PENGARUH INFORMASI TERHADAP ADOPSI ALAT KB DI KALANGAN IBU RUMAH TANGGA PEDAGANG KAKI LIMA DI DESA BATU MERAH KOTA AMBON

Authors

  • Yustiana Sopacua Universitas Hasanuddin

DOI:

https://doi.org/10.31947/kjik.v1i2.307

Keywords:

Effect Adoption, Family Plan, Pengaruh, Adopsi, Keluarga Berencana

Abstract

AbstractThis research intended no know (1) the Effect Receiving Information through mass media communication TowardAdoption Of Family Plan Tools In Batu Merah Sidewalk Traders Of Ambon City, (2) The Effect ReceivingInformation through interpersonal communication Toward Adoption Of Family Plan Tools In Batu Merah SidewalkTraders Of Ambon City. This research classified as explorative, its sample consisted of 150 persons in Batu MerahSidewalk Traders. Technique of its collection data consisted of observation, interview, questionnaire anddocumentation. The data analysis was done quantitative descriptive approach. The results showed that The EffectReceiving Information through mass media communication Toward Adoption Of Family Plan Tools In Batu MerahSidewalk Traders Of Ambon City is not significance. The Sidewalk Traders was not have enough time to watchingTV or to reading a newspaper and after that the information about family plan tool is not enough. (2) The EffectReceiving Information through interpersonal communication Toward Adoption Of Family Plan Tools In Batu MerahSidewalk Traders Of Ambon City is significance. The Sidewalk Traders was have a lot of time to discuss with hermate about fmily plan tools AbstractPenelitian ini dimaksudkan untuk mengetahu (1) Efek penerimaan informasi melalui media komunikasi terhadapadopsi alat Keluarga Berencana di kalangan para pedagang kaki lima di Batumerah Kota Ambon, (2) Pengaruhpenerimaan informasi melalui media komunikasi antarpribadi terhadap adopsi alat-alat Keluarga Berencana dikalangan pedagan kaki lima di Batumerah Kota Ambon. Tpe penelitian ini adalah eksplorasi, dengan jumlah sampelbanyak 150 orang. Teknik pengumpulan data yakni pengamatan, wawancara, angket, dan doku-mentasi. Datadianalisis dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Hasilnya menunjukkan bahwa pengaruhpenerimaan informasi melalui media massa terhadap adopsi (penerimaan) alat-alat program keluarga berencana dikalangan pedagan kaki lima di Batumerah Kota Ambon tidak signifikan, karena para pedagang kaki lima tidakmemiliki waktu yang cukup untuk menonton televise atau membaca surat kabar, dan juga informasi tentang alatprogram KB tidak memadai. Adapun pengaruh penerimaan informasi melalui saluran komunikasi antarpribaditernyata cukup signifikan. Hal ini disebabkan karena para pedagang kaki lima memiliki waktu yang cukup untukmembicarakan dengan teman-temannya tentang peralatan keluarga berencana.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achmad, A.S. 1990, Manusia dan Informasi,

Hasanuddin University Press, Ujung

Pandang.

Ardianto Elvinaro dan Lukiati Komala, 2005,

komunikasi Massa Suatu Pengantar.

Simbiosa Rekatama Media. Bandung.

Baso, Andi, Zohra & Judi, Raharjo, (1999),

Kesehatan Reproduksi, Pustaka Pelajar,

Yogyakarta.

Bulaeng Andi. 2000. Metodologi Penelitian

Kontemporer. Lembaga Penerbitan

UNHAS : Makassar.

Bungin Burhana, H.M, 2008, Metodologi

Penelitian Kuantitatif, Kencana Prenada

Media Group, Jakarta.

Cangara, Hafied, 2007, Pengantar Ilmu

Komunikasi, PT Raja Grafindo Persada,

Jakarta.

Effendy, Uchjana, Onong, 2003, Ilmu

Komunikasi, Teori dan Praktek, PT

Remaja Rosdyakarya, Bandung.

Kartasasmita, Ginanjar, 1996. Pemberdayaan

Masyarakat, Konsep Pembangunan

Yang Berakar Pada Masyarakat.

Bappenas: Jakarta.

Kartono, K. 1980. Pedagang Kaki Lima :

Menggali Potensi PKL sebagai Unsur

pembangunan dalam Pengembangan

Bandung Kota Indah. (Makalah tidak

diterbitkan) Universitas Katolik

Perahyangan : Bandung.

Karnaji, 2008. Nadi kehidupan Kota Bernama

PKL (online).

http:/www.kompas.com/cetak/10202jati

m/nadi39.htm. Diakses 20 januari 2009

McQuail, Denis. 1994. Teori Komunikasi

Massa, Edisi Terjemahan, Dharma,

Agusdan Ram, Amiruddin. Jakarta :

Erlangga.

Nasution, 2004, Komunikasi Pembangunan,

PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Ninik Sri Rejeki dan Anita Herawati, 1999,

Dasar-dasr Komunikasi Untuk

Penyuluhan, Universitas Atmajaya.

Jogjakarta.

Nurdin, 2007, Pengantar Komunikasi Massa,

PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Prawirohardjo S. 1999, Keluarga Berencana

Dalam Ilmu Kebidanan. Jakarta :

Yayasan Bina Pustaka.

Rakhmat, Jalaluddin, (1998), Metode

Penelitian Komunikasi, PT Remaja

Rosdakarya, Bandung.

Rusbi, 2002, Tingkat Perhatian Pasangan Usia

Subur Terhadap Informasi Keluarga

Berencana di Televisi serta Hubungannya

dengan tingkat keikutsertaannya Dalam

Keluarga Berencana. Makassar, Tesis,

Pascasarjana Universitas Hasanuddin

Sultan. M. Iqbal, 1999. Pengaruh Terpaan

Berita Kejahatan di Televisi Terhadap

Pembentukan Realitas Sosial Pada

Khalayak. Tesis, Pascasarjana.

Universitas Pajajaran Bandung.

Downloads

Published

2016-06-20

Issue

Section

Articles