INTERNET DAN MASYARAKAT MARGINAL DI KOTA MAKASSAR; STUDI KASUS PEMANFAATAN GALERI INTERNET BBPPKI

Authors

  • Rachmawaty Djaffar Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika Makassar
  • Hafied Cangara Universitas Hasanuddin

DOI:

https://doi.org/10.31947/kjik.v1i4.316

Keywords:

internet, marginal people

Abstract

ABSTRAK                                                               Penelitian ini dimkasudkan ntuk mengetahui tingkat pengetahuan , pemakaian dan sikap masyarakat marginal  terhadap galeri internet di Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informasi Makassar, serta upaya-upaya apa yang dilakukan Badan ini dalam mengatasi rintangan  digital masyarakat marginal di Makassar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif untuk mengji pengetahuan dan sikap para pemakai marginal di BBPPKI Makassar. Informan penelitian dan informan kuinci ditentukan dengan sengaja memilih yang mengetahui masalah. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancvara mendalam  dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan masyarakat Marginal terhadap media internet belum maksimum dan masih memerlkan bantuan dari petugas galeri BBPPKI. Dari aspek perubahan diperoleh data bahwa perubahan pengetahuan dan keteramnpilan terjadi sesudah pengunung mendatangi  gallery  dan memperoleh biombiongan secara bebas, sementara perilaku dari pihak BBPPKI  untuk mengatasi rintangan digital ini dengan cara melakukan sosialisasi melalui media komunikasi elektronik, media massa, dan media interpersonal.ABSTRACTThis research aims to know the knowledge and attitudes marginal users gallery internet in Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika Makassar in Makassar city and effort BBPPKI  Makassar.in overcoming  the digital gap between city and marginalized  communities in the city Makassar.Method used in the research is a method of qualitative description,to examine knowledge and attitudes marginal users BBPPKI Makassar. Research informants and Key informants deliberately obtained. Than through the observation,data collection is also done through in-depth in terviews with key informants,and informants, and  the study of the document.Results of research show that knowledge  has not been marginalized people maximum and still need help from the employee of internet gallery.From knowledge  of aspects of the changes occurred mainly after the visitors gallery gallery utilize the increased knowledge,because guidance for free while aspects of behavior BBPPKI to overcome the digital gap in the  socialization is done through electronic media,mass media and interpersonal communication. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achmad, A.S, 1990. Manusia dan Informasi. Lembaga Penerbitan Universitas Hasanuddin (LEPHAS), Makassar.

Akbar, Syarifuddin, 2008. Pentingnya Infrastruktur Teknologi Informasi pada Pemerintahan Daerah dalam Penerapan e-Government. Termuat dalam Jurnal PEKOMMAS (Penelitian Komunikasi dan Media Massa), Volume 11 N0 1 Juni 2008.

Anas, Muhammad, dkk, 2008. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Pembelajaran di Provinsi Sulawesi Tenggara. Dalam Simposium Pendidikan, 2008.

Bulaeng, Andi, 2000. Metode Penelitian Kontemporer. Makasaar Hasanuddin University Press.

Cangara, Hafied. 2004. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta. Rajawali Pers.

Dwiyanto, Agus, 2002. Reformasi Birokrasi Publik. Pusat Studi Kependudukan dan Kebijakan Universitas Gajah Mada, Yogyakarta..

Edmon, Makarim, 2005. Pengantar Hukum Telematika. PT. RajaGarfindo Persada, Jakarta.

Ekawati, 2003. Internet dan Budaya Masyarakat Modern. Media Ekspres, Jakarta.

Hendrawan, 2006. Pengenalan Internet. Elef Media Computindo, Jakarta.

Jogiyanto, H.M, 1990. Pengenalan Komputer. Andi Offset, Jakarta.

Juditha, Christiany, 2007. Studi Pemanfataan IT pada Masyarakat Kota Gorontalo dan Jayapura. Termuat dalam Jurnal Penelitian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika Edisi No. 51/2007, Badan Litbang Sumber Daya Manusia Departemen Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Jakarta.

Kadir, Abdul dan Terra Ch. Triwahyuni, 2003. Pengenalan Teknologi Informasi. Penerbit Andi, Yogyakarta.

Kardiman, 2004. Pengaruh Teknologi dalam Kehidupan Manusia. Penerbit Gunung Agung, Jakarta.

McQuail, Denis, 1987. Teori Komunikasi Massa Edisi Kedua. Jakarta. Erlangga.

Miftah, Thoha, 1998. Deregulasi dan Debirokratisasi Dalam Upaya Peningkatan Mutu Pelayanan Masyarakat Dalam Pembangunan Administrasi Di Indonesia. PT Pustaka LP3ES, Jakarta

.Moleong, LJ, 2002. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Nazir, Moh., 2003. Metode Penelitian. Ghalia Indonesia, Jakarta

Pala, Rukman (2008). Pemanfaatan galeri Internet bagi Siswa pada Balai Pengkajian dan Pengembangan Informasi Wilayah VII Makassar. Hasil penelitian belum diterbitkan pada BBPPKI Makassar.

Priyadi, 2006. Teknologi Informasi dan Perkembangannya. Gramedia, Jakarta.

Rosita, 2001. Perkembangan Dunia Internet. Rosdakarya, Jakarta.

Downloads

Published

2016-06-20