PENGARUH INFORMASI TERHADAP ADOPSI ALAT KB DI KALANGAN IBU RUMAH TANGGA PEDAGANG KAKI LIMA DI DESA BATU MERAH KOTA AMBON
Keywords:
Effect Adoption, Family Plan, Pengaruh, Adopsi, Keluarga BerencanaAbstract
Abstract
This research intended no know (1) the Effect Receiving Information through mass media communication Toward
Adoption Of Family Plan Tools In Batu Merah Sidewalk Traders Of Ambon City, (2) The Effect Receiving
Information through interpersonal communication Toward Adoption Of Family Plan Tools In Batu Merah Sidewalk
Traders Of Ambon City. This research classified as explorative, its sample consisted of 150 persons in Batu Merah
Sidewalk Traders. Technique of its collection data consisted of observation, interview, questionnaire and
documentation. The data analysis was done quantitative descriptive approach. The results showed that The Effect
Receiving Information through mass media communication Toward Adoption Of Family Plan Tools In Batu Merah
Sidewalk Traders Of Ambon City is not significance. The Sidewalk Traders was not have enough time to watching
TV or to reading a newspaper and after that the information about family plan tool is not enough. (2) The Effect
Receiving Information through interpersonal communication Toward Adoption Of Family Plan Tools In Batu Merah
Sidewalk Traders Of Ambon City is significance. The Sidewalk Traders was have a lot of time to discuss with her
mate about fmily plan tools
Abstract
Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahu (1) Efek penerimaan informasi melalui media komunikasi terhadap
adopsi alat Keluarga Berencana di kalangan para pedagang kaki lima di Batumerah Kota Ambon, (2) Pengaruh
penerimaan informasi melalui media komunikasi antarpribadi terhadap adopsi alat-alat Keluarga Berencana di
kalangan pedagan kaki lima di Batumerah Kota Ambon. Tpe penelitian ini adalah eksplorasi, dengan jumlah sampel
banyak 150 orang. Teknik pengumpulan data yakni pengamatan, wawancara, angket, dan doku-mentasi. Data
dianalisis dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Hasilnya menunjukkan bahwa pengaruh
penerimaan informasi melalui media massa terhadap adopsi (penerimaan) alat-alat program keluarga berencana di
kalangan pedagan kaki lima di Batumerah Kota Ambon tidak signifikan, karena para pedagang kaki lima tidak
memiliki waktu yang cukup untuk menonton televise atau membaca surat kabar, dan juga informasi tentang alat
program KB tidak memadai. Adapun pengaruh penerimaan informasi melalui saluran komunikasi antarpribadi
ternyata cukup signifikan. Hal ini disebabkan karena para pedagang kaki lima memiliki waktu yang cukup untuk
membicarakan dengan teman-temannya tentang peralatan keluarga berencana.
References
Achmad, A.S. 1990, Manusia dan Informasi,
Hasanuddin University Press, Ujung
Pandang.
Ardianto Elvinaro dan Lukiati Komala, 2005,
komunikasi Massa Suatu Pengantar.
Simbiosa Rekatama Media. Bandung.
Baso, Andi, Zohra & Judi, Raharjo, (1999),
Kesehatan Reproduksi, Pustaka Pelajar,
Yogyakarta.
Bulaeng Andi. 2000. Metodologi Penelitian
Kontemporer. Lembaga Penerbitan
UNHAS : Makassar.
Bungin Burhana, H.M, 2008, Metodologi
Penelitian Kuantitatif, Kencana Prenada
Media Group, Jakarta.
Cangara, Hafied, 2007, Pengantar Ilmu
Komunikasi, PT Raja Grafindo Persada,
Jakarta.
Effendy, Uchjana, Onong, 2003, Ilmu
Komunikasi, Teori dan Praktek, PT
Remaja Rosdyakarya, Bandung.
Kartasasmita, Ginanjar, 1996. Pemberdayaan
Masyarakat, Konsep Pembangunan
Yang Berakar Pada Masyarakat.
Bappenas: Jakarta.
Kartono, K. 1980. Pedagang Kaki Lima :
Menggali Potensi PKL sebagai Unsur
pembangunan dalam Pengembangan
Bandung Kota Indah. (Makalah tidak
diterbitkan) Universitas Katolik
Perahyangan : Bandung.
Karnaji, 2008. Nadi kehidupan Kota Bernama
PKL (online).
http:/www.kompas.com/cetak/10202jati
m/nadi39.htm. Diakses 20 januari 2009
McQuail, Denis. 1994. Teori Komunikasi
Massa, Edisi Terjemahan, Dharma,
Agusdan Ram, Amiruddin. Jakarta :
Erlangga.
Nasution, 2004, Komunikasi Pembangunan,
PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Ninik Sri Rejeki dan Anita Herawati, 1999,
Dasar-dasr Komunikasi Untuk
Penyuluhan, Universitas Atmajaya.
Jogjakarta.
Nurdin, 2007, Pengantar Komunikasi Massa,
PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Prawirohardjo S. 1999, Keluarga Berencana
Dalam Ilmu Kebidanan. Jakarta :
Yayasan Bina Pustaka.
Rakhmat, Jalaluddin, (1998), Metode
Penelitian Komunikasi, PT Remaja
Rosdakarya, Bandung.
Rusbi, 2002, Tingkat Perhatian Pasangan Usia
Subur Terhadap Informasi Keluarga
Berencana di Televisi serta Hubungannya
dengan tingkat keikutsertaannya Dalam
Keluarga Berencana. Makassar, Tesis,
Pascasarjana Universitas Hasanuddin
Sultan. M. Iqbal, 1999. Pengaruh Terpaan
Berita Kejahatan di Televisi Terhadap
Pembentukan Realitas Sosial Pada
Khalayak. Tesis, Pascasarjana.
Universitas Pajajaran Bandung.