pengunjung dengan nilai t dari 4,676 dengan nilai perhitungan pada 3.491.
References
Abadi, Saka. 1996. Marketing Public
Relations. Lembaga Manajemen UI. Jakarta.
Anggoro, M. Linggar, 2002. Teori dan
Profesi Kehumasan serta aplikasinya Di
Indonesia. Bumi Aksara, Jakarta.
Brady and Cronin, 2001. Perceived Service
Quality, McGraw Hill Companies, Inc.
USA. (Diterjemahkan oleh Purwoko).
Cangara, Hafied. 2008. Pengantar Ilmu
Komunikasi. PT. Raja Grafindo Persada.
Jakarta.
Dolozier, M. Wayne, the Communication
Process, McGraw Hull inc., Kogekusha,
Grunig, James E. 1992. Excellent in Public
Relations & Communication Management.
New Jersey: Lawrence Associate, Inc.
Publisher.
Kasali, Rhenald. 1994. Management Public
Relation Konsep dan Aplikasinya di
Indonesia. Pustaka Utama Grafiti. Jakarta.
Kotler, Philip, Keller Kevin Lane. 2006.
Marketing Manajemen, 12th, edition. New
Jersey: Pretince Hall Inc.
Muhidin, Ali sambas. Maman Abdurahman,
Analisis Korelasi, Regresi, dan Jalur
Dalam Penelitian, Bandung. Pustaka.
Mulayana, Deddy. 2007. Metode Penelitian
Komunikasi. Contoh-contoh penelitian
kualitatif dengan pendekatan praktis. PT
Remaja Rosdakarya. Bandung.
Nove, Firsan. 2009. Crisis Public Relations.
PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Jakarta.
Partino, HR. 2005. Metodologi Penelitian
Kuantitatif, Pustaka Mahasiswa. Jogjakarta.
Rangkuti, Freddy. 2004. The Power of
Brand: Teknik Mengelola Brand Equity dan
Strategi Pengembangan Merek. PT
Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.