PERANAN HUBUNGAN MASYARAKAT DALAM MANAJEMEN KRISIS PASCA KASUS KEBAKARAN PASAR INPRES KOTA TUAL The Roles of Public Relation in Crisis Management of the Tradisional Market Tual City Post Fire
Keywords:
Public Relation, Crisis Management, Hubungan Masyarakat, Manajemen KrisisAbstract
Abstract
This study is aimed to know about the role of public relation in the goverment tual city in crisis management post fires case of the inpres traditional market and to know the planning of message by using public relation at the goverment at Tual City in 2008. The type of this research are qualitative descriptif and case study. The technique of determining informan are 5 poeple The data was analyzed by using observation, interview and documentation. The result shows that the The roles of public relation to prevent conflict potency post fire case crisis management post fires case of the Tradisional Market at Tual City in 2008. In result of this research the confusion is roles of public relations government tual city doing by fict finding, planning and programming, action and communication and evaluation. In result of this research the confusion is the identyfication process fire case it’s very good but in fact finding in the field crisis tim public relation in the government in Tual City very late. So the message planning of communication by doing in public relation the goverment of Tual City in crisis preventation in post fire case of the traditional market at Tual City in 2008 is first coordination, second level is crisis center and third level is interaction with the media.
Abstrak
Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui peranan Hubungan Masyarakat pemerintah dalam penanganan krisis pasca kebakaran Pasar tradisional Inpres Kota Tual tahun 2008, dan untuk mengetahui perencanaan penyusunan dan penyampaian pesan yang digunakan oleh Humas Pemerintah Kota Tual. Tipe penelitian yang digunakan adalah deskriptip kualitatif dan studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui penetapan 5 informan, yang dilakukan dengan cara pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Humas memiliki peranan yang penting dalam menghindari terjadinya potensi konflik pasca kebakaran pasar trasional inpres di kota Tual tahun 2008. Peranan ini dapat dilihat mulai dari penemuan fakta, perencanaan, aksi, komunikasi, dan evaluasi. Meskipun hasil penelitian ini menemukan bahwa timbulnya kebingungan masyarakat disebababkan karena informasi yang dikeluarkan oleh pemerintah dari hasil identifikasi penyebab kebakaran dinilai oleh masyaraklat terlambat. Penyusunan dan penyebaran pesan yang dibuat oleh Humas Pemkot Tual dilakukan, pertama adalah kordinasi, kedua adalah pembentukan pusat krisis, dan pada tingkat ketiga adal;ah interaksi dengan media.
References
Daftar Pustaka
Achmad, A.S.1992. Diktat Kuliah: Teori Komunikasi Antar Manusia. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Makassar.
Akbar, M: 2000, Analisis Kegiatan Public Relation Dalam Upaya Pemenuhan Kepuasan Pelanggan PT. PLN (Persero) Wilayah VIII Sulawesi Selatan Tenggara. (Thesis PascaSarjana Unhas Makassar).
Arikunto, Suharsimi. 1993. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta: Rineka Cipta.
Budayatna. 1994. Komunikasi Antar Pribadi.
Universitas Terbuka, Jakarta
Bufford, J.A and Bedeian. 1989. Management in Extension. Aubum University, Alabama.
Bulaeng, Andi R. 2000. Metode Penelitian Komunikasi Kontemporer. Lembaga Penerbitan UNHAS, Makassar.
Djojohadikusumo, Sumitro. 1991. Perkembangan Pemikiran Ekonomi. Yayasan Obor Indonesia, Jakarta.
Echols, J.M dan Shadily, Hasan. 1997. Kamus Indonesia Inggris. Direvisi dan diedit oleh John U. Wolff dan James T. Collins bekerja sama dengan Hasan Shadily. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Effendi, O.U. 1993. Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Citra Aditya Bakti, Bandung.
Fearn-Banks, K. 1996. Crisis Communication : A Case book Approach. Mahwah, NJ: Lawrence Erlbaum
Fink, S. 1986. Crisis Management : Planning for the inevitable,. New York : Amacom
Gonzales-Herrero, A and Pratt, C.B. 1995. How to Manage a crisis before or whenever Public Relations Quaterly. Spring Jurnal Ilmu Komunikasi. 1998. Vol.II/Oktober
Guth, D.W. 1995. “Organizational Crisis Experience and Public Relations Roles”
Jefkins, Frank: 1995. Public Relation (Terjemahan) Edisi 4. Jakarta: Erlangga
Kasali, Rhenald: 1994. Manajemen Public Relation konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti
Lewis, Philip. Tanpa tahun. Teori Organisasi dan Komunikasi. Terjemahan oleh Gazali Rahman. 2000. Universitas Hasanuddin, Makassar
Muhadjir, Noeng. 1989. Metodologi Penelitian Kualitatif. Rake Sarasin, Yogyakarta.
Nasution, Z. 1996. Komunikasi Pembangunan: Pengenalan Teori dan Penerapannya. Raja Grafika Persada, Jakarta
Nazir, M. 1988. Metode Penelitian. Cetakan Ketiga. Galia Indonesia, Jakarta.
Pace, W.R. 1999. Komunikasi Organisasi ( Strategi Meningkatkan Kinerja Perusahaan ). PT. Remaja Rosdakarya, Bandung Panuju, Redi. 2002. Krisis Public Relations. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Putra, I Gusti Ngurah. 1999. Manajemen Hubungan Masyarakat, Yogyakarta: Penerbitan Universitas Atmajaya
Program Pascasarjana Universitas Hasanuddin, 2001. Pedoman Penulisan Tesis dan Disertasi. Universitas Hasanuddin, Makassar.
Pratikno, Riyono. 1992. Lingkaran – Lingkaran Komunikasi. Alumni, Bandung.
Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa/Tim. 1994. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka: Jakarta
Jurnal Komunikasi KAREBA No. 3 Vol. 1 Juli – September 2011
Ruslan, Rosady: 1999. Praktik dan Solusi Public Relation Dalam Situasi Krisis dan Pemulihan Citra. Edisi 2. Jakarta : Ghalia Indonesia.
Safril, dkk. 2003. Ekonomi dan Pembangunan. Bumi Aksara, Jakarta.
Sendjaja, Sasa Djuarsa. 1993. Pengantar Komunikasi. Universitas Terbuka, Jakarta.
Siagian, P. 1985. Administrasi Pembangunan. Haji Mas Agung, Jakarta
Siahaan, S.M: 2000. Komunikasi Pemahaman dan Penerapannya. Cetakan 3. Jakarta: PT. BPK Gunung Mulia.
Sugiyono. 2002. Metode Penelitian Administrasi. Alfabeta, Bandung.
Sunaryo, dan Joehasih. 1995. Himpunan Istilah Komunikasi. Liberty, Yogyakarta.
Susanto, Phil S. Astried. 1995. Filsafat Komunikasi. Bina Cipta, Bandung
Tjokroamidjojo, Bintoro. 1988. Kebijaksanaan dan Administrasi Pembangunan (Perkembangan, Teori, dan Penerapan). LP3ES, Jakarta.
Wasesa, Silih Agun. 2005 Strategi Public Relations. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Widodo, Suko. 2004. Pengelolaan Citra Lembaga Pemerintah. Makalah dalam Pelatihan PR untuk Dinas Informasi dan Komunikasi Pemerintah Kota di Surabaya. Surabaya, 20 Agustus 2004