TINGKAT KEPUASAN PENGUNJUNG TERHADAP KUALITAS SARANA HIBURAN DALAM PENCITRAAN TRANS STUDIO THEME PARK MAKASSAR

Syarifuddin Syarifuddin

Abstract


Abstract

This study aims to determine the effect of Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy, Physical Evidence, to
the level of visitor satisfaction Trans Studio Theme Park Makassar. Effect of simultaneous and variable partial effect
of Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy, Physical Evidence of the level visitor satisfaction Trans Studio
Theme Park Makassar. The study was conducted of randomly selected visitors with a convenience sampling
technique. Data collection methods are surveys and questionnaires. The results and discussion show the free variable
Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy and Tangible had significant impact on the variable bound by the
satisfaction of visitors Trans Studio Theme Park as evidenced by the value of R Square (R 2) of 0.082 and adjusted
Square of 0.058, this shows the contribution of independent variable (X1, X2, X3, X4, and X5) to the bound variable
Y (customer satisfaction) of 8.2%. From the simultaneous and variable partial-known independent variable
reliability, responsiveness, assurance, empathy, and tangible has a significant influence on the dependent variable ie,
the satisfaction of visitors with a t value of 4.676 and the value of f calculated at 3.491.

 

Abstrak

Studi ini dimaksudkan untuk mengetahui pengaruh variable reliablitas, respons, jaminan, empatik, dan bukti fisik
terhadap tingkat kepuasan para pengunjung di Trans Studio Theme Park Makassar. Studi ini dilaksanakan dengan
metode memilih pengunjung secara random. Pengumpulan data dilakukan dengan metode survey dengan angket.
Hasilnya menunjukkan bahwa variable bebas reliablitas, respons, jaminan, empatik, dan bukti fisik yang nyata
memiliki dampak yang signifikan terhadap tingkat kepuasan para pengunjung Trans Studio Theme Park. Tingkat
kepuasan ini ditunjukkan dengan nilai R Square (R 2) of 0.082 dan Square of 0.058, yang kontribusinya terlihat pada
variable bebas (X1, X2, X3, X4, dan X5) terhadap variable Y (kepuasan pelanggan) yakni 8.2%. Dari analisis yang
dilakukan secara keseluruhan maupun secara parsial terhadap variable bebas yakni reliablitas, respons, jaminan,
empatik, dan bukti nyata infrastruktur yang ada menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap variable tergantung
yakni kepuasa pengunjung dengan nilai t dari 4,676 dengan nilai perhitungan pada 3.491.


Keywords


Visitor, Image, Entertainment Facility, Pengunjung, Citra, Fasilitas Hiburan

Full Text:

PDF

References


Abadi, Saka. 1996. Marketing Public

Relations. Lembaga Manajemen UI. Jakarta.

Anggoro, M. Linggar, 2002. Teori dan

Profesi Kehumasan serta aplikasinya Di

Indonesia. Bumi Aksara, Jakarta.

Brady and Cronin, 2001. Perceived Service

Quality, McGraw Hill Companies, Inc.

USA. (Diterjemahkan oleh Purwoko).

Cangara, Hafied. 2008. Pengantar Ilmu

Komunikasi. PT. Raja Grafindo Persada.

Jakarta.

Dolozier, M. Wayne, the Communication

Process, McGraw Hull inc., Kogekusha,

Grunig, James E. 1992. Excellent in Public

Relations & Communication Management.

New Jersey: Lawrence Associate, Inc.

Publisher.

Kasali, Rhenald. 1994. Management Public

Relation Konsep dan Aplikasinya di

Indonesia. Pustaka Utama Grafiti. Jakarta.

Kotler, Philip, Keller Kevin Lane. 2006.

Marketing Manajemen, 12th, edition. New

Jersey: Pretince Hall Inc.

Muhidin, Ali sambas. Maman Abdurahman,

Analisis Korelasi, Regresi, dan Jalur

Dalam Penelitian, Bandung. Pustaka.

Mulayana, Deddy. 2007. Metode Penelitian

Komunikasi. Contoh-contoh penelitian

kualitatif dengan pendekatan praktis. PT

Remaja Rosdakarya. Bandung.

Nove, Firsan. 2009. Crisis Public Relations.

PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Jakarta.

Partino, HR. 2005. Metodologi Penelitian

Kuantitatif, Pustaka Mahasiswa. Jogjakarta.

Rangkuti, Freddy. 2004. The Power of

Brand: Teknik Mengelola Brand Equity dan

Strategi Pengembangan Merek. PT

Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31947/kjik.v1i2.302

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


KAREBA: Jurnal Ilmu Komunikasi has been indexed in : 

   

 


Creative Commons License
 

View My Stats


____________________________________________________

KAREBA : Jurnal Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin
ISSN Print : 2088-4117ISSN Online : 2528-2891

Jl. Perintis Kemerdekaan KM.10 Tamalanrea, Makassar 90245
Telp/fax. (0411) 585024 SMS Gateway : +62811444874
Email: jurnalkarebakomunikasi@gmail.com