PENGARUH INFORMASI TERHADAP ADOPSI ALAT KB DI KALANGAN IBU RUMAH TANGGA PEDAGANG KAKI LIMA DI DESA BATU MERAH KOTA AMBON

Yustiana Sopacua

Abstract


Abstract

This research intended no know (1) the Effect Receiving Information through mass media communication Toward
Adoption Of Family Plan Tools In Batu Merah Sidewalk Traders Of Ambon City, (2) The Effect Receiving
Information through interpersonal communication Toward Adoption Of Family Plan Tools In Batu Merah Sidewalk
Traders Of Ambon City. This research classified as explorative, its sample consisted of 150 persons in Batu Merah
Sidewalk Traders. Technique of its collection data consisted of observation, interview, questionnaire and
documentation. The data analysis was done quantitative descriptive approach. The results showed that The Effect
Receiving Information through mass media communication Toward Adoption Of Family Plan Tools In Batu Merah
Sidewalk Traders Of Ambon City is not significance. The Sidewalk Traders was not have enough time to watching
TV or to reading a newspaper and after that the information about family plan tool is not enough. (2) The Effect
Receiving Information through interpersonal communication Toward Adoption Of Family Plan Tools In Batu Merah
Sidewalk Traders Of Ambon City is significance. The Sidewalk Traders was have a lot of time to discuss with her
mate about fmily plan tools

 

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahu (1) Efek penerimaan informasi melalui media komunikasi terhadap
adopsi alat Keluarga Berencana di kalangan para pedagang kaki lima di Batumerah Kota Ambon, (2) Pengaruh
penerimaan informasi melalui media komunikasi antarpribadi terhadap adopsi alat-alat Keluarga Berencana di
kalangan pedagan kaki lima di Batumerah Kota Ambon. Tpe penelitian ini adalah eksplorasi, dengan jumlah sampel
banyak 150 orang. Teknik pengumpulan data yakni pengamatan, wawancara, angket, dan doku-mentasi. Data
dianalisis dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Hasilnya menunjukkan bahwa pengaruh
penerimaan informasi melalui media massa terhadap adopsi (penerimaan) alat-alat program keluarga berencana di
kalangan pedagan kaki lima di Batumerah Kota Ambon tidak signifikan, karena para pedagang kaki lima tidak
memiliki waktu yang cukup untuk menonton televise atau membaca surat kabar, dan juga informasi tentang alat
program KB tidak memadai. Adapun pengaruh penerimaan informasi melalui saluran komunikasi antarpribadi
ternyata cukup signifikan. Hal ini disebabkan karena para pedagang kaki lima memiliki waktu yang cukup untuk
membicarakan dengan teman-temannya tentang peralatan keluarga berencana.


Keywords


Effect Adoption, Family Plan, Pengaruh, Adopsi, Keluarga Berencana

Full Text:

PDF

References


Achmad, A.S. 1990, Manusia dan Informasi,

Hasanuddin University Press, Ujung

Pandang.

Ardianto Elvinaro dan Lukiati Komala, 2005,

komunikasi Massa Suatu Pengantar.

Simbiosa Rekatama Media. Bandung.

Baso, Andi, Zohra & Judi, Raharjo, (1999),

Kesehatan Reproduksi, Pustaka Pelajar,

Yogyakarta.

Bulaeng Andi. 2000. Metodologi Penelitian

Kontemporer. Lembaga Penerbitan

UNHAS : Makassar.

Bungin Burhana, H.M, 2008, Metodologi

Penelitian Kuantitatif, Kencana Prenada

Media Group, Jakarta.

Cangara, Hafied, 2007, Pengantar Ilmu

Komunikasi, PT Raja Grafindo Persada,

Jakarta.

Effendy, Uchjana, Onong, 2003, Ilmu

Komunikasi, Teori dan Praktek, PT

Remaja Rosdyakarya, Bandung.

Kartasasmita, Ginanjar, 1996. Pemberdayaan

Masyarakat, Konsep Pembangunan

Yang Berakar Pada Masyarakat.

Bappenas: Jakarta.

Kartono, K. 1980. Pedagang Kaki Lima :

Menggali Potensi PKL sebagai Unsur

pembangunan dalam Pengembangan

Bandung Kota Indah. (Makalah tidak

diterbitkan) Universitas Katolik

Perahyangan : Bandung.

Karnaji, 2008. Nadi kehidupan Kota Bernama

PKL (online).

http:/www.kompas.com/cetak/10202jati

m/nadi39.htm. Diakses 20 januari 2009

McQuail, Denis. 1994. Teori Komunikasi

Massa, Edisi Terjemahan, Dharma,

Agusdan Ram, Amiruddin. Jakarta :

Erlangga.

Nasution, 2004, Komunikasi Pembangunan,

PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Ninik Sri Rejeki dan Anita Herawati, 1999,

Dasar-dasr Komunikasi Untuk

Penyuluhan, Universitas Atmajaya.

Jogjakarta.

Nurdin, 2007, Pengantar Komunikasi Massa,

PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Prawirohardjo S. 1999, Keluarga Berencana

Dalam Ilmu Kebidanan. Jakarta :

Yayasan Bina Pustaka.

Rakhmat, Jalaluddin, (1998), Metode

Penelitian Komunikasi, PT Remaja

Rosdakarya, Bandung.

Rusbi, 2002, Tingkat Perhatian Pasangan Usia

Subur Terhadap Informasi Keluarga

Berencana di Televisi serta Hubungannya

dengan tingkat keikutsertaannya Dalam

Keluarga Berencana. Makassar, Tesis,

Pascasarjana Universitas Hasanuddin

Sultan. M. Iqbal, 1999. Pengaruh Terpaan

Berita Kejahatan di Televisi Terhadap

Pembentukan Realitas Sosial Pada

Khalayak. Tesis, Pascasarjana.

Universitas Pajajaran Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.31947/kjik.v1i2.307

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


KAREBA: Jurnal Ilmu Komunikasi has been indexed in : 

   

 


Creative Commons License
 

View My Stats


____________________________________________________

KAREBA : Jurnal Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin
ISSN Print : 2088-4117ISSN Online : 2528-2891

Jl. Perintis Kemerdekaan KM.10 Tamalanrea, Makassar 90245
Telp/fax. (0411) 585024 SMS Gateway : +62811444874
Email: jurnalkarebakomunikasi@gmail.com