KOMUNIKASI INTERPERSONAL PENASEHAT AKADEMIK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA DI STIKES MEGA REZKY MAKASSAR
Keywords:
Personal Communication, Academic Counsellor, Students Learning Motivation, Komunikasi antarpribadi, Penasehat Akademik, Motivasi belajar MahasiswaAbstract
Abstract
The purpose of this research is to find out (1) The personal communication intensity of the Academic counsellor
with the students at STIKES Mega Rezky Makassar, (2) The student learning motivation at STIKES Mega Rezky
Makassar, (3) The effect of personal communication intensity of the Academic Counsellor Toward the students
Learning Motivation at STIKES Mega Rezky Makassar. This research executed at STIKES Resky Mega Makassar
on March to May, 2009. The number of the population 580 students. The number 580 students. The number of the
sample 174 students. The techniques of determining sample is the “proportional sampling”, where the technique
taking sample technique is proportional consideration from number of populations in the class, using Nomogram
King Method by assumption that population per unit is not more than 2000 students. The data collecting methods are
Rating scale questionarre, interview, and observation. The Hypotesis is examinate by using the simple regression.
The result of the research shows that the description of interpersonal communication intensity of the academic
Counsellor with the students in high category. And the description of the students learning motivation at STIKes
Mega Rezky Makassar in high category. The factors are caused by the success wish, interesting activity in learning
concerned with the future, the competation wish in the class. There is the significant effect the interpersonal
communication intensity toward the student learning motivation. Thus, for increasing the students learning
motivation needed interpersonal communication between academic counsellor and students more active and serious.
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui (1) Intensitas komunikasi antarpribadi dari penasehat akademik
dengan para mahasiswa di STIKes Mega Rezky Makassar, (2) Motivasi belajar para mahasiswa si STIKes Mega
Rezky Makassar, (Pengaruh intensitas komunikasi antarpribadi para penasehat akademik terhadap motivasi belajar
para mahasiswa si STIKes Mega Rezky Makassar. Penelitian ini dilakukan di STIKes Mega Rezky pada Maret
sampai Mei 2009. Jumlah populasi yang ada sebanyak 580 orang mahasiswa. Dari jumlah itu ditarik 174 orang
mahasiswa sebagai sampel. Teknik untuk menetapkan sampel ialah dengan cara proporsi, dengan pertimbangan
jumlah populasi di dalam kelas dengan menggunakan metode Namogram King yang mengasumsikan bahwa
populasi perunit tidak lebih dari 2000 mahasiswa. Data dikumpulkan dengan metode skala rating dalam angket,
wawancara, dan pengamatan. Hipotesis yang diajukan diuji dengan memakai regresi sederhana. Hasil dari penelitian
ini menujukkan bahwa gambaran intesitas komunikasi antar pribadi para penasehat akademik dengan mahasiswa
dalam kategori tinggi. Demikian juga gambaran terhadap motivasi belajar para siswa dalam kategori tinggi. Faktor
yang menyebabkan tingginya kategori tersebut ialah keinginan untuk sukses, daya Tarik untuk belajar, memikirkan
masa depan, serta keinginan untuk berkompetisi dalam kelas. Terdapat pengaruh yang signifikan dari intensitas
komunikasi antarpribadi terhadap motivasi belajar paara siswa. Dengan demikian disimpulkan bahwa untuk
meningkatkan motivasi belajar siswa diperlukan komunikasi antarpribadi (personal) antara penasehat akademik dan
para mahasiswa yang lebih aktif dan serius.
References
Informasi,Hasanuddin University Press.Ujung
Pandang.
Bulaeng,A.R.2000.Metode Penelitian
Komunikasi Kontemporer,Hasanuddin
University Press, Makassar.
Burgoon,Michael,dan Michael
Fruffner,1978.Human Communication,A
Revition of Approaching
Speech/Communication,Halt Rinehard &
Winston, New York.
Burhanuddin,1985.Filsafatv
Manusia,Bandung,Salman Jaya.
Cangara, Hafied,1980.Pengantar Ilmu
Komunikasi,PT. Raja Grafindo Persada,Jakarta.
Cangara, Hafied,2009.Komunikasi Politik
Konsep, Teori dan Strategi,PT. Raja Grafindo
Persada. Jakarta.
Chave, H.Steven,1980.Mass Communication
Review Yearbook Vol. 1,Beverly Hills:Sage
Publication.
Daning,Sudarwan.2004.Motivasi Kepemimpinan
& Efektivitas Kelompok,PT. Rineka
Cipta.Jakarta.
Effendy,Onang Uchjana,1993.Dinamika
Komunikasi,PT. Remaja Rosda-Karya,Bandung.
Effendy,Onang Uchjana, 2003a.Ilmu, Teori, &
Filsafat Komunikasi,PT. Citra Aditya Bakti.
Bandung
Effendy,Onang Uchjana, 2003b.Ilmu
Komunikasi Teori dan Praktek,PT. Remaja
Rosda Karya,Bandung.
Eggen,Paul,1997.Educational Psycology,Third
edition,University Of North Florida,Printed by
Hall Inc.
E.M Griffin,2006.At First Look at
Communication Theory,International
Edition,McGraw-Hill Companies,USA
Hamzah B. Uno.2008.Teori Motivasi &
Pengukurannya, Analisis dibidang pendidikan.
PT. Bumi Aksara.Jakarta
Herlina,2008.Pengaruh Pengguna Multimedia
Interaktif Terhadap Motivasi Belajar
Mahasiswa STIMIK Handayani,Pasca Sarja
Unhas.
Klopt,Donald W.,1987.Intercultural
Encounter.The Foundamentals of Intercultural
Communication,Marthon Publishing Company.